Atur Biaya kuliah di Luar Negeri Anak dengan Tepat Sejak Dini

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Banyak orang tua yang mempercayakan anak untuk meneruskan kuliah keluar negeri dengan beberapa alasan, salah satunya bisa lebih berkembang dan bersaing secara global. Ada beberapa negara yang memang terkenal dengan sistem pendidikan tingkat kuliah terbaik mereka. Namun yang menjadi kendala bagi orang tua adalah biaya kuliah di luar negeri yang tidak murah. Hal ini terjadi karena perbedaan kurs mata uang antara Indonesia dan beberapa negara barat lainnya. Apalagi sekarang perbedaan itu semakin naik sehingga untuk Indonesia biaya tersebut sangat mahal.

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang biasa, makanya untuk itu banyak jenis tabungan yang ditawarkan untuk mempersiapkan diri khususnya dalam hal pendidikan. Memang sangat dianjurkan sekali mempersiapkan biaya kuliah anak sejak dari lahir, minimal orang tua mempunyai waktu sekitar 16-18 tahun untuk mempersiapkan itu semua. Jika itu dimulai sejak dini pasti biaya yang mahal tidak akan begitu memberatkan ketika anak sudah masuk usia kuliah. Halangan akan biaya pendidikan keluar negeri juga tidak akan dirasakan anak.

Langkah Apa Saja Perlu diperhatikan

Jika berbicara mengenai biaya yang akan diperlukan ketika menempuh kuliah keluar negeri itu banyak sekali. Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyekolahkan anak ke negara orang yaitu:

1. Cari informasi biaya kuliah yang diinginkan.

Biaya yang diperlukan untuk kuliah keluar negeri itu mempunyai standar yang berbeda-beda, ini tergantung dari negara yang akan dituju sendiri. Negara dengan nilai tukar tinggi pasti akan mempunyai harga yang lebih tinggi dari pada negara yang masih standar. Sedikit data dari sebuah berita untuk Amerika Serikat berkisar antara 455-500 juta, Australia 450 juta, Jerman, 78-100 juta, Spanyol 40-83 juta dan beberapa negara lainnya.

2. Pahami kewajiban menabung setiap bulan.

Setelah mengetahui berapa jumlah yang diperlukan untuk anak dapat bersekolah keluar negeri melalui tujuan masing-masing. Saatnya mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dalam nominal tersebut dengan jangka waktu yang telah diperkirakan. Perhatikan pula nilai inflasi setiap bulannya yang akan mempengaruhi perubahan nominal Anda. Dengan begitu And akan memperoleh perhitungan angka wajib tabung setiap bulannya.

3. Pemilihan jenis tabungan.

Untuk saat ini banyak sekali jenis tabungan yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan banyak dalam waktu yang cepat. Misalnya saja dengan cara berinvestasi dengan hasil yang sudah terjamin baik. Meskipun begitu tetap saja ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi investasi yang Anda lakukan, jadi perlu pertimbangan yang matang.

Tiga poin penting diatas jangan pernah Anda lupakan untuk mempersiapkan pendidikan anak yang terbaik. Bukan hanya biaya yang diperlukan untuk administrasi kuliah, tetapi ketika sudah memutuskan untuk sekolah keluar negeri secara otomatis Anda perlu memperhatikan pula biaya hidup yang ada selama berada di negara orang tersebut. Hal ini juga akan membutuhkan banyak biaya, belum lagi kebutuhan setiap hari dan beberapa hal lain.

Demikian beberapa hal yang memang sangat penting sekali diperhatikan sebagai orang tua untuk mempersiapkan pendidikan anak yang paling terbaik. Dari pemaparan ini tidak dimaksudkan kuliah di

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms