User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Memiliki kesempatan untuk kuliah ke luar negeri merupakan suatu hal yang sangat berharga. Tentunya sangat banyak hal-hal baru yang akan kamu temui dan harus di hadapi. Nah, bagaimana cara kita agar bisa beradaptasi dengan suasana yang baru?

 

Berikut beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan untuk dapat beradaptasi dengan suasana baru saat kuliah di luar negeri.

 

 

  1. Kamu harus bisa berbahasa lokal
    Tentunya hal ini menjadi sangat penting, karena komunikasi merupakan penghubung antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, kamu di WAJIB kan untuk bisa berbahasa lokal (ya...paling tidak bisa mengerti bahasa Inggris). Jika tidak dapat berkomunikasi dengan baik akan sulit untuk bisa bergaul dengan orang-orang lokal. Karena itu, penting untuk kamu yang ingin kuliah ke luar negeri untuk mempelajari bahasa lokal yang digunakan sehari-hari di negeri itu.

  2. Satukan rasa dengan makanannya
    Maksudnya adalah, kamu harus bisa beradaptasi dengan makanan di negara itu. Adaptasi dengan makanan itu bisa berbeda-beda setiap orang karena menyangkut selera. Hal yang penting diperhatikan adalah ketika di Indonesia setiap makanan selalu ada label halal, namun tidak semua negara terdapat label seperti itu. Kita harus rajin bertanya dan mencari tahu sebelum membeli makanan apakah di makanan tersebut ada bahan-bahan yang tidak boleh kita makan. Di negara-negara maju juga banyak sekali makanan-makanan instan dan cemilan, kalau kita tidak dapat mengontrol diri, kita akan pulang ke Indonesia membawa berat badan yang bertambah banyak.

  3. Beradaptasi dengan iklim
    Jika tinggal di negara tropis tidak akan menjadi masalah, namun jika tinggal di negara yang mempunyai iklim berbeda maka itu akan jadi tantangan tersendiri. Kita harus mempersiapkan perlengkapan yang sesuai dengan iklim dan cuaca negara tersebut. Tahun pertama akan terasa sulit untuk menjalani musim demi musim, namun tahun-tahun selanjutnya kita akan mulai terbiasa dengan iklim. Sebelum berpergian, selalu cek prediksi cuaca untuk dapat mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

  4. Lihat sekitar kamu
    Jika kamu ingin kuliah dan tinggal di luar negeri, maka kamu harus mengikuti kebiasaan orang sekitar, misal seperti budaya dan aturannya yang ada di negara tersebut. Cukup mudah bagi kamu untuk mengenal kebiasaan orang lokal, yaitu dengan melihat bagaimana orang-orang tersebut melakukan sesuatu. Contoh, melihat bagaimana mereka menyebrang jalan, bagaimana mereka menggunakan sarana umum, dll.

  5. Relationship with friend
    Bergaul dengan orang-orang lokal akan sangat banyak membantu kamu dalam menjalai kehidupan saat kuliah dan tinggal di luar negeri. Sebagai contoh, ketika kamu ingin melakukan survei untuk penelitian, maka teman-teman lokal akan dapat membantu dengan mencari lokasi atau bahkan berkomunikasi dengan penduduk lokal. 

  6. Taat kepada hukum yang berlaku
    Jangan melanggar hukum dan tata tertib, apalagi dengan sengaja. Selain akan berakibat buruk pada kamu, hal itu juga akan memberikan citra negatif pada negara asal kamu.

  7. Gunakan fasilitas tersedia secara efektif
    Negara-negara maju seringkali memberikan fasilitas-fasilitas yang banyak, seperti koneksi internet, perpustakaan, asuransi kesehatan, dan sebagainya. Sebagai warga/mahasiswa asing yang tinggal secara resmi di negara tersebut, kamu juga berhak menikmati fasilitas tersebut. Manfaatkan dengan baik untuk menunjang perkuliahan kamu. Smartphone akan banyak berguna, karena di beberapa negara sudah menunjang fasilitas digital dan cloud service yang bisa dimanfaatkan.

  8. Pintar mengurus keuangan
    Bagi yang memperoleh bantuan keuangan atau beasiswa dalam kurs negara tersebut akan lebih mudah. Namun jika memperoleh beasiswa dari Indonesia dalam rupiah atau biaya sendiri, maka kamu harus rajin untuk cek nilai tukar mata uang setiap hari. Kamu harus tahu kapan saat yang tepat untuk menarik uang atau menahannya dalam bank karena nilai tukar bisa berbeda-beda setiap saat.
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms