User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Universitas di seluruh Australia sering mengadakan “open house” bagi calon mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh pilihan studi serta pengalaman dalam kampus. Tapi dengan begitu banyaknya pilihan, memilih jurusan dan kampus yang tepat bisa menjadi proses yang menakutkan. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebagai calon mahasiswa sebelum membuat keputusan untuk memilih tempat kuliah di Australia.

 

Berikut adalah 5 pertimbangan tentang kapan, jurusan apa dan tempat mana yang harus dipilih untuk kuliah di Australia:

 

  1. Lakukan yang Anda suka
    Pilihan paling penting adalah jurusannya. Jika anda memilih universitas tanpa berpikir banyak tentang jurusannya, dan kemudian anda sadar anda memilih jurusan yang tak diminati, maka menjalaninya-pun akan berat.

  2. Pilih jurusan yang lebih luas
    Perlu Anda ingat, bahwa universitas  bukanlah pusat pelatihan kerja. Meskipun bisa dipahami ada keterkaitan erat antara gelar dan pekerjaan di masa depan, menjadi lulusan yang komplit bahkan lebih penting di tengah dunia yang berubah cepat ini. Banyak pekerjaan yang tersedia saat anda lulus bahkan belum ditemukan sekarang. Kaum muda sekarang ini bisa saja berganti-ganti pekerjaan hingga 5-7 kali selama hidup mereka dan ini artinya, gelar yang kurang luas atau fokus secara mendetil tak akan menghasilkan masa depan terbaik.
  3. Pengalaman kuliah seperti apa yang diinginkan?
    Lingkungan dan budaya sosial dari sebuah universitas adalah faktor penting dalam menentukan kepuasan dan kebahagiaan mahasiswa. Saat universitas tersebut mengadakan kegiatan “open house” usahakan dan sempatkan diri Anda untuk datang, karena ini merupakan kesempatan yang bagus untuk melihat-lihat kampus secara keseluruhan dan bertanya tentang aktifitas ekstra kurikuler yang ditawarkan.

  4. Jangan buat keputusan hanya berdasarkan hasil ujian SMA
    Perlu diperhatikan bahwa calon mahasiswa agar tidak membuat kesalahan dalam mencocokkan sebuah jurusan dengan Ranking Penerimaan Perguruan Tinggi (ATAR). Skor penerimaan adalah indikator pelamar dari sebuah jurusan dan bukan 'kualitas inheren' dari jurusan itu. Syarat masuknya adalah perbandingan antara jumlah kursi yang tersedia dengan jumlah calon mahasiswa yang ingin (atau berharap ingin) menjalani kuliah di jurusan itu. Hal tersebut tak berarti bahwa gelar yang memiliki nilai penerimaan lebih rendah menjadi kurang prestisius atau kurang tepat. Contohnya, meski gelar seni dan keilmuan seringkali skor penerimaannya lebih rendah, di banyak kasus, fakultas seni dan keilmuan berperingkat sama tingginya dengan universitas kelas dunia, dan bahkan terkadang bisa lebih tinggi.

  5. Peringkat universitas bukanlah segalanya
    Sejumlah universitas di Australia secara konsisten menempati peringkat atas di semua sistem peringkat global, kriteria dan bidang jurusan. Menurut Peringkat Dunia Universitas Australia yang diterbitkan QS (2014-2015), 8 universitas Australia masuk di 100 besar universitas top dunia. Peringkat universitas yang diterbitkan QS adalah salah satu dari 3 sistem peringkat global, sementara sistem lainnya adalah Suplemen Pendidikan Tinggi Times (THE) dan Peringkat Akademik Universitas Dunia yang diterbitkan konsultan di Shanghai (ARWU). Sebagian besar skema peringkat internasional didasarkan pada hasil penelitian universitas, bukan pengajaran mereka. Pengajaran yang bagus sulit untuk diukur atau diperingkat. Maksudnya, peringkat tersebut bukan indikator yang bagus yang diharapkan mahasiswa potensial. 

    Bagi mahasiswa yang mencari keuntungan finansial tinggi di tingkat pendidikan tinggi, kita seharusnya mencatat bahwa jurusan yang dipelajari biasanya lebih penting ketimbang universitas yang dipilih. Mengingat konsekuensi karir jangka panjang yang bisa ditimbulkan pilihan jurusan, apa yang mau dipelajari adalah pertanyaan utamanya, dan kemana anda harus studi adalah pertanyaan kedua yang seharusnya dijawab calon mahasiwa.

sumber: radioaustralia.net.au

 

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi kuliah di Australia, silahkan menghubungi kantor konsultan pendidikan luar negeri kami yang telah memiliki kerjasama resmi langsung dengan universitas di Australia.

 

ICAN Education Consultant (Gading Serpong)

Jl. Kelapa Puan Raya, Komplek Ruko Voronez CA 24. No 7. Gading Serpong-Tangerang (dekat SMAK Penabur Gading Serpong).

  • 021-54210200
  • 021-54212189
  • 021-54220200

ICAN Education Consultant (Pluit Village, Jakarta)

Pluit Village Mall, lantai 2 No. 51 (seberang Gramedia). Pluit, Jakarta Utara

  • 021-66670204
  • 021-66670206

Follow juga account Media Sosial ICAN Education Consultant untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai kuliah ke luar negeri lainnya :

 

  • Official Line : @icaneducation (pakai @ ya)
  • Twitter : @icaneducation
  • Instagram : ican_education
  • Facebook Page : ICAN Education Consultant
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms