Inilah Cara Kuliah di Singapura Gratis yang Mudah

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jika berbicara mengenai negara dengan sistem pendidikan yang terbaik di dunia pasti tidak terlepas dari negara Singapura. Ya, ini merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia Tenggara yang mempunyai beberapa tempat kuliah terbaik. Tidak heran jika banyak orang mencari cara kuliah di Singapura baik secara gratis ataupun berbayar. Mengingat biaya kuliah yang diperlukan di negara tersebut tidaklah murah, jadi harus mempersiapkan dengan segala cara. Meskipun mahal, banyak orang Indonesia yang menjadikan Singapura sebagai tempat meneruskan kuliah tanpa terhalangi oleh biaya.

Pahami 5 Poin Ini Untuk Sekolah / Kuliah di Singapura

Sebenarnya banyak sekali universitas terbaik dunia yang menawarkan sistem sekolah gratis untuk mereka yang mempunyai prestasi baik. Ya, kesempatan tersebut tentu saja sangat langka apalagi peminat bea siswa seperti itu tidaklah sedikit. Jadi intinya, semua sekolah bisa Anda rasakan secara mudah dan gratis melalui tes yang cukup ketat. Namun sebelum memutuskan untuk sekolah di Singapura, Anda harus paham terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

1. Universitas yang diinginkan

Sama seperti halnya di Indonesia, Singapura juga memiliki beberapa universitas negeri maupun swasta yang mempunyai kualitas berbeda. Nah, inilah hal pertama yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah di negara tersebut. Jangan pernah mendadak untuk mencari informasi, 2 tahun sebelum Anda lulus sekolah menengah atas beberapa informasi sudah harus terkumpul untuk melakukan perbandingan.

2. Informasi beasiswa

Selanjutnya seperti yang telah dikatakan diatas jika kuliah di negara maju dengan gratis itu bisa dijalankan tetapi memang cukup langka. Makanya bagi Anda yang berkeinginan untuk sekolah di Singapura gratis lebih baik kumpulkan informasi beasiswa apa saja yang bisa didapatkan. Umumnya ada beberapa jenis beasiswa yang bisa Anda dapatkan, baik secara dinas maupun tanpa ikatan dinas.

3. Persiapan ujian TOEFL atau IELTS

Persyaratan mutlak untuk bisa mendapatkan beasiswa ataupun masuk dalam perguruan tinggi luar negeri adalah kemampuan TOEFL Anda. Ini merupakan tes yang wajib diikuti, bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk itu persiapkan sejak dini untuk bisa mengikuti tes dengan baik, jangan salah biaya untuk mengikuti ini tidaklah mudah.

4. Kebutuhan tes SAT

Beberapa universitas yang ada di Singapura mengharuskan calon mahasiswa mereka mengikuti tes SAT. Bisa dikatakan ini seperti ujian nasional yang ada di Indonesia, ini akan menentukan apakah Anda layak untuk diterima dalam perguruan tinggi tersebut atau tidak. Sama seperti TOEFL dan IELTS, SAT juga bisa Anda dapatkan dengan mengikuti tes pelatihan atau kursus sebelum periode ujian diadakan.

5. Persiapan VISA

Jangan salah, VISA bukan hanya untuk mereka yang akan melakukan perjalanan jauh berwisata ataupun lainnya. Tetapi bagi para pelajar ada VISA sendiri yang perlu untuk dimiliki, Anda harus paham terlebih dahulu seperti apa cara untuk mendapatkannya. Umumnya dalam pembuatan dokumen ini Anda juga memerlukan biaya khusus. Nah, perhatikan dengan baik dan persiapkan sebelum Anda lulus dari sekolah menengah atas.

Nah, beberapa hal diatas perlu Anda pahami dan cari informasinya sebanyak mungkin sebelum terlambat. Seperti yang telah dikatakan diatas, ada cara kuliah di Singapura tanpa perlu mengeluarkan biaya tetapi Anda harus berhasil mengikuti beberapa tes penting kelayakan mahasiswa. Jika memang berminat bisa persiapkan diri dan cari informasinya. Bila tidak, tentu untuk kuliah di Singapura Anda perlu mengumpulkan biaya yang tidak sedikit baik kuliah ataupun biaya hidupnya.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms