Memilih dan menentukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakat

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bagaimana, apakah kamu sudah memutuskan akan mendaftar ke jurusan atau program studi apa?

Tips Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat

Pilihlah jurusan yang benar-benar kamu inginkan dan sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki, sebab bakat akan membentuk minat seseorang sehingga dapat mengetahui kemampuan seseorang. Masuk dalam jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, serta kemampuan akan membuat mahasiswa nyaman untuk berkuliah. Dengan mengetahui bakat, minat serta kemampuan, calon mahasiswa dapat memilih cadangan jurusan lainnya.

Tidak memilih jurusan yang populer, ataupun mahal, tetapi jurusan yang bisa mewujudkan impian atau cita-cita seseorang di masa depan. Orang sukses merupakan orang yang tahu impiannya dan juga tahu bagaimana mewujudkannya. Begitu juga siswa yang akan memilih jurusan di perguruan tinggi harus mengerti apa yang menjadi keinginannya di masa depan dan tahu jurusan/ program studi yang benar.

Untuk masalah jurusan kuliah, jangan pernah mengikuti orang lain. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah hanya karena teman-teman mereka banyak mengabil jurusan tertentu. Banyak mahasiswa yang berprestasi tinggi tetapi gagal menyelesaikan studinya. Hal ini disebabkan dari awal mereka hanya menuruti keinginan orang tua/ teman. Sikap yang ikut-ikutan ini tidak akan bertahan lama. Bila kamu putus atau terpisah dengan teman kamu padahal kamu ikut-ikutan ambil jurusan tertentu, tentu kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya. Tujuan kuliah sebenarnya adalah untuk menggapai masa depan gemilang yang sesuai dengan impian dan cita-cita kamu.

 

Baca: 10 Cara Wujudkan Impian Kuliah ke Luar Negeri

 

Jurusan kuliah yang kamu pilih harus sesuai dengan impian atau cita-cita. Bila kamu ingin jadi dokter, jangan pilih jurusan pertanian karena Itu tidak sesuai dengan cita-cita kamu. Studi di perguruan tinggi tidak hanya butuh kecerdasan akademik dan kepintaran saja tapi butuh ketekunan dan keuletan seseorang. Dengan memilih jurusan sesuai dengan tuntutan hati sendiri tentu diharapkan mahasiswa mampu bertahan menghadapi banyak masalah baik yang terkait dengan masalah akademis maupun kehidupan pribadi ketika melakukan studi di perguruan tinggi.


Sharing is Caring!

|

Event Registration