Perhitungan Keperluan Hidup dan Biaya Sekolah di Singapura

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Di Asia negara Singapura menjadi salah satu negara dengan tingkat kawasan yang cukup maju, tidak mengherankan ketika Anda hidup di negara tersebut memerlukan biaya hidup yang tidak sedikit. Meskipun terbilang mahal, terbukti banyak anak sekolah yang ingin melanjutkan kuliah di negara singa itu. Ada beberapa tempat kuliah di Singapura yang memang menjadi favorit banyak orang di Indonesia, meskipun dengan biaya sekolah di Singapura yang tidak murah. Kualitas pendidikan yang baiklah menjadi daya pikat beberapa orang tua atau calon mahasiswa untuk meneruskan sekolah mereka.

Sudah ada beberapa anak pemimpin negara Indonesia yang memilih melanjutkan sekolah di negara Singapura, salah satunya anak presiden Joko Widodo. Sebagai anak dari orang nomor satu, Kaesang sendiri pernah berbagai informasi jika memang kuliah di sana tidaklah murah. Bukan hanya untuk biaya sekolah tetapi untuk biaya hidup atau gaya hidup orang Singapura yang berbeda dengan negara Indonesia. Makanya untuk menjadi mahasiswa di negara tetangga tersebut, Kaesang memberikan tips untuk lebih berhemat supaya bisa menjalani proses sekolah tanpa terhalang biaya.

Perhitungan sejak dini sebelum akhirnya memutuskan kuliah ke negara orang itu sangat penting sekali, apalagi bagi orang tua. Ya, dianjurkan sejak dini memutuskan untuk mempersiapkan pendidikan anak sampai dengan tiba waktunya. Nah, untuk kuliah di Singapura sendiri bisa dibagi beberapa biaya yang diperlukan seperti:

Biaya Yang Harus diperhatikan Kuliah di Singapura

1. Biaya kuliah

Dari negara Asia Tenggara lainnya memang Singapura mempunyai angka biaya kuliah yang relative lebih mahal. Tetapi jika dibandingkan dengan Eropa dan Amerika Serikat negara tersebut masih tergolong sangat murah. Untuk bisa menempuh gelar sarjana saja memerlukan kurang lebih 13.730 dolar singapura. Anda bisa memperhitungkan sendiri jika nilai kurs sekarang ini 13 ribuan. Tetapi hal itu tergantung pula dengan jenis jurusan yang Anda ambil, untuk Singapura yang paling mahal pendidikan medis.

2. Biaya makan.

Berbicara mengenai biaya makan itu umumnya satu hari memerlukan 3 kali makan, hal ini juga umum. Nah, untuk Singapura sendiri memang mempunyai harga yang relative lebih mahal untuk jenis makanan. Umumnya satu bulan Anda memerlukan biaya 225 dolar sampai dengan 400 dolar. Untuk makan dikantin sekolah biaya yang dibutuhkan lebih murah sekitar 3-5 dolar setiap harinya.

3. Biaya transportasi.

Sama seperti di Indonesia, ketika Anda harus ke kampus pasti perlu adanya transportasi yang digunakan. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi patokan karena masing-masing orang mempunyai frekuensi perjalanan yang berbeda setiap harinya. Disamping itu juga dipengaruhi oleh letak dari tempat kos yang dipilih.

4. Biaya lain.

Lalu mengenai biaya lain itu bisa bersifat gaya hidup, seperti membeli buku, pakaian, komunikasi ataupun yang lainnya. Jenis ini termasuk dalam biaya yang perlu Anda perhitungkan dari awal sebelum memutuskan untuk sekolah di Singapura. Biaya lain juga dipengaruhi oleh masing-masing orang yang pastinya berbeda antara satu dengan lain.

Sebagai seorang mahasiswa, biaya yang diperlukan selama kuliah itu bukan hanya diawal masuk saja. Ada beberapa hal lain yang perlu juga Anda pertimbangkan seperti biaya setiap semester, biaya ujian, sampai dengan biaya kegiatan lainnya selama proses belajar di Singapura. Nah, berbicara mengenai biaya sekolah di Singapura sangat kompleks sekali. Jika semuanya diperhitungkan memang jatuhnya lebih mahal, apalagi jika Anda bandingkan dengan Indonesia. Makanya kenapa harus memperhatikan sejak dini dengan usaha ataupun tabungan yang memberikan banyak keuntungan.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms