User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Cukup banyak sekali pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Untuk dapat mewujudkan impiannya tersebut, tentunya akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Berikut proses (step by step) untuk kuliah ke luar negeri:

 

 

  1. Konsultasikan rencana studi Anda ke luar negeri mulai dari pemilihan negara, universitas yang dituju, jurusan kuliah, dan sebagainya ke kantor konsultan pendidikan luar negeri yang telah terpercaya dan terdaftar di berbagai universitas di luar negeri.

 

“Hubungi kantor konsultan pendidikan kami yang telah terpercaya dalam membantu pelajar Indonesia untuk studi ke luar negeri: 021-54210200 atau 021-66670204”.

 

 

  1. Lakukan pendaftaran aplikasi ke universitas di luar negeri yang telah Anda dapatkan saat konsultasi bersama lembaga pendidikan luar negeri.

 

  1.  Setelah mengisi dan mendaftar aplikasi ke universitas yang Anda tuju, maka Anda akan mendapat Offer Letter (tergantung negara, misal Malaysia dan Singapura, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu baru mendapatkan Offer Letter) sebagai bukti bahwa Anda telah diterima di universitas tersebut dan tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran studi ke universitas langsung (bukan ke lembaga konsultan).

 

“Diskusikan pada keluarga tentang berapa lama mereka dapat membiayai kuliah kamu di luar negeri. Bicarakan juga kapasitas keuangan Anda. Pahami ketentuan pembayaran dari universitas. Membuat rencana keuangan penting agar Anda tetap fokus pada studi”.

 

 

  1. Perlu di perhatikan saat prose pengurusan visa, usahakan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam apply visa lengkap tanpa ada kekurangan. Karena jika kurang salah satu dokumen, Visa Anda bisa di tolak. Maka dari itu tanyakan ke lembaga konsultan pendidikan Anda se-detail mungkin mengenai pengurusan Visa ini.

 

“Perlu di INGAT, bahwa untuk studi ke luar negeri diperlukan:

1. Passport

2. Sertifikat skor IELTS atau TOEFL (skor tergantung dari negara dan universitas tujuan)

3. Sponsor Visa (Setiap negara memiliki syarat yang berbeda-beda untuk bukti rekening sponsor visa)”.

 

 

  1. Selain Anda sudah mengetahui tempat studi di luar negeri, Akomodasi (tempat tinggal), tiket pesawat serta pre-departure briefing (tergantung universitas dalam penyediaan) merupakan pembahasan WAJIB yang harus kalian dapatkan saat berkonsultasi dengan lembaga pendidikan.

 

“Sebelum keberangkatan biasanya Anda akan mendapat briefing terlebih dahulu oleh lembaga konsultan pendidikan yang sangat berguna seperti informasi Apa saja yg akan Anda bawa untuk studinya, Apa yg akan Anda lakukan setelah sampai di negara tujuan, dll.”

 

 

 

Note: Pertimbangkanlah biaya hidup, iklim hingga kultur atau budayanya. Kenali betul agar tidak canggung ketika sudah berada di negara tujuan . Semoga informasi ini bermanfaat.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms