User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

42722 1200x340

Australia sampai saat ini masih menjadi destinasi favorit bagi pelajar Internasional sebagai tempat kuliah. Terdapat sekitar 700 ribu lebih pelajar internasional yang kuliah di berbagai universitas di Australia. Australia merupakan negara yang penuh dengan keramahan serta padat aktivitas dan ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pelajar internasional yang kuliah di Australia guna mendapatkan pengalaman yang unik.

Sebenarnya tidak perlu ditanyakan lagi mengenai kualitas dan reputasi pendidikan yang terdapat pada universitas di Australia, sudah sangat terbukti banyak universitas di Australia yang masuk dalam ranking  universitas terbaik di dunia. Telah ada sekitar 7 universtas di Australia yang berada dalam ranking 200 besar untuk kategori universitas terbaik di dunia. Sebut saja University of Melbourne serta Australian National University yang berada di peringkat 37 dan 38.

Cukup banyak sekali universitas di Australia yang dapat menjadi destinasi Anda untuk melanjutkan pendidikan. Diantara begitu banyak pilihan universitas dan jurusan yang tersedia di Australia mungkin hal ini membuat Anda cukup bingung dalam menentukannya . Berikut ada Tips Memilih Universitas di Australia dengan tepat.

  1. Pengalaman seperti apa yang Anda inginkan?
    Akan sangat cukup banyak pengalaman kuliah Anda yang berlangsung diluar kampus. Untuk dari itu caritahulah seperti apa pengalaman para mahasiswa disana secara umum; apakah mereka memiliki suatu club atau komunitas tertentu? Apakah ada untuk student exchange, internship? Cari tahu juga apakah disana ada layanan untuk mahasiswa mencakup perpustakaan, fasilitas untuk olahraga, serta layanan kesehatan.
    Waktu yang paling tepat untuk mencari informasi ini adalah ketika adanya Open House, karena pada kegiatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk melihat-lihat kampusnya dan bebas untuk bertanya tentang aktifitas EkSkul yang ditawarkan.

 

  1. Lakukanlah apa yang Anda sukai
    Terpenting ialah jurusan apa yang akan Anda ambil. Jika Anda memilih universitas di Australia tanpa berfikir lebih dalam, lalu di kemudian hari Anda baru tersadar bahwa jurusan yang dipilih tidak diminati, otomatis Anda akan menjalani kedepannya pun akan terasa berat.

 

  1. Jangan membuat suatu keputusan hanya dengan berdasarkan hasil ujian sekolah (SMA)
    Bagi para calon mahasiswa yang berencana kuliah di Australia agar tidak membuat kesalahan dalam mencocokan sebuah jurusan dengan Ranking Penerimaan Perguruan Tinggi (ATAR).
    Perlu di ingat bahwa skor penerimaan adalah indikator pelamar dari sebuah jurusan dan bukanlah suatu kualitas inhern dari jurusan tersebut. Syarat masuknya adalah perbandingan antara jumlah kursi yang tersedia dengan jumlah calon para mahasiswa yang akan menjalani kuliah di jurusan tersebut. Hal tersebut tidak berarti bahwa gelar yang memiliki nilai penerimaan lebih rendah menjadi kurang prestisius atau kurang tepat.

 

  1. Peringkat universitas antara penting dan tidak
    Memang sejumlah universitas di Australia menempati peringkat atas di semua sistem peringkat global, kriteria dan bidang jurusan. Menurut data yang tercatat dalam QS World University Ranking, ada 8 universitas di Australia masuk dalam 100 besar universitas top dunia.
    Sebagian besar skema dalam menentukan ranking universitas internasional berdasarkan hasil penelitian, bukan dari sistem pengajarannya. Sistem pengajaran yang bagus cukup sulit untuk diukur atau masuk dalam peringkat, jadi peringkat universitas tersebut bukan indikator yang cukup bagus diharapkan bagi mahasiswa potensial.Intinya apakah Anda mencari pendidikan yang bisa disesuaikan dengan aktifitas lainnya dan dilakukan secara online? Ataukah sebuah reputasi dan status penelitian begitu penting bagi Anda? Atau juga Anda ingin terlibat dalam suatu klub olahraga, teater dan majalah sekolah? Atau mungkin juga Anda ingin terlibat untuk memperkuat pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki.
    Bagi para mahasiswa yang mencari keuntungan finansial tinggi di tingkat universitas, Anda perlu mencatat dalam diri bahwa jurusan yang dipelajari biasanya lebih penting ketimbang universitas yang dipilih. Dengan mengingat konsekuensi karir jangka panjang yang bisa ditimbulkan dari pemilihan jurusan kuliah, apa yang mau dipelajari adalah pertanyaan utamanya dan kemana Anda harus mengambil kuliahnya adalah pertanyaan kedua yang harus kalian jawab dalam diri masing-masing.

 

Nah, itu tadi beberapa Tips Memilih Universitas di Australia yang dapat menjadi pegangan bagi Anda yang memiliki rencana kuliah di Australia.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms