User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Dapat berbicara dalam bahasa Inggris adalah hal yang sangat diinginkan oleh kebanyakan orang pada saat ini. Namun, biasanya kita hanya tahu sedikit kata dalam bahasa Inggris serta tidak mengerti pula bagaimana cara pengucapannya.

 

Lalu, bagaimana agar kita dapat lancar bahasa Inggris?. Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu kita agar dapat berbicara menggunakan bahasa Inggris.

 

 

  1. Jangan terlalu banyak mempelajari grammar

    Mungkin ini terdengar aneh untuk kebanyakan orang, tapi ini merupakan salah satu hal yang penting. Memang, jika kita ingin lulus ujian bahasa Inggris, kita harus mempelajari  grammar. Namun, jika kita ingin fasih dalam bahasa Inggris, maka kita harus mencoba belajar bahasa Inggris tanpa mempelajari grammar-nya.

    Mempelajari grammar hanya akan memperlambat kita dan membuat kita menjadi bingung. Kita akan berpikir tentang aturan bagaimana untuk menulis suatu kalimat bukan bagaimana mengucapkan kalimat tersebut secara natural seperti native speaker. Ingatlah, kebanyakan native speaker hanya memahami sedikit tentang grammar. Namun mereka fasih dalam Bahasa Inggris, membaca, berbicara, mendengarkan dan berkomunikasi secara efektif.

    Apakah Anda ingin memahami definisi verbal, atau anda ingin dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar?

  2. Belajar Frasa
    Banyak siswa belajar vocabulary dan coba memakai banyak kata untuk membuat kalimat yang terasa benar. Itu merupakan hal yang mengagumkan bila mereka mengetahui banyak kata dalam bahasa Inggris, namun mempengaruhi keterampilan berbicara. Alasannya adalah karena mereka tidak belajar tentang frasa. Kita perlu mempelajari vocabulary dan frasa.

    Jika kita tahu seribu kata, belum tentu kita bisa mengatakan satu kalimat yang benar. Namun, jika kita mengetahui satu frasa, kita bisa membuat ratusan kalimat dengan benar. Semakin banyak frasa yang kita tahu, kita pun akan semakin mudah untuk berbicara dalam bahasa Inggris seperti native speaker.

  3. Praktekkan Kata/ Kalimat yang Anda Dengar!

    Membaca dan mendengarkan saja tidak cukup dalam belajar bahasa Inggris tanpa praktek berbicara, karena membaca, mendengarkan dan berbicara adalah aspek yang sangat penting dari setiap bahasa, begitu pun dengan bahasa Inggris. Namun, speaking adalah satu-satunya syarat untuk menjadi fasih bahasa Inggris. Adalah hal normal bagi anak-anak untuk belajar berbicara dahulu sehingga menjadi lancar, mulai membaca, lalu mulai menulis. Dapat dikatakan urutan alaminya adalah mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

    Jangan berhenti untuk mendengarkan, namun jangan hanya mendengarkan. Ucapkan dengan keras materi yang sedang kita dengarkan, dan selalu ucapkan apa yang kamu dengar. Dengan begitu kita akan dapat berbahasa Inggris dengan lancar.

  4. Tenggelamkan Dirimu

    Mampu berbicara dalam suatu bahasa tidak berkaitan dengan seberapa pintar diri kita. Setiap orang dapat belajar bagaimana berbicara dalam suatu bahasa. Ini dibuktikan oleh setiap orang di dunia. Setiap orang mampu berbicara minimal satu bahasa, tidak berkaitan dengan apakah kita orang yang pintar atau tidak, kita mampu untuk berbicara dalam suatu bahasa.

    Hal ini dicapai dengan berada di sekitar bahasa tersebut setiap saat. Di negara kita, kita mendengar, dan berbicara bahasa kita secara terus-menerus. Banyak orang yang dapat berbicara dalam bahasa Inggris bukan berarti mereka belajar di sekolah berbahasa Inggris, namun karena mereka memiliki lingkungan di mana mereka dikelilingi orang-orang yang berbahasa Inggris terus-menerus.

    Kita tidak perlu pergi kemana-mana untuk dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Kita hanya perlu mengelilingi diri kita dengan bahasa Inggris. Kita dapat melakukan ini dengan membuat peraturan kepada teman-teman kita bahwa kita hanya ingin berbicara dengan bahasa Inggris. Seperti yang kita lihat, kita dapat mencapai hasil dengan merubah bagaimana lingkungan kita. Tenggelamkan diri kita dalam bahasa Inggris, dan kita akan belajar beberapa kali lebih cepat.

  5. Mempelajari Materi yang Tepat

    Jika kita mempraktekkan kalimat yang salah,  maka kalimat yang salah itu bisa berbekas di dalam ingatan kita selamanya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari materi yang umum digunakan orang. Namun usahakan untuk tidak belajar bahasa Inggris dengan menonton berita. Bahasa yang digunakan dalam berita adalah bahasa yang formal dan kebanyakan isinya bersifat politik dan tidak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Penting untuk mengerti apa yang mereka katakan, namun ini merupakan pelajaran lanjutan yang harus dipelajari setelah belajar dasar-dasar fundamental bahasa Inggris.

 

Kesimpulannya, belajarlah dari materi yang dapat dipercaya, yang biasa digunakan, dan yang materi yang benar.

 

 

 

sumber: inggrisku.net

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms