User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Dalam hitungan beberapa hari lagi, para anak kelas 3 SMA sederajat akan melaksanakan yang namanya Ujian Nasional (UN). Pasti kalian sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN dari beberapa bulan-bulan sebelumnya. Banyak hal-hal yang dilakukan seperti mengikuti les sana-sini, strategi ini dapat dilakukan untuk membantu kalian dalam menyimpan informasi. Perlu kalian ketahui bahwa mencatat dengan tulisan tangan dapat membantu kalian dalam menyimpan informasi lebih. Adapula kebanyakan orang belajar hanya saat menghadapi ujian. Nah, inilah yang terkadang membuat orang menjadi stres karena melakukan pembelajaran secara mendadak dan menerima informasi yang banyak dalam waktu singkat. Berikut ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi kecemasan saat menghadapi Ujian Nasional (UN) serta guna memaksimalkan cara belajar kalian agar lebih efektif.

 

  • Catat tulisan dengan tulisan tangan
    Beberapa studi yang dilakukan menemukan bahwa memegang pena dan menuliskan catatan dengan tulisan tangan dapat mengirimkan umpan balik sinyal ke otak, karena jika dengan mengetik di komputer dan di print tidak memiliki aspek berfikir yang mencakup kemampuan intelektual dalam memecahkan masalah.

 

  • Cari posisi lokasi belajar dari yang biasanya
    Cara ini bisa mengatasi stress dalam menhadapi ujian saat belajar. Pindah lokasi belajar dari yang sebelumnya dapat membantu menyegarkan kalian untuk belajar ketika pikiran mulai buntu dan stuntuk. Misal yang biasanya kalian belajar di kamar cobalah berpindah ke ruang tamu atau tempat lainnya atau bisa juga kalian pergi ke perpustakaan karena disana kalian bisa lebih konsentrasi dan merasakan belajar dengan ketenangan dan ini sangat membantu untuk meningkatkan memori dalam menerima materi-materi yang diberikan

 

  • Lakukan meditasi
    Telah terbukti dengan bermeditasi dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, ada studi yang menyebutkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kemampuan pelajar dalam ujian. Nah, dalam beberpa hari ini sebelum ujian nasional (UN) datang, cobalah kalian duduk tenang dna fokus pada latihan pernapasan paling tidak tahan napas dalam kurun waktu 5 menit setiap 2 kali sehari pagi dan malam.

 

  • Perbanyak minum air putih
    Nah, pada saat kalian belajar jangan pernah lupa untuk minum air putih, karena air putih dapat membantu tingkat konsentrasi kalian. Coba bayangkan jika kalian sedang belajar dan kalian tidak atau jarang minum air putih, maka tubuh akan dehidrasi dan itu dapat meusak fungsi kognitif dan kinerja mental. Usahakan selalu menyimpan botol air di sebelah kalian di setiap saat ketika belajar.

 

  • Usahakan buat belajar secara kelompok
    Keunggulan belajar secara kelompok akan membuat bikin kalan mendengerkan banyak sekali masukan-masukan dari sudut pandang yang berbeda-beda. Hal ini dapat membuat pemahaman yang lebih, kaya mengenai topik yang lagi kalian pelajarin. Selain menambah pengetahuan dan membuka luas sudut pandang, belajar kelompok juga membuat kalian semakin pandai dalam hal kemampuan untuk berdiskusi, berdebat, dan juga bisa meningkatin kemampuan organisasi kalian.

 

  • Mendengarkan musik-musik klasik atau intrumental
    Dengan kalian mendengarkan musik-musik klasik atau instrumental, maka itu bisa membantu pikiran kalian tetap fokus. Musik dapat menjadi pembangkit motivasi ke dalam belajar, karena musik dapat membuat bergairah dalam belajar dan melepas ketegangan dalam menyelesaikan kegiatan. Penelitian-penelitian membuktikan bahwa musik memberikan banyak manfaat kepada manusia merangsang pikiran, memperbaiki konsenstrasi dan ingatan, membangun kecerdasan emosional. Musik juga dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri, yang berarti menyeimbangkan perkembangan aspek intelektual dan emosional.

 

Itu tadi adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan guna menghadapi ujian nasional (UN) nanti supaya terhidar dari stres. Semoga sukses dan semoga kalian lulus 100% semua. Aamiin.. Dan INGAT! Percayalah akan jawaban diri sendiri, JANGAN pernah coba untuk menyontek, karena sampai kapanpun kalian akan terus mencontek jika sudah merasa nyaman dengan hasil menyontek tersebut.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms