Universitas

Beranda » Blog » 5 Universitas Amerika yang Terkenal

5 Universitas Amerika yang Terkenal

Amerika terkenal sebagai salah satu pusat pendidikan dengan beberapa Universitas inovatif. Banyak perguruan tinggi di Amerika yang menjadi favorit mahasiswa internasional. Dari banyaknya perguruan tinggi tersebut, setidaknya ada 5 lembaga pendidikan tinggi yang masuk dalam universitas terbaik dunia.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika, persiapkan semua persyaratan dari sekarang. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah memilih perguruan tinggi tujuan. Kamu bisa mendapatkan bantuan dari Ican Education sebagai agen pendidikan luar negeri dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Kuliah Online di Amerika? Ini Kampus Terbaiknya!

Universitas di Amerika yang Terkenal

Memutuskan untuk kuliah di Amerika memang tidak mudah. Selain berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi, kamu harus bisa menentukan pilihan kampus terbaik. Nah, berikut ini pilihan universitas di Amerika yang cukup populer:

1. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang fokus terhadap riset dan berdiri di tahun  1861. Kampus ini ada di Cambridge, Amerika Serikat. Menyediakan 30 departemen yang terbagi dalam 5 Sekolah Tinggi dan satu kampus. 

Departemen di Massachusetts Institute of Technology, seperti MIT Schwarzman College of Computing, MIT Sloan School of Management, Schoof of Science, Arts and Social Science, School of Humanities, School of Engineering, dan School of Architecture and Planning, 

Untuk bisa masuk di Massachusetts Institute of Technology memang tidak mudah sebab penerimaan mahasiswa baru bersifat selektif dan persentase sekitar 8% saja dari total yang mendaftar. Dari seluruh mahasiswa yang ada di kampus tersebut, ada sekitar 30%  pelajar internasional.

2. Stanford University 

Siapa yang tidak kenal dengan Stanford University? Kampus tersebut merupakan salah satu Universitas riset terbaik di dunia. Terletak di bagian California,Amerika Serikat kampus ini berdiri sejak tahun 1885. Kampus ini menyediakan 7 sekolah tinggi berkualitas, seperti Humanities and Sciences, Business; Earth, Energy & Environmental Science, Law and Medicine, Engineering, Education.

Jumlah pelajar di Stanford University saat ini sekitar 16.424  mahasiswa. Kampus ini merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika dan sekitar 22% dari jumlah mahasiswa datang dari internasional. Alumni Stanford University juga memiliki peranan penting dalam berbagai macam bidang seperti bisnis, teknologi, pemerintahan, dan lain sebagainya.

3. Harvard University 

Selain Stanford University, ada juga Harvard University yang termasuk salah satu universitas Amerika yang terkenal. Menjadi kampus tertua di Amerika Serikat, Harvard University terkenal dengan sejarah dan reputasi akademik. Harvard University memiliki pengaruh yang cukup besar bagi Amerika dan dunia. Kampus yang terletak di Cambridge, Amerika ini sudah ada sejak tahun 1636 loh.

Ada sekitar 20000 mahasiswa yang kuliah di Harvard University. Seperempat dari mahasiswa tersebut merupakan pelajar internasional. Kamus ini berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan, termasuk penghargaan Nobel. Sudah banyak lulusan dari Harvard University yang memiliki nama besar sesuai dengan bidangnya. 

4. California Institute of Technology

California Institute of Technology merupakan kampus yang berdiri di tahun 1891. Pada saat itu kampus tersebut masih memiliki nama Throop University of Pasadena. Kampus ini merupakan salah satu institusi yang fokus dalam bidang teknik dan teknologi. Terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang inovatif ada berbagai macam jurusan yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa bergabung dengan Biology & Biological Engineering, Mathematics & Astronomy, Chemistry & Chemical Engineering, Physics, Engineering & Applied Science, Humanities and Social Science, dan Geological & Planetary Science.

5. University of Chicago

Terakhir ada University of Chicago yang termasuk salah satu perguruan tinggi terkenal di Amerika. Kampus ini terletak di Chicago dan sudah berdiri sejak tahun 1890. Ada banyak program untuk tingkat sarjana maupun pasca sarjana yang bisa kamu pilih.

Kamus ini terkenal dengan professional school pada bidang kedokteran, hukum, bisnis, administrasi layanan sosial, dan lain sebagainya. Lulusan dari Chicago University sudah tersebar di berbagai macam bidang dan memiliki kontribusi untuk kemajuan dunia loh.

Baca Juga: Syarat University of Buckingham untuk International Students

Apa Saja Syarat Kuliah di Amerika?

Memutuskan untuk kuliah di salah satu universitas di Amerika Serikat tentu tidak mudah. Kamu harus memenuhi berbagai macam  persyaratan. Tidak hanya itu,  persaingan untuk bisa lolos di salah satu kampus tersebut sangat ketat. Saingan kamu bukan hanya datang dari Indonesia dan Amerika, tetapi dari seluruh belahan dunia.

Nah, apa saja syarat untuk kuliah di Amerika?

  • Transkrip dan ijazah dengan bahasa Inggris dari SMA atau universitas (untuk program pascasarjana).
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Hal tersebut perlu dibuktikan dengan adanya sertifikat TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lainnya sesuai dengan syarat masing-masing kampus.
  • Memiliki visa pelajar F-1 sesuai yang berlaku atas masa studinya.

Semua syarat tersebut harus kamu penuhi, untuk bisa mendaftar di kampus terbaik Amerika. Namun akan ada beberapa persyaratan lainnya yang bisa disesuaikan dari tempat kamu mendaftar. Melakukan konsultasi kuliah luar negeri bisa menjadi cara terbaik agar kamu bisa mendaftar di universitas tujuan dengan lebih lancar dan mudah.

Itulah 3 Universitas Amerika yang terkenal dan bisa dipilih untuk jadi tujuan melanjutkan pendidikan tinggi. Mendaftar dan diterima di salah satu perguruan tinggi di Amerika memang tidak mudah. Namun kamu bisa mengupayakan semua persyaratan dan mempersiapkan dengan baik.

Baca Juga:

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Mendengar tentang jurusan fisioterapi? Jurusan fisioterapi di Malaysia belakangan menjadi incaran para pelajar internasional. Kualitas pendidikan di Malaysia terus diperbaiki sehingga saat ini banyak pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di...

3 Universitas Seni di Inggris

3 Universitas Seni di Inggris

Jurusan seni saat ini memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Pasalnya, keberadaan ilmu seni memang lebih dibutuhkan untuk saat ini. Mengingat salah satu industri yang perkembangannya pesat adalah industri seni. Itulah mengapa saat ini telah...

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

Banyak orang yang memiliki impian dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu jurusan yang paling diminati banyak orang untuk melanjutkan pendidikannya yakni, jurusan hukum. Unutk kamu yang ingin kuliah hukum, kamu bisa memilih universitas di  Singapura jurusan...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Mendengar tentang jurusan fisioterapi? Jurusan fisioterapi di Malaysia belakangan menjadi incaran...

3 Universitas Seni di Inggris

Jurusan seni saat ini memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Pasalnya,...

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

Banyak orang yang memiliki impian dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu jurusan yang paling...

3 Universitas Favorit di Amerika

Sudah menjadi rahasia umum apabila Amerika merupakan negara paling banyak dipilih sebagai tujuan...

Kenalan dengan Universitas Desain di Swiss

Universitas desain di Swiss menjadi pilihan bagi pelajar internasional untuk mendapatkan...