ICAN English

Beranda » Blog » Teknik Rahasia Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Teknik Rahasia Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Belajar Bahasa Inggris pemula dari dasar adalah hal penting ketika kamu ingin mahir berbahasa Inggris. Dengan belajar dari dasar, kamu jadi lebih mudah memahami materi yang kompleks.

Misalnya, kamu dapat mempelajari seperti apa bentuk kata, kalimat, cara melafalkan kata, dan cara menulis kata. Setelah mempelajari dasar tersebut, maka kamu dapat melanjutkan materi berikutnya.

Terkait:

Kursus Bahasa Inggris ICAN English

Pemahaman dasar yang baik tentu membantu mempermudah proses belajar. Apalagi saat ini sudah ada banyak dukungan teknologi, sehingga kamu dapat menggunakan berbagai media untuk belajar. Seperti apa teknik belajar Bahasa Inggris yang efektif?

Bagaimana Teknik yang Tepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula?

Berikut adalah berbagai tenik belajar Bahasa Inggris yang sesuai untuk pemula.

1. Teknik Belajar Bahasa Inggris Speaking Dasar

Sebelum belajar menulis atau mendengar, tingkatkan skill speaking untuk membantu mengucapkan kosa kata secara baik dan benar. Ada banyak cara seperti memilih buku sesuai minat.

Karena masih pemula, pilih buku bacaan ringan dengan penggunaan kalimat sederhana. Contohnya adalah dongeng anak dan pelajari jenis bacaan. Kemudian, perlahan beralih pada buku tebal.

Ketika membaca, mungkin kamu menemukan kata yang belum dimengerti. Catat, dan garis menggunakan stabilo. Setelah mencatat setiap kosakata baru, kamu dapat mencari tahu artinya setelah kegiatan membaca selesai.

Bisa juga dengan membuat post it sebagai tanda dan tempelkan supaya buku bacaan bebas coretan dan rapi.

Teknik berikutnya adalah dengan rajin baca. Walaupun hanya dongeng anak, tapi kamu dapat bertukar buku tersebut dengan teman. Hal ini juga membuat proses belajar bahasa inggris cepat untuk pemula.

2. Belajar Bentuk Kata Dalam Tenses

Bentuk kata dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah tenses. Elemen paling penting dan dasar ini harus kamu pelajari sebagai pemula. Apa itu tenses?

Tenses merupakan bentuk kata kerja untuk memberi tahu kondisi kapan suatu peristiwa terjadi. Entah itu terjadi sebagai masa lalu, saat ini, atau masa depan.

Tenses adalah pelajaran paling mendasar dalam Bahasa Inggris. Sehingga, seringkali materi tersebut disampaikan pada bab pertama berbagai buku Bahasa Inggris. Artinya, kalau kamu berhasil menguasai jenis-jenis tenses, maka kamu sudah 60% menguasai Bahasa Inggris.

Ketika kamu telah menguasai tenses, maka interaksi berbahasa inggris dalam bentuk lisan atau tulisan pasti sudah dikatakan “benar”.

Tenses juga dapat berupa gabungan dua komponen dasar yang selalu berhubungan yaitu peristiwa dan waktu.

Pelajari rumusnya, pahami bagaimana penggunaannya, lalu praktekkan dalam pembicaraan sehari-hari.

3. Teknik Belajar Listening Bagi Pemula

Skill listening atau mendengarkan dapat kamu coba dengan membiasakan mendengar berbagai kosa kata Bahasa Inggris. Teknik belajarnya juga sangat mudah.

Pertama, tentukan learning goal terlebih dahulu. Media video serta video dapat kamu gunakan untuk persiapan. Tentukan juga jadwal serta tujuan. Dengan cara ini, maka kegiatan belajar Bahasa Inggris jadi lebih terjadwal serta akan lebih mudah mencapai goal ini.

Selain itu, membuat learning goal akan meningkatkan motivasi. Gunakan media audio seminggu dua kali serta persiapkan materi yang ingin anda capai setelah kegiatan.

Agar kegiatan belajar bahasa inggris efektif khusus pemula, terutama dalam skill listening, pastikan pilih materi yang sesuai. Jika sudah ada jadwal dan tujuan jelas, tentukan materi yang mudah kamu mengerti. Contohnya, goal listening pertama adalah mencari teman asing sebanyak tiga orang.

Berikutnya, kamu juga bisa mencoba mencari video percakapan dengan aksen British. Sesuaikan materi dengan kemampuan supaya tidak terlalu sulit dan kamu tetap semangat mempelajarinya.

Teknik rahasia berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu Bahasa Inggris. Anda dapat menggunakan aplikasi pemutar musik. Biasakan memilih lagu Bahasa Inggris, dan simak lirik. Belajar menulis seluruh lirik dan cek dengan mencari lirik tersebut di internet.

Perlu diingat, kegiatan listening butuh fokus tinggi. Anda dapat menggunakan earphone atau headset dan carilah tempat belajar sepi. Bila perlu, matikan notifikasi ponsel supaya tetap fokus belajar.

Ketika fokus mendengarkan, kamu bisa langsung masuk materi audio. Hindari menerjemahkan per kata. Sebab, konsentrasi tetap harus pada ke percakapan.

Pemula dapat belajar dengan cara pause and replay, untuk terjemahkan kata yang belum dimengerti. Hal ini sebaiknya dihindari.

Nonton YouTube juga menjadi salah satu teknik passive listening. Pilihlah channel edukasi yang sesuai untuk belajar Bahasa Inggris.

4. Belajar Writing Bahasa Inggris Untuk Pemula

Writing atau menulis bukan hal yang mudah. Ada banyak aturan seperti spelling, grammar, dan lainnya. Sehingga, termasuk skill yang banyak tantangan ketika kamu ingin Belajar Bahasa Inggris untuk pemula.

Jika kamu memiliki skill reading yang cukup sebagai pemula, belajar menulis jadi lebih mudah. Hal ini karena kamu sudah mengenal beberapa aturan grammar, vocabulary, speaking, dan cara menulis yang baik.

Beberapa rahasia teknik belajar Bahasa Inggris bagi pemula adalah membuat diary, menulis lirik lagu, membuat caption sosmed, atau menggunakan aplikasi chat untuk mengobrol dengan teman.

Selain harus rajin latihan menulis Bahasa Inggris, kamu juga harus rajin mempelajari aturan writing. Perhatikan bagaimana menggunakan tanda baca, spelling, grammar, huruf kapital, dan lainnya.

5. Teknik Belajar Reading Bahasa Inggris Pemula

Pemula yang sudah menguasai skill listening, maka akan lebih mudah mempelajari skill reading atau membaca.

Ketika kamu belajar speaking dan menggunakan buku bacaan, maka secara tidak langsung kamu akan belajar berbagai struktur kata Bahasa Inggris.

Kosakata jadi meningkat dan terdapat peningkatan referensi dalam menulis serta mampu mengoreksi kalimat-kalimat sederhana Bahasa Inggris.

Skill reading dapat diperoleh dengan rajin membaca. Buku cerita anak-anak memberikan contoh pola kalimat sederhana, kosakata dasar, dan tidak terlalu rumit untuk pemula. Atau, kamu juga dapat membaca lirik lagu favorit, sehingga kamu dapat belajar reading sambil listening.

Belajar Bahasa Inggris Khusus Pemula Melalui Kursus Online

Dari berbagai teknik belajar Bahasa Inggris di atas, pemula lebih baik mengikuti kursus online, mengapa?

Kursus Bahasa Inggris online memberikan banyak manfaat. Kamu dapat belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan value secara total. Sehingga, dapat berguna ketika ingin melanjutkan kuliah atau melamar kerja.

Sebagai bahasa resmi di berbagai negara, belajar Bahasa Inggris dengan ikut kursus online diajarkan oleh para tutor profesional, berkualifikasi, dan memiliki pengalaman. Sehingga, ketika kamu memiliki kesulitan selama belajar, para tutor siap membantu berbagi teknik belajar terbaik mereka.

Kursus Bahasa Inggris online juga sangat membantu agar kamu bisa lebih mudah mencari informasi ketika menggunakan internet, berpartisipasi dalam forum diskusi, dan belajar juga jadi lebih mudah.

Jika dari segi biaya, belajar bahasa inggris pemula melalui kursus online tentu lebih murah dan fleksibel. Kamu dapat mengatur waktu, dan kamu punya jadwal khusus untuk belajar Bahasa Inggris.

Sehingga, tujuan belajar jadi lebih jelas, peningkatan skill lebih terlihat, serta teknik belajar lebih terarah. Karena, modul belajar dan dukungan tutor sudah tersedia.

Itulah informasi tentang panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Jika kamu punya tujuan belajar Bahasa Inggris sangat jelas, maka rekomendasi utama adalah dengan ikut kursus online. Selanjutnya, kamu dapat mencoba berbagai teknik di atas untuk belajar saat waktu luang.

Tag:

Baca Juga:

Kursus IELTS di Yogyakarta

Kursus IELTS di Yogyakarta

Salah satu tes untuk sertifikasi bahasa Inggris adalah IELTS. Bagi kamu yang berminat berkuliah di luar negeri, maka sebaiknya mempersiapkan untuk tes IELTS. Saat ini, banyak kursus persiapan IELTS yang disediakan di berbagai tempat. Misalnya kursus IELTS di...

Pilihan Les TOEFL di Jogja

Pilihan Les TOEFL di Jogja

Salah satu persiapan efektif untuk TOEFL adalah mengikuti les atau kursus. Meskipun pembelajaran TOEFL dapat dilakukan sendiri di rumah, tetapi akan lebih maksimal apabila mengikuti lesnya. Bagi kamu yang berdomisili di Jogjakarta, maka dapat memilih les TOEFL di...

Tempat Kursus TOEFL di Balikpapan

Tempat Kursus TOEFL di Balikpapan

Terdapat beberapa tempat kursus TOEFL di Balikpapan yang bisa dijadikan pilihan. Namun, kamu pun perlu mengingat bahwa belajar di tempat kursus saja tidaklah cukup. Apabila kamu tidak memaksimalkannya dengan baik. Sama hal nya ketika belajar di sekolah, maka kamu pun...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Kursus IELTS di Yogyakarta

Salah satu tes untuk sertifikasi bahasa Inggris adalah IELTS. Bagi kamu yang berminat berkuliah di...

Pilihan Les TOEFL di Jogja

Salah satu persiapan efektif untuk TOEFL adalah mengikuti les atau kursus. Meskipun pembelajaran...

Tempat Kursus TOEFL di Balikpapan

Terdapat beberapa tempat kursus TOEFL di Balikpapan yang bisa dijadikan pilihan. Namun, kamu pun...

Tempat Kursus Bahasa Inggris di Balikpapan

Sebaiknya kamu mengenali ciri-ciri tempat kursus Bahasa Inggris di Balikpapan yang terpercaya....

Rekomendasi Kursus TOEFL di Samarinda

Rekomendasi kursus TOEFL di Samarinda dapat membantumu untuk belajar dengan efektif. Meskipun...
Tempat Kursus TOEFL di Jogja

Tempat Kursus TOEFL di Jogja

TOEFL menjadi tes bahsa Inggris yang cukup diminati banyak siswa dan berlaku di banyak negara. Banyak siswa memutuskan...