ICAN English

Beranda » Blog » Cara Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Anak

Cara Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Anak

Saat ini zaman semakin canggih, tidak hanya orang dewasa tapi anak-anak juga dituntut untuk bisa berbahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dasar untuk anak memang tidak mudah dan butuh kesabaran.

Sebagai orangtua yang ingin melihat anak bisa berbahasa Inggris dan memiliki perkembangan tentu akan melakukan berbagai cara. Namun pastikan sebagai orang tua juga tidak terlalu memaksakan kehendak, apalagi ketika anak merasa bosan pada saat belajar.

Cara Cara Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk Anak

Untuk membantu anak pandai berbahasa Inggris tentu akan membutuhkan dukungan dari orang tua. Akan jauh lebih baik jika orang tua memiliki peranan dalam proses belajar bahasa Inggris anak. Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris dasar untuk anak yang bisa kamu lakukan:

Ajak Anak Rutin Berbahasa Inggris

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengajak anak untuk rutin berbahasa Inggris. Dalam kegiatan sehari-hari Orang tua harus membiasakan untuk rutin menggunakan bahasa Inggris pada anak.

Hal ini juga bisa dimulai dari seksi khusus untuk belajar bahasa Inggris bersama anak. Jika orang tua memiliki peranan penting untuk mengajarkan anak berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, maka anak akan semakin terbiasa.

Jadikan Metode Belajar Bahasa Inggris Sebagai Kegiatan Menyenangkan

Selanjutnya pasti kan kamu menemukan metode belajar bahasa Inggris dengan kegiatan menyenangkan. Mengajak anak untuk belajar dengan kondisi hati yang senang memang bukan sesuatu hal mudah.

Untuk mengatasi hal tersebut orang tua bisa melibatkan bahasa Inggris dalam permainan. Permainan yang bisa dilakukan seperti bermain Scrabble game yang ada di smartphone atau beberapa game lainnya yang sesuai dengan usia anak. 

Tidak Perlu Terpaku Pada Grammar

Ketika anak sedang belajar bahasa Inggris tidak perlu terpaku pada kesempurnaan grammar. Orang tua bisa mencoba untuk membuat anak lebih familiar terhadap vocabullary terlebih dahulu. Apabila anak melakukan kesalahan pada saat berbicara sebagai orang tua kamu tidak perlu terus-menerus membenarkan.

Hal tersebut sesekali perlu dilakukan untuk membiasakan anak agar mereka berani mengekspresikan dirinya dan tidak kehilangan minat terhadap bahasa Inggris. 

Bisa Mencoba Menggunakan Lagu Anak

Salah satu cara yang saat ini cukup ampuh untuk membuat anak belajar bahasa Inggris adalah menggunakan lagu. Ada banyak sekali lagu menggunakan bahasa Inggris untuk anak-anak yang bisa kamu ajarkan.

Mengajak anak bernyanyi bersama-sama dengan tarian yang mengandung arti akan membuat anak faham. Anak juga lebih mudah untuk mengingat kata-kata dalam lagu tersebut. 

Gunakan Topik Kesukaan Anak

Belajar bahasa Inggris juga bisa menggunakan topik yang disukai oleh anak-anak. Hal tersebut akan membantu anda untuk lebih mudah mengingat kosakata berbahasa Inggris. Orang tua bisa mencoba untuk bernyanyi atau membacakan buku cerita.

Kenapa Anak Harus Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini?

Masih kecil Kenapa harus belajar bahasa Inggris? Mungkin pertanyaan tersebut juga terlintas dalam benak kamu sebagai orang tua. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang penting, tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga bagi anak-anak loh.

Nah, berikut beberapa alasan kenapa anak-anak belajar bahasa Inggris sejak dini.

Meningkatkan Peluang Belajar Di Luar Negeri

Alasan pertama untuk meningkatkan peluang belajar atau bekerja di luar negeri. Jika anak sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris maka akan semakin besar peluang untuk melanjutkan pendidikan  ke luar negeri.

Tidak hanya itu, tetapi anak juga bisa berkesempatan bekerja di luar negeri sesuai dengan bidang yang mereka minati. 

Memudahkan Pemahaman Anak Jika Tertarik Dunia Sains

Jika anak Anda memiliki ketertarikan pada dunia sains maka belajar bahasa Inggris sejak dini akan sangat bermanfaat. Seperti yang kita tahu bahwa berbagai macam informasi tentang ilmu pengetahuan sains lebih banyak menggunakan bahasa Inggris.

Dengan memahami bahasa Inggris sejak dini maka kesempatan untuk memiliki pemahaman terhadap dunia sains dan ilmu pengetahuan akan lebih besar. 

Agar Bisa Berkomunikasi Dengan Lancar Ketika Traveling

Ada banyak tempat kursus bahasa Inggris untuk anak yang bisa kamu pilih. Pastikan proses belajar yang dilakukan menyenangkan agar anak tidak bosan.

Anak sudah bisa bahasa Inggris sejak dini akan memudahkan mereka untuk berkomunikasi ketika melakukan traveling. Akan semakin mudah bagi orangtua untuk mengajak anak liburan ke luar negeri. Karena Mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris, maka berkomunikasi dengan bule juga lebih mudah.

Cobalah untuk mulai mengajak anak belajar bahasa Inggris sejak dini. Terapkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari agar lebih memudahkan anak. Coba juga untuk menempatkan anak pada kursus bahasa Inggris.

Baca Juga:

Tips Mudah Belajar Writing IELTS

Tips Mudah Belajar Writing IELTS

Banyak orang berjuang untuk mempersiapkan diri menjelang ujian IELTS yang memang terkenal sulit. Bagi banyak orang, bagian menulis menjadi yang paling sulit. Untuk itu, belajar writing IELTS akan sangat penting sebelum kamu menjalani tes ini. Bagian writing IELTS...

Ketahui Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

Ketahui Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

TOEFL IBT dan ITP adalah dua jenis tes bahasa Inggris yang ditujukan untuk kandidat yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Keduanya serupa dalam beberapa hal, namun juga berbeda di hal lainnya. Perbedaan TOEFL ITP dan IBT bisa dilihat dari beberapa aspek....

Mengenal Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS

Mengenal Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS

Ada sejumlah tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. TOEFL, TOEIC dan IELTS adalah pilihan yang paling populer. Ketiga tes ini memang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS bisa dilihat secara jelas. Ketiganya adalah ujian...

ief-des21
Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Tips Mudah Belajar Writing IELTS

Banyak orang berjuang untuk mempersiapkan diri menjelang ujian IELTS yang memang terkenal sulit....

Ketahui Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

TOEFL IBT dan ITP adalah dua jenis tes bahasa Inggris yang ditujukan untuk kandidat yang belajar...

Mengenal Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS

Ada sejumlah tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. TOEFL, TOEIC dan IELTS adalah...

Tips Mencapai Level Bahasa Inggris B1

Level bahasa Inggris B1 adalah tingkat ketiga dalam CEFR. Dalam percakapan setiap hari, level ini...

Mengenal Seputar Level Bahasa Inggris C1

Level bahasa Inggris C1 adalah tingkat bahasa Inggris kelima dalam Common European Framework of...