Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara belajar bahasa inggris dasar untuk anak

Cara Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Anak

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Cara Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Anak

Saat ini zaman semakin canggih, tidak hanya orang dewasa tapi anak-anak juga dituntut untuk bisa berbahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dasar untuk anak memang tidak mudah dan butuh kesabaran.

Sebagai orangtua yang ingin melihat anak bisa berbahasa Inggris dan memiliki perkembangan tentu akan melakukan berbagai cara. Namun pastikan sebagai orang tua juga tidak terlalu memaksakan kehendak, apalagi ketika anak merasa bosan pada saat belajar.

Cara Belajar Bahasa Inggris Efektif untuk Anak

Untuk membantu anak pandai berbahasa Inggris tentu akan membutuhkan dukungan dari orang tua. Akan jauh lebih baik jika orang tua memiliki peranan dalam proses belajar bahasa Inggris anak. Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris dasar untuk anak yang bisa kamu lakukan:

Ajak Anak Rutin Berbahasa Inggris

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengajak anak untuk rutin berbahasa Inggris. Dalam kegiatan sehari-hari Orang tua harus membiasakan untuk rutin menggunakan bahasa Inggris pada anak.

Hal ini juga bisa dimulai dari seksi khusus untuk belajar bahasa Inggris bersama anak. Jika orang tua memiliki peranan penting untuk mengajarkan anak berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, maka anak akan semakin terbiasa.

Jadikan Metode Belajar Bahasa Inggris Sebagai Kegiatan Menyenangkan

Selanjutnya pasti kan kamu menemukan metode belajar bahasa Inggris dengan kegiatan menyenangkan. Mengajak anak untuk belajar dengan kondisi hati yang senang memang bukan sesuatu hal mudah.

Untuk mengatasi hal tersebut orang tua bisa melibatkan bahasa Inggris dalam permainan. Permainan yang bisa dilakukan seperti bermain Scrabble game yang ada di smartphone atau beberapa game lainnya yang sesuai dengan usia anak. 

Tidak Perlu Terpaku Pada Grammar

Ketika anak sedang belajar bahasa Inggris tidak perlu terpaku pada kesempurnaan grammar. Orang tua bisa mencoba untuk membuat anak lebih familiar terhadap vocabullary terlebih dahulu. Apabila anak melakukan kesalahan pada saat berbicara sebagai orang tua kamu tidak perlu terus-menerus membenarkan.

Hal tersebut sesekali perlu dilakukan untuk membiasakan anak agar mereka berani mengekspresikan dirinya dan tidak kehilangan minat terhadap bahasa Inggris. 

Bisa Mencoba Menggunakan Lagu Anak

Salah satu cara yang saat ini cukup ampuh untuk membuat anak belajar bahasa Inggris adalah menggunakan lagu. Ada banyak sekali lagu menggunakan bahasa Inggris untuk anak-anak yang bisa kamu ajarkan.

Mengajak anak bernyanyi bersama-sama dengan tarian yang mengandung arti akan membuat anak faham. Anak juga lebih mudah untuk mengingat kata-kata dalam lagu tersebut. 

Gunakan Topik Kesukaan Anak

Belajar bahasa Inggris juga bisa menggunakan topik yang disukai oleh anak-anak. Hal tersebut akan membantu anda untuk lebih mudah mengingat kosakata berbahasa Inggris. Orang tua bisa mencoba untuk bernyanyi atau membacakan buku cerita.

Baca juga : Kunci Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Kenapa Anak Harus Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini?

Parentalk tips anak lancar bahasa inggris

Tonton video lengkapnya di Youtube Parentalk!

Masih kecil Kenapa harus belajar bahasa Inggris? Mungkin pertanyaan tersebut juga terlintas dalam benak kamu sebagai orang tua. Saat ini belajar bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang penting, tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga bagi anak-anak loh.

Nah, berikut beberapa alasan kenapa anak-anak belajar bahasa Inggris sejak dini.

Meningkatkan Peluang Belajar Di Luar Negeri

Alasan pertama untuk meningkatkan peluang belajar atau bekerja di luar negeri. Jika anak sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris maka akan semakin besar peluang untuk melanjutkan pendidikan  ke luar negeri.

Tidak hanya itu, tetapi anak juga bisa berkesempatan bekerja di luar negeri sesuai dengan bidang yang mereka minati. 

Memudahkan Pemahaman Anak Jika Tertarik Dunia Sains

Jika anak Anda memiliki ketertarikan pada dunia sains maka belajar bahasa Inggris sejak dini akan sangat bermanfaat. Seperti yang kita tahu bahwa berbagai macam informasi tentang ilmu pengetahuan sains lebih banyak menggunakan bahasa Inggris.

Dengan memahami bahasa Inggris sejak dini maka kesempatan untuk memiliki pemahaman terhadap dunia sains dan ilmu pengetahuan akan lebih besar. 

Agar Bisa Berkomunikasi Dengan Lancar Ketika Traveling

Ada banyak tempat kursus bahasa Inggris untuk anak yang bisa kamu pilih. Pastikan proses belajar yang dilakukan menyenangkan agar anak tidak bosan.

Anak sudah bisa bahasa Inggris sejak dini akan memudahkan mereka untuk berkomunikasi ketika melakukan traveling. Akan semakin mudah bagi orangtua untuk mengajak anak liburan ke luar negeri. Karena Mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris, maka berkomunikasi dengan bule juga lebih mudah.

Baca juga : Belajar Bahasa Inggris Seputar Hewan

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jean-Marc Dewaele dari Birkbeck, Universitas London, multibahasa dan kepercayaan diri berjalan seiring. Penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kemampuan berbicara lebih dari satu bahasa sering kali menunjukkan tingkat harga diri yang lebih tinggi dan keterampilan sosial yang lebih baik. Demikian pula, Dewan Pengajaran Bahasa Asing Amerika telah mengidentifikasi korelasi positif antara pembelajaran bahasa sejak dini dan kepercayaan diri anak-anak.

Cobalah untuk mulai mengajak anak belajar bahasa Inggris sejak dini. Terapkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari agar lebih memudahkan anak. Coba juga untuk menempatkan anak pada kursus bahasa Inggris.

ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan