Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara mudah belajar toefl dari nol

Cara Mudah Belajar TOEFL dari Nol

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Cara Mudah Belajar TOEFL dari Nol

Cara belajar TOEFL dari nol adalah strategi utama agar kamu bisa lulus TOEFL untuk persyaratan kuliah ke luar negeri. TOEFL merupakan tes yang harus kamu ikuti untuk mengukur sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris. TOEFL juga dibagi dalam tiga jenis, yaitu PBT (paper-based test), CBT (computer-based test), serta IBT (Internet-based test).

Mengenal TOEFL dan Kegunaannya

Ujian TOEFL memiliki tiga versi- PBT (tes berbasis kertas), CBT (ujian berbasis komputer), dan iBT (tes berbasis internet). Kini, sebagian besar negara menggunakan TOEFL iBT untuk tes bahasa Inggris. Tes TOEFL iBT mengukur kemampuan dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris di universitas. Ini akan mengevaluasi seberapa baik kemampuan kamu dalam membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis.

Lebih dari 35 juta orang dari seluruh dunia telah mengikuti tes TOEFL untuk menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris mereka. Lebih dari 10,000 perguruan tinggi, lembaga, dan institusi lain di lebih dari 130 negara menerima skor TOEFL. 

Tes TOEFL memiliki lebih dari 50 tanggal tes per tahun di pusat tes resmi di seluruh dunia. Kamu dapat mengikuti tes ulang sebanyak yang diinginkan, namun tidak dapat mengikuti tes lebih dari satu kali dalam satu waktu selama periode 12 hari. 

Tips Belajar TOEFL Dari Nol

Dari seluruh jenis tersebut, PBT dan IBT merupakan jenis populer untuk kuliah ke luar negeri. Jika kamu punya rencana kuliah luar negeri, maka skor TOEFL kamu harus maksimal. Agar mencapai target, berikut adalah cara belajar TOEFl mulai dari nol.

Luangkan waktu 2 jam sehari

Tentu ini bukan hal yang sulit, karena setiap orang pasti punya waktu luang. Jika kamu merupakan seorang karyawan atau pelajar, jadwalkan waktu terbaik sesuai mood misalnya siang, pagi, atau malam. Setiap harinya, luangkan waktu 2 jam, dan setiap minggu harus ada waktu per hari untuk belajar Listening, Reading, dan Grammar. Pada hari Minggu, gunakan waktu tersebut untuk evaluasi atau skoring.

Gunakan Latihan Soal TOEFL

Jika kamu belum pernah ikut kelas TOEFL preparation, carilah sumber belajar dari buku soal TOEFL, pinjam buku teman, atau menggunakan website online dan mencari soal-soal latihan TOEFL online. Cara ini sesuai untuk kamu yang ingin belajar secara otodidak. Sehingga, semakin tinggi frekuensi belajar, semakin mudah kamu memahami struktur soal dalam tes TOEFL.

Tingkatkan Kosakata

Mungkin kamu masih bingung harus memulai darimana. Namun, cara terbaik adalah dengan meningkatkan vocabulary. Hindari menggunakan cara-cara rumit yang justru membuat kamu terbatas. Misalnya, cara paling sederhana adalah membaca contoh soal Reading TOEFL dan pembahasannya.

Dengan sering berlatih menerjemahkan passages, kamu juga dapat meningktak vocabulary, memahami apa maknanya dan tidak sekedar hafalan.

Pelajari Kata Dasar

ICAN English sebagai penyedia kursus Bahasa Inggris juga menyarankan agar kamu memulai belajar dari materi dasar. Misalnya, mulai dari materi part of speech seperti adverb, verb, noun, dan lainnya. Materi tersebut penting untuk mempermudah mengerjakan soal latihan Structure.

Tips Belajar Listening

Buat kamu merasa nyaman dengan belajar TOEFL dari nol, yaitu menonton film, mendengarkan lagu, atau podcast. Dengan cara ini, kamu dapat memperbaiki kemampuan listening, membiasakan telinga mendengarkan aksen, mendengarkan conversation film Bahasa Inggris dan meningkatkan daya konsentrasi.

Untuk dapat lulus dalam tes TOEFL, mempelajarinya sejak dini adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa memilih kelas persiapan TOEFL atau kursus TOEFL untuk meningkatkan pemahaman kamu.

ICAN English menyediakan kursus TOEFL agar kamu bisa memahami berbagai soal dan contoh jawaban dari tes tersebut. Tersedia di berbagai kota besar, kamu bisa memilih tempat kursus sesuai lokasi domisili kamu. ICAN English sendiri tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Tangerang, Jogjakarta dan beberapa wilayah lainnya.

Mengapa Memilih Metode Ini

Metode online juga jadi cara belajar TOEFL dari nol. Kamu tidak hanya dapat mencari materi atau latihan soal secara online, tapi juga bisa belajar berbagai tips, testimoni, atau juga kisah inspiratif bagi orang-orang yang telah berhasil lulus tes ini dan mewujudkan cita-cita kuliah di luar negeri.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan waktu lebih fleksibel, simple, dan mudah untuk kamu praktekkan. Selama ada koneksi internet dan gadget, belajar TOEFL di manapun tentu sangat bisa. Mengingat biaya tes TOEFL cukup mahal, belajar memanfaatkan gadget dan koneksi internet adalah cara praktis untuk menunjang kebutuhan belajar kamu.

Sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana cara belajar TOEFL bahkan dari nol menggunakan berbagai cara di atas. ICAN English mengajak kamu bergabung dengan kelas TOEFL online jika kebutuhan sertifikat tes tersebut sangat mendesak, terutama dalam hitungan bulan. Jika masih bingung dengan bagaimana kelas TOEFL berlangsung, kamu bisa langsung hubungi tim kami.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan