Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara masuk kuliah di amerika

Cara Masuk Kuliah di Amerika

Beranda / Perkuliahan / Cara Masuk Kuliah di Amerika

Banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki impian berkuliah di luar negeri, salah satunya adalah Amerika. Amerika menjadi salah satu negara yang memiliki banyak universitas bergengsi. Tidak jarang, kampus di Amerika menduduki peringkat teratas sebagai universitas terbaik di dunia. Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu cara masuk kuliah di Amerika.

Masuk kuliah ke luar negeri memanglah tidak mudah. Akan terdapat banyak kualifikasi yang harus kamu penuhi. Kamu pun harus mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. Karena hampir seluruh wilayah di dunia sudah menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi.

Cara Masuk Kuliah di Amerika yang Harus Kamu Ketahui

Saat memutuskan kuliah di luar negeri, banyak langkah yang akan kamu tempuh. Tentunya, kuliah di luar negeri tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang sejak jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mengetahui beberapa cara untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi Amerika. Inilah deretan cara untuk kuliah di Amerika.

Menentukan Tujuan untuk Melanjutkan Kuliah

Saat akan kuliah di luar negeri, pastikan kamu telah menentukan tujuan. Penentuan tujuan ini dimaksudkan agar kamu tidak bingung saat memilih jurusan dan universitas. Seperti yang diketahui, Amerika memiliki ratusan perguruan tinggi bergengsi. Selain itu, berbagai program studi pun disediakan di universitasnya. Sehingga, sebaiknya kamu tentukan tujuan dulu.

Kamu harus mempertanyakan pada diri sendiri, kira-kira akan masuk ke jurusan atau program apa. Apabila sudah mengetahui jurusan apa yang akan dipilih, maka akan memudahkan ketika mencari universitas. Selain itu, terdapat tujuan lainnya yang perlu ditentukan. Diantaranya adalah permasalahan finansial, akomodasi, berapa lama akan tinggal di Amerika, dan lainnya.

Baca juga :
Kualitas Pendidikan Amerika Yang Bikin Mahasiswa Tertarik

Lakukan Survey untuk Universitas

Cara masuk kuliah di Amerika berikutnya adalah melakukan survey untuk universitas. Setelah mengetahui program studi atau jurusan apa yang diambil, maka kamu sudah bisa menentukan universitasnya. Cobalah cari tahu di beberapa situs terkait informasi universitas di Amerika. Carilah universitas yang memang menyediakan program studi atau jurusan tujuanmu.

Jangan lupa, cari juga informasi terkait reputasi, kualitas, kurikulum, dan fasilitasnya. Karena kamu pun harus memastikan bahwa akan mendapatkan sistem pendidikan terbaik di universitas tersebut. Saat ini, telah banyak informasi universitas Amerika yang bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Carilah 2-3 informasi perguruan tinggi untuk kamu pertimbangkan.

Pertimbangkan Biaya atau Budget Selama Kuliah

Setelah mendapatkan 2-3 universitas yang telah kamu gali informasinya, maka langkah berikutnya adalah mempertimbangkan biaya atau budget. Kamu pun perlu mencari tahu biaya kuliah di universitas tersebut. Karena biaya kuliah di luar negeri, terlebih Amerika, tidaklah murah. Sehingga, kamu harus membuat anggaran biaya atau budgeting untuk kuliah di sana.

Selain mencari tahu informasi biayanya, kamu juga bisa sambil menggali informasi terkait beasiswa. Jika ada beasiswa yang berpotensi diikuti, maka cobalah untuk dimasukkan ke planning. Kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup dan akomodasi selama di Amerika. Pastikan telah membuat anggaran biaya yang benar-benar bisa dijadikan patokan.

Siapkan Persyaratan atau Kualifikasi Sejak Dini

Cara masuk kuliah di Amerika selanjutnya adalah mempersiapkan seluruh persyaratan sejak dini. Jika kamu sudah menentukan universitas mana saja yang akan dicoba, maka cari tahu apa saja persyaratan masuknya. Sebagai catatan, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar ke 2-3 universitas sebagai cadangan. Persyaratan tiap kampus biasanya tidak akan jauh berbeda.

Salah satu persyaratan paling umum adalah sertifikasi IELTS atau TOEFL. Oleh sebab itu, sebaiknya persiapkan diri untuk mengikuti tes IELTS atau TOEFL sejak jauh-jauh hari. Karena persiapan untuk TOEFL dan IELTS pun akan cukup memakan waktu. Selain itu, siapkan juga persyaratan atau dokumen lainnya.

Baca juga :
Universities You Can Go To Study In The USA

Proses Pendaftaran

Untuk mengetahui cara masuk kuliah di Amerika dan mempersiapkannya lebih matang. Sebaiknya cobalah mendatangi lembaga konsultasi kuliah di luar negeri. Salah satu rekomendasinya adalah ICAN Education Consultant, lembaga konsultasi berpengalaman dan profesional. Para konselornya merupakan orang yang berpengalaman di bidangnya.

Jika keseluruhan persyaratan sudah terkumpul, maka cara terakhir adalah mendaftarkan diri. Cobalah untuk segera mendaftarkan diri ke beberapa universitas di Amerika. Setelah itu, kamu hanya tinggal menunggu pengumuman.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan