Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara menghafal tenses dengan mudah

Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Memahami bahasa Inggris dengan baik saat ini banyak dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan. Setelah menguasai bahasa Inggris kamu bisa merasakan berbagai macam keunggulan dalam pendidikan maupun pendidikan. Kamu perlu mengetahui cara menghafal tenses dengan mudah sebelum mulai mempelajarinya.

Salah satu materi yang akan kamu pelajari ada tenses. Banyak pemula yang merasa bingung untuk menghafal tenses. Banyak kesulitan karena belum terbiasa. Bagaimana cara menghafal tenses dengan baik? Sebenarnya sederhana, ini ulasannya.

Pengertian Tenses

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghafal tenses, kamu bisa memahami terlebih dahulu arti dari tenses. Jadi tenses merupakan tata bahasa atau grammar yang memiliki arti waktu.

Dapat dikatakan bahwa pengertian tenses merupakan waktu yang akan digunakan untuk menyatakan sebuah peristiwa maupun kejadian baik dari masa lalu masa sekarang dan masa mendatang. Mempelajari tenses akan lebih mudah jika kamu bergabung dengan ICAN English dan tergabung dalam kursus bahasa Inggris intensif yang rutin bersama tutor berpengalaman.

Dengan memahami hal tersebut akan lebih mudah bagi kamu untuk menghafal tenses dengan baik. 

Tips Menghafal Tenses

Tips menghafalkan Sebenarnya cukup sederhana, asalkan kamu memahami rumus yang akan digunakan. Selain memahami rumus kamu juga harus mengingat waktu yang seharusnya. Misalnya, kamu harus paham peristiwa yang terjadi di masa sekarang akan menggunakan tenses jenis apa. 

Nah, berikut cara menghafal tenses.

Simple Present Tense

Simple Present Tense merupakan jenis tenses yang sering digunakan pada kalimat secara umum maupun percakapan bahasa Inggris. Tenses tersebut dapat digunakan untuk kejadian yang sedang berlangsung. Cara menghafalnya dengan mengingat, kejadian saat ini dan rumus Subject + Verb.

Simple Past Tense

Simple past tense digunakan untuk kata lampau yang menyatakan kejadian atau peristiwa di masa lalu. Cara menghafalnya dengan mengingat bahwa tenses ini digunakan pada masa lalu dengan rumus Subject + Verb2.

Simple Future Tense

Simple Future Tense digunakan untuk masa yang akan datang atau belum terjadi. Tense ini bisa dikatakan dengan in the future, next month, a weeks later, dan masih banyak lagi lainnya. Cara menghafalnya dengan mengingat waktu masa depan dan rumus subject + will/ be going to + verb.

Present Continuous Tense

Selanjutnya ada Present Continuous Tense untuk kejadian yang berlangsung atau kejadian yang akan direncanakan di masa depan. Rumusnya adalah subject + am/is/are + verb-ing

Present Perfect Tense

Selanjutnya ada Present Perfect Tense untuk kejadian yang berlangsung sejak lampau sampai sekarang. Rumusnya subject + has/have + verb 3.

Baca Juga: Materi Tentang Simple Present Tense

Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense untuk menjabarkan kejadian masa lalu sampai saat ini. Rumuskan menggunakan subject + has or have + been + verb-ing.

Cara sederhana untuk menghafalkan tense sebenarnya hanya perlu mengingat waktu yang digunakan dan rumusnya. Jika kamu sudah memahami hal tersebut maka akan lebih mudah untuk menggunakan tenses dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari. 

Pentingnya Tenses yang Perlu Kamu Tahu

Keterampilan komunikasi yang efektif dalam bahasa Inggris diperlukan bagi semua orang dari semua profesi. Konsep verb tenses bahasa Inggris sangat penting dalam menjalin komunikasi yang efektif. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjaga kedua cara komunikasi dengan lebih baik, yaitu berbicara dan menulis.

Kamu perlu menguasai tenses bahasa Inggris, karena penguasaan dua belas tenses dasar bahasa Inggris akan sangat membantu Anda dalam memperoleh keterampilan komunikasi yang efektif.

Istilah tense berasal dari kata Latin “tempus” yang berarti waktu. Karena ada banyak cara untuk menyatakan waktu suatu tindakan, maka kita menggunakan tenses. Ada tiga tenses utama, yaitu past tense, present tense, dan future tense.

Perlu diketahui bahwa masing-masing tenses ini mempunyai empat bentuk, yaitu: Simple, progressive atau continuous, perfect and perfect progresif atau perfect continuous.

Perlu diingat bahwa dalam situasi tertentu atau sesuai dengan waktu, hendaknya menggunakan tenses yang tepat agar komunikasi tetap efektif. Dengan cara ini, perlu untuk menentukan berbagai aspek dalam kata kerja bahasa Inggris, seperti keadaan, tindakan yang berkelanjutan, atau tindakan yang selesai.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengkonjugasikan kata kerja yang benar dengan memperhatikan struktur tenses dan modal tenses, sehingga kamu dapat membuat kalimat yang jelas dan efektif.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan