ICAN English

Beranda » Blog » Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Memahami bahasa Inggris dengan baik saat ini banyak dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan. Setelah menguasai bahasa Inggris kamu bisa merasakan berbagai macam keunggulan dalam pendidikan maupun pendidikan. Kamu perlu mengetahui cara menghafal tenses dengan mudah sebelum mulai mempelajarinya.

Salah satu materi yang akan kamu pelajari ada tenses. Banyak pemula yang merasa bingung untuk menghafal 16 tenses. Banyak kesulitan karena belum terbiasa.  Bagaimana cara menghafal tenses dengan baik? Sebenarnya sederhana, ini ulasannya.

Baca Juga:

5 Tenses yang Sering Digunakan

Pengertian Tenses

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghafal 16 tenses, kamu bisa memahami terlebih dahulu arti dari tenses. Jadi tenses merupakan tata bahasa atau grammar yang memiliki arti waktu.

Dapat dikatakan bahwa pengertian tenses merupakan waktu yang akan digunakan untuk menyatakan sebuah peristiwa maupun kejadian baik dari masa lalu masa sekarang dan masa mendatang. Mempelajari tenses akan lebih mudah jika kamu bergabung dengan ICAN English dan tergabung dalam kursus bahasa Inggris intensif yang rutin bersama tutor berpengalaman.

Dengan memahami hal tersebut akan lebih mudah bagi kamu untuk menghafal tenses dengan baik. 

Tips Menghafal Tenses

Tips menghafalkan Sebenarnya cukup sederhana, asalkan kamu memahami rumus yang akan digunakan. Selain memahami rumus kamu juga harus mengingat waktu yang seharusnya. Misalnya, kamu harus paham peristiwa yang terjadi di masa sekarang akan menggunakan tenses jenis apa. 

Nah, berikut cara menghafal tenses.

Simple Present  Tense

Simple Present Tense merupakan jenis tenses yang sering digunakan pada kalimat secara umum maupun percakapan bahasa Inggris. Tenses tersebut dapat digunakan untuk kejadian yang sedang berlangsung. Cara menghafalnya dengan mengingat “kejadian saat ini” dan rumus “Subject + Verb1”.

Simple Past Tense

Simple past tense digunakan untuk kata lampau yang menyatakan kejadian atau peristiwa di masa lalu. Cara menghafalnya dengan mengingat bahwa tenses ini digunakan pada masa lalu dengan rumus “Subject + Verb2”.

Simple Future  Tense

Simple Future Tense digunakan untuk masa yang akan datang atau belum terjadi. Tense ini bisa dikatakan dengan in the future, next month, a weeks later, dan masih banyak lagi lainnya. Cara menghafalnya dengan mengingat waktu masa depan dan rumus “subject + will/ be going to + verb”.

Present Continuous Tense

Selanjutnya ada Present Continuous Tense untuk kejadian yang berlangsung atau kejadian yang akan direncanakan di masa depan. Rumusnya adalah “subject + am/is/are + verb-ing”.

Present Perfect Tense

Selanjutnya ada Present Perfect Tense untuk kejadian yang berlangsung sejak lampau sampai sekarang. Rumusnya “subject + has/have + verb 3”.

Baca Juga:

Materi Tentang Simple Present Tense

Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense untuk menjabarkan kejadian masa lalu sampai saat ini. Rumuskan menggunakan “subject + has or have + been +  verb-ing”

Cara sederhana untuk menghafalkan tense sebenarnya hanya perlu mengingat waktu yang digunakan dan rumusnya. Jika kamu sudah memahami hal tersebut maka akan lebih mudah untuk menggunakan tenses dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari. 

Baca Juga:

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL conditional sentence. Penggunaan conditional sentence adalah keinginan atau ketika kamu ingin berandai-andai seakan-akan sesuatu mungkin dapat terjadi. Conditional sentence juga...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara umum, sesuatu yang terjadi secara berulang, atau sebuah fakta umum. Jika kamu ingin fasih berbahasa Inggris sehari-hari, materi simple present tense adalah salah satu hal...

Contoh Paragraf Past Tense

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami kegunaan tenses tersebut. Dalam kalimat past tense, kamu dapat menggunakan kata kerja kedua. Kata kerja ini dikenal dengan sebutan past simple atau verb 2. Penggunaannya...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara...

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film...

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game

Games adalah cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Permainan juga menjadi cara terbaik...