ICAN English

Beranda » Blog » 5 Cara Mudah untuk Menguasai Grammar Bahasa Inggris

5 Cara Mudah untuk Menguasai Grammar Bahasa Inggris

Cara mudah menguasai Grammar bahasa Inggris bisa menjawab keluhan para pelajar terutama pemula yang ingin belajar bahasa Inggris. Grammar merupakan tata bahasa dengan total 16 tenses sebagai formula yang harus kamu ketahui ketika ingin belajar struktur kalimat secara tepat.

Semua jenis tenses punya pola berbeda sehingga tidak akan mudah untuk menghafal dan terkadang membuat kamu bingung mencari perbedaan pada masing-masing nya. Agar bisa terampil dalam berbahasa Inggris termasuk belajar grammar maka diperlukan waktu. Latihan dan belajar lebih sering merupakan langkah pertama supaya kamu bisa menguasai grammar.

Tips Menguasai Grammar Bahasa Inggris Cepat Dan Mudah

Sebagai pemula, sangat penting mempelajari cara mudah menguasai grammar bahasa Inggris sebagaimana berikut:

1. Belajar struktur kalimat

Terdapat 16 tenses kalimat bahasa Inggris yang tentu saja tidak mudah. Akan tetapi 16 tenses tersebut bukanlah hal baru karena kamu sudah mempelajari nya pada bangku sekolah. Apabila kamu berkomitmen untuk belajar grammar, maka kamu wajib membuka kembali materi 16 tenses tersebut.

2. Part of speech

Bagian yang tak kalah penting dalam belajar grammar adalah part of speech yang dibagi dalam 8 jenis. Seluruh bagian part of speech adalah pronoun atau kata ganti, noun atau kata benda, verb atau kata kerja, adjective atau kata sifat, adverb atau kata keterangan, determiner atau kata sandang, preposition atau kata depan, juga conjunction atau kata penghubung.

Seluruh jenis part of speech tersebut sudah kamu pelajari dan kini waktunya untuk menyegarkan kembali ingatan kamu terkait materi tersebut. Apabila sudah kamu pelajari waktunya untuk mengubah kebiasaan supaya bisa menerapkan 16 tenses dan part of speech sebagai cara mudah menguasai grammar bahasa Inggris.

3. Banyak baca

Rajin baca bacaan bahasa Inggris sangat membantu untuk meningkatkan vocabulary termasuk mempelajari struktur kalimat. Tidak perlu bacaan yang sulit, kamu bisa memulai dari bacaan yang menyenangkan seperti short text, mini story, komik, novel, dan secara bertahap pindah pada bacaan yang lebih kompleks seperti jurnal.

4. Belajar dari film

Apabila kamu senang menonton film melalui streaming channel kamu juga bisa belajar bahasa Inggris melalui subtitle. Subtitle bahasa Inggris sangat penting karena kamu bisa melihat langsung struktur kalimat sekaligus belajar tata bahasa.

5. Latihan menulis

Cara efektif selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan grammar adalah dengan belajar menulis. Mulailah dengan membuat caption di Instagram dalam bahasa Inggris maupun WhatsApp dan media sosial lainnya. Atau kamu juga bisa ikuti halaman yang menyediakan pembahasan grammar bahasa Inggris. Tingkatkan kemampuan menulis melalui writing challenge dengan pembahasan dan jangka waktu yang sudah kamu tentukan.

Tidak masalah apabila kamu merasa bahwa belajar grammar itu susah karena kamu juga bisa latihan bersama tutor profesional secara efektif dengan kursus bahasa Inggris di ICAN English.

Mengapa Menguasai Grammar Itu Penting?

Menguasai grammar bahasa Inggris adalah hal penting. Tanpa adanya penguasaan grammar yang baik, justru bisa membuat komunikasi jadi berantakan. Grammar bisa kamu kuasai membantu supaya kamu bisa memaparkan gagasan pada halayak dengan bahasa yang benar.

Selain itu, menulis dan berbicara sesuai gramatikal membantu meningkatkan kredibilitas personal. Jika dalam dunia pekerjaan kamu menjadi salah satu individu unggul karena mempunyai reputasi bahasa Inggris di atas rata-rata. Seperti yang kamu ketahui, grammar adalah salah satu bagian dari bahasa Inggris yang tidak dapat dipisahkan.

Bahkan kebutuhan grammar merupakan langkah dasar yang wajib kamu kuasai apabila ingin fasih menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga:

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL conditional sentence. Penggunaan conditional sentence adalah keinginan atau ketika kamu ingin berandai-andai seakan-akan sesuatu mungkin dapat terjadi. Conditional sentence juga...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara umum, sesuatu yang terjadi secara berulang, atau sebuah fakta umum. Jika kamu ingin fasih berbahasa Inggris sehari-hari, materi simple present tense adalah salah satu hal...

Contoh Paragraf Past Tense

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami kegunaan tenses tersebut. Dalam kalimat past tense, kamu dapat menggunakan kata kerja kedua. Kata kerja ini dikenal dengan sebutan past simple atau verb 2. Penggunaannya...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara...

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film...

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game

Games adalah cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Permainan juga menjadi cara terbaik...