ICAN English

Beranda » Blog » Contoh Paragraf Past Tense

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami kegunaan tenses tersebut. Dalam kalimat past tense, kamu dapat menggunakan kata kerja kedua.

Kata kerja ini dikenal dengan sebutan past simple atau verb 2. Penggunaannya sangat berbeda dengan simple present tense dengan menggunakan kata kerja pertama.

Paragraf Past Tense

Agar kamu lebih paham dalam mempelajari kalimat past tense, bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English akan memudahkan proses belajar kamu. Berikut contoh kalimat past tense yang bisa kamu pelajari.

Baca Juga:

Materi Tentang Simple Present Tense

Contoh Paragraf Pertama

Last week, I went to Switzerland with my family. We went by airplane and stayed for seven days. The weather was very cold, because it was winter. I wore a black overcoat and a pair of boots. We also played and danced in the snow.

Tahun lalu, Aku pergi ke Switzerland bersama keluarga. Kami menuju kesana dengan naik pesawat dan tinggal selama tujuh hari. Cuaca kala itu sangat dingin karena musim dingin. Aku mengenakan jaket hitam dan sepasang sepatu boot. Kami juga bermain dan berdansa di salju.

Contoh Paragraf Kedua

My name is Jim. When I was ten, I lived in South Korea. One day, I walked along a street. Suddenly, a flower pot fell on my head. The pot fell from an upstairs window.

I saw a man at the window. I ran home and told my father and he was upset. We went to the house and a man came to the door. He said sorry since his cat did it.

Namaku Jim. Ketika aku berumur 10 tahun, aku tinggal di Korea Selatan. Suatu hari, aku berjalan di sebuah jalan. Tiba-tiba, sebuah pot bunga jatuh tepat di atas kepalaku. Pot tersebut terjatuh dari jendela lantai atas rumah.

Aku melihat seorang laki-laki pada jendela tersebut. Aku berlari pulang dan mengadukan hal tersebut kepada ayah, dan ayah sangat marah. Kami pergi ke rumah tersebut dan seorang laki-laki menghampiri kami. Ia meminta maaf karena kucingnya yang melakukannya.

Baca Juga:

Pola Kalimat Simple Past Tense

Cara Membuat Paragraf Past Tense

Sekarang kamu sudah melihat dan memahami contoh paragraf past tense. ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui supaya membuat paragraf past tense jadi lebih mudah sebagaimana berikut:

1. Jika simple present tense menggunakan kata kerja pertama, maka untuk menulis paragraf past tense kamu membutuhkan verb kedua. berikut adalah beberapa contoh perbedaan antara simple present tense dan past tense dalam hal verb:

I learn – Present tense

I learned – Past tense

Amanda drives – Present tense

Amanda drove – Past simple

Dalam perubahan kata kerja, kamu juga wajib tahu terdapat dua kategori kata kerja yaitu regular verbs atau kata kerja beraturan, dan irregular verb yaitu kata kerja tidak beraturan. Dari contoh di atas, contoh kata kerja beraturan yaitu apabila diikuti dengan tambahan “d” atau “ed” pada huruf terakhir “learn”, sehingga menjadi “learned”.

Pada contoh kata kedua, yaitu “drive” menjadi “drove” merupakan contoh kata kerja tidak beraturan atau irregular verbs. 

2. Dalam suatu kalimat selalu ada keterangan waktu dan dalam kalimat past tense, terdapat contoh seperti berikut: last year, two weeks ago, last morning, three days ago, two minutes ago, last month, dan lainnya.

Itulah pembahasan lengkap tentang contoh paragraf past tense. Kamu juga bisa menggunakan tips bagaimana membuat kalimat past tense hingga menjadi paragraf.

Baca Juga:

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL conditional sentence. Penggunaan conditional sentence adalah keinginan atau ketika kamu ingin berandai-andai seakan-akan sesuatu mungkin dapat terjadi. Conditional sentence juga...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara umum, sesuatu yang terjadi secara berulang, atau sebuah fakta umum. Jika kamu ingin fasih berbahasa Inggris sehari-hari, materi simple present tense adalah salah satu hal...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film populer yang bisa ditonton oleh beragam usia. Tak ketinggalan lagu-lagu dalam filmnya yang melengkapi alur cerita film tersebut. Selain dapat menikmatinya, lagu Disney untuk...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film...

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game

Games adalah cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Permainan juga menjadi cara terbaik...

Contoh Pertanyaan Menggunakan Does

Contoh pertanyaan menggunakan does dan do biasanya disebut sebagai Yes No Question dengan...