Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
gaya hidup mahasiswa internasional di malaysia

Gaya Hidup Mahasiswa Internasional di Malaysia

Beranda / Bacaan Umum / Gaya Hidup Mahasiswa Internasional di Malaysia

Saat berkuliah di luar negeri, secara tidak langsung kamu akan beradaptasi juga dengan gaya hidup di negara tersebut. Misalnya saja jika berkuliah di Malaysia. Maka, kamu pun harus beradaptasi dengan gaya hidup di Malaysia. Karena tentunya, kamu akan tinggal cukup lama di negara ini sampai menyelesaikan kuliah. Sehingga, harus pandai menyesuaikan diri.

Malaysia berada tidak begitu jauh dari Indonesia. Itulah mengapa, gaya hidup di Malaysia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun, tetaplah harus mempelajari gaya hidup di negara ini jika akan berkuliah di sini. Karena tentunya akan terdapat budaya atau kehidupan masyarakat baru yang sebelumnya tidak pernah diketahui.

Gaya Hidup di Malaysia untuk Mahasiswa Internasional

Saat memutuskan berkuliah di Malaysia, tidak ada salahnya mencari tahu bagaimana gaya hidup mahasiswa internasional di negara ini. Dengan begitu, kamu tidak akan terkejut ketika pertama berkuliah di negara ini. Selain itu, kamu tidak akan terlalu lama pula untuk beradaptasi di negara Malaysia.

Untuk mengetahui lebih banyak seputar perkuliahan di Malaysia, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah ke luar negeri di ICAN Education Consultant. Sebagai agen profesional, kamu bisa melakukan konsultasi jika ingin berkuliah ke luar negeri. Sehingga, persiapan kamu dapat lebih matang.

Inilah beberapa gaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa internasional.

Tugas-Tugas Kuliah di Universitas Malaysia

Tujuan utama datang ke negara ini adalah untuk berkuliah. Oleh sebab itu, gaya hidup apapun yang dilakukan oleh mahasiswa internasional. Fokus utamanya tetap pada tugas kuliah. Secara umum, ketika pertama masuk kuliah di Malaysia biasanya langsung diberikan tugas. Tugasnya berupa menulis essay secara individu dan kelompok. Tugasnya tidak langsung dikumpulkan.

Karena akan diberikan deadline sampai sebelum ujian akhir semester. Namun, agar tidak kerepotan ketika menjelang ujian akhir semester. Sebaiknya, kerjakan tugas essay itu mencicil dari jauh-jauh hari. Menjelang ujian akhir semester pun biasanya akan banyak diberikan tugas. Tidak jarang, banyak mahasiswa yang menginap di student lounge untuk menyelesaikan tugas.

Jalan-Jalan Saat Liburan Tiba

Bukan hanya fokus kuliah saja, gaya hidup di Malaysia untuk mahasiswa internasional pun diisi dengan hiburan. Tentunya, hiburan ini dilakukan tanpa harus meninggalkan kewajiban di dunia perkuliahan. Mahasiswa internasional biasanya akan melakukan liburan atau travelling ketika selesai ujian akhir semester. Karena biasanya akan diberikan waktu untuk libur.

Banyak tempat di Malaysia yang bisa dikunjungi. Misalnya adalah Sky Bridge yang berada di pulau Langkawi, George Town di Penang, atau bisa juga mengunjungi Petronas Twin Tower. Mahasiswa Indonesia pun banyak yang tidak pulang kampung ketika liburan. Sehingga, lebih memilih untuk melakukan travelling. Karena biayanya tidak semahal pulang ke Indonesia.

Makanan di Malaysia

Mahasiswa internasional sebenarnya tidak perlu khawatir tentang makanan yang disediakan di Malaysia. Pasalnya, masakan di Malaysia tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Bahkan, banyak juga masakan Indonesia yang tersedia di negara ini. Selain itu, tentunya akan banyak pula tersedia makanan halal. Mengingat mayoritas agama di negara Malaysia adalah Islam.

Banyak makanan yang rasa dan bentuknya mirip dengan Indonesia. Misalnya saja untuk nasi lemak yang bentuknya hampir mirip dengan nasi uduk di Indonesia. Selain itu, biaya makanan di Malaysia pun terhitung murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 3 sampai 7 RM untuk makan. Dalam rupiah, biayanya menjadi Rp. 10.000 sampai Rp. 23.000.

Baca Juga: Akreditasi Universitas di Malaysia

Part Time Selama Kuliah di Malaysia

Gaya hidup di Malaysia yang banyak dilakukan oleh mahasiswa internasional adalah bekerja secara part time. Tentunya, banyak mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Mengingat, mahasiswa internasional berada jauh dari orangtua. Sehingga, harus belajar mandiri untuk menghasilkan uang. Salah satu opsinya adalah melakukan part time.

Di Malaysia, banyak tempat makan atau restoran yang menyediakan part time untuk mahasiswa internasional. Biasanya, mahasiswa internasional akan diberikan jatah kerja selama 20 jam per minggu untuk part time. Penghasilan yang didapatkan pun lumayan. Selain itu, kamu pun bisa mengasah soft skill dan pengalaman dengan melakukan part time ini.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan