Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
info kuliah di jepang

Info Kuliah di Jepang

Beranda / Perkuliahan / Info Kuliah di Jepang

Info kuliah di Jepang wajib didapatkan oleh para pelajar yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Negara Sakura tersebut. Jepang adalah salah satu negara yang saat ini banyak dipilih oleh mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi. 

Salah satu alasannya karena Jepang memiliki sistem pendidikan yang baik dan berkualitas dunia. Hal tersebut tentu membuat persaingan masuk kampus di Jepang cukup ketat. Kamu harus mencari informasi dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum akhirnya daftar di salah satu perguruan tinggi tersebut.

Kenapa Memilih Kuliah di Jepang?

Kenapa banyak pelajar Indonesia yang belakangan ini semakin tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang? Jadi memutuskan belajar di Jepang bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman luar biasa. Apalagi jika kamu berniat untuk mendapatkan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, keuangan, maupun desain industri. 

Jepang termasuk salah satu negara yang memiliki teknologi maju di dunia dan sudah banyak diakui. Bahkan Jepang menjadi rumah dari berbagai macam perusahaan teknologi terbaik seperti Nintendo dan Toyota yang saat ini memimpin dunia dalam penelitian ilmiah serta teknologi.

Belum lagi pertukaran saham serta Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang juga termasuk unggul di dunia, bahkan berpotensi agresif. Dengan negara yang maju dan unggul, tidak heran jika banyak mahasiswa internasional yang memiliki kesempatan belajar atau mengasah kemampuan agar lebih terampil dan matang.

Kamu bisa memilih program studi yang diinginkan melalui kampus terbaik di Jepang. Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, ICAN Education Consultant hadir membantu kamu sebagai agen pendidikan luar negeri dengan berbagai macam solusi agar kamu bisa diterima di salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jepang. Tertarik bergabung?

Baca juga : Jurusan Kuliah Populer di Jepang

Cara Mudah Agar Bisa Diterima Kuliah di Jepang

Ada berbagai macam persyaratan yang harus kamu penuhi jika tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang. Disamping beberapa persyaratan tersebut, ada beberapa cara lain yang harus dilakukan, misalnya seperti berikut;

Menguasai Bahasa Jepang

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan menguasai bahasa Jepang terlebih dahulu. Syarat ini sering dijadikan sebagai salah satu hal utama dan harus dipenuhi apabila tertarik untuk diterima di salah satu perguruan tinggi di Jepang. Hal ini dikarenakan masih banyak perguruan tinggi di Jepang yang perkuliahan menggunakan bahasa Ibu mereka.

Jika kamu sudah mampu menguasai bahasa Jepang, maka hal tersebut bisa menjadi keuntungan serta tinggal mempersiapkan berbagai macam syarat pendaftaran lainnya. 

Tetapi jika kamu belum mampu menguasai bahasa Jepang dengan baik, maka harus mempelajari terlebih dahulu. Ada juga beberapa perguruan tinggi di Jepang yang menyediakan kelas internasional dengan bahasa Inggris, namun persaingannya justru akan lebih ketat lagi. 

Memiliki Bukti Sertifikat Bahasa

Sebagai salah satu info kuliah di Jepang, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk memiliki bukti sertifikat bahasa. Tidak hanya memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik, tetapi kamu harus menguasai bahasa Inggris. 

Syarat tersebut khusus bagi kamu yang tertarik mengambil kelas internasional dimana proses pembelajaran menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki tentu harus dibuktikan dengan baik dengan adanya sertifikat bahasa Inggris, misalnya seperti IELTS, TOFEL-IBT, TOEIC, dan lain sebagainya.

Apabila belum memiliki sertifikat bahasa Inggris, cobalah untuk bergabung dengan kursus bahasa Inggris berkualitas bagus untuk mempersiapkan diri dan mengikuti tes terlebih dahulu. Cari informasi dengan baik Berapa skor yang dibutuhkan untuk bisa diterima di kampus tujuan. Persiapkan hal tersebut jauh-jauh hari jika ingin diterima kuliah di Jepang.

Memahami Jadwal Pendaftaran dengan Baik

Informasi pendaftaran juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sebagai calon mahasiswa, kamu harus memahami jadwal pendaftaran kampus tujuan. Biasanya jadwal pendaftaran dan ujian berbagai macam kampus memiliki hari yang berbeda. 

Penetapan tanggal ujian yang berbeda dikarenakan setiap perguruan tinggi harus mempersiapkan banyak hal. Jadi, kamu harus memantau jadwalnya terlebih dahulu. Kamu harus tahu bahwa ujian masuk perguruan tinggi akan berbeda jauh dengan jadwal tes ujian masuk nasional.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kuliah Di Jepang?

Mulai Siapkan CV dan Ijazah Kelulusan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu harus mempersiapkan berbagai macam persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar di salah satu kampus. Calon mahasiswa yang akan mendaftar di kampus Jepang harus membuat CV terlebih dahulu.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk memenuhi berbagai macam keperluan pengiriman proposal kepada Profesor di kampus tujuan. Kamu bisa mencoba untuk membuat CV yang menarik dan sebaik mungkin, caranya dengan mencari referensi di internet.

Selain mempersiapkan CV, kamu juga harus mempersiapkan ijazah kelulusan serta fotokopi ijazah kelulusan. Jangan lupa Semuanya harus sudah dilegalisir. Biasanya pihak kampus akan meminta translate dokumen sesuai dengan bahasa yang diinginkan, entah bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Kamu juga harus tahu informasi hal tersebut ya.

Baca Juga: Seputar Kuliah Desain Grafis di Jepang

Persiapan Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Selanjutnya persiapkan diri untuk mengikuti persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Calon mahasiswa asing memang harus mengikuti ujian masuk Universitas atau Examination for Japanese University (EJU).

Tes tersebut dilakukan untuk mendapatkan nilai kemampuan berbahasa Jepang serta kemampuan akademik dari calon mahasiswa internasional yang akan kuliah di Jepang. Hujan tersebut biasanya dilakukan secara serentak di Jepang dan di luar negeri.

Biasanya dalam kurun waktu 1 tahun akan diadakan 2 kali tes yaitu pada bulan Juni serta November. Kamu sebelum mengikuti ujian, diharapkan calon mahasiswa harus banyak belajar dan latihan untuk mengerjakan berbagai macam soal. Untuk latihan soal tes, kamu bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan ICAN Education Consultant, ya.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk diterima  kuliah di Jepang. Persyaratan yang disiapkan memang banyak, sehingga harus dilakukan jauh-jauh hari. Pastikan kamu mendapatkan info kuliah di Jepang yang akurat dan dari lembaga pendidikan luar negeri yang berkualitas agar valid ya. 

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan