Perkuliahan

Beranda » Blog » Durasi Jam Kuliah di Amerika Serikat

Durasi Jam Kuliah di Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki berbagai lembaga pendidikan di setiap jenjang termasuk kuliah. Pendidikan yang diberikan negara ini memiliki standar kualitas diakui secara global. Sehingga berbagai sudut dari segi pendidikan ataupun seputar kampus selalu menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya jam kuliah di Amerika kerap mencuri perhatian dunia.

Lama waktu kuliah menentukan SKS (Sistem Kredit Skor) yang didapatnya. SKS ini wajib untuk dicapai mahasiswa sebagai syarat kelulusan mendapatkan gelar sarjana dan pascasarjana. Pencapaian nilai SKS dapat ditempuh melalui pembelajaran selama kuliah. Selain itu, kehadiran selama mata kuliah juga menentukan SKS yang akan didapatkan.

Baca Juga: Rekomendasi Agen untuk Kuliah di Amerika

Jam Kuliah di Amerika

Jam kuliah di Amerika menyesuaikan dengan kebutuhan SKS yang harus dicapai mahasiswa. Kampus dari negara ini memiliki persyaratan yang kerap menimbulkan kesulitan. Sehingga diperlukan agen seperti ICAN Education Consultant untuk membantu memilih kampus. Selain itu agen juga membantu proses pendaftaran sampai pemberangkatan mudah.

Amerika menyediakan kampus swasta dan negeri dengan berbagai program studi yang dapat dipilih. Adapun jam kuliah di Amerika menyesuaikan dengan mata kuliah yang diambil. Selain itu, kampus ini juga memiliki berbagai keunggulan yang didapatkan mahasiswa apabila kuliah di sini. Untuk itu simak bahasan di bawah ini seputar kampus di Amerika.

1. Waktu Pembelajaran Kuliah

Jam kuliah di Amerika berpengaruh terhadap jumlah SKS yang akan didapatkan mahasiswa. Kampus di negara ini memberikan ketentuan gelar sarjana agar memiliki SKS sebanyak 120 sampai 130. Mahasiswa memiliki kebebasan memilih 5 mata kuliah untuk mencapai SKS. Setiap mata kuliah ini memiliki 3 SKS satu semester setara 43-45 jam.

Gelar master perlu pencapaian SKS sebanyak 30 sampai 64. Adapun beberapa kampus di Amerika yang memiliki 3 semester setiap tahun untuk SKS 180. Banyaknya SKS ini dapat terpenuhi apabila mengikuti pembelajaran tanpa bolos. Sebab kehadiran, tugas, dan ujian harus dipenuhi mahasiswa.

2. Pilihan Kampus Terbaik Amerika

Amerika Serikat memiliki berbagai kampus swasta dan negeri dengan predikat top global. Jam kuliah di Amerika disesuaikan dengan kampus dan program studi. Pasalnya, terdapat kampus yang menerapkan Quarter Credit untuk mencapai SKS 180. Pencapaian kredit skor ini sebagai kewajiban untuk mendapatkan gelar sarjana setelah pendidikan selama 3 tahun.

Stanford University merupakan salah satu kampus swasta top Amerika Serikat yang kerap menduduki peringkat terbaik. Disusul dengan Harvard University sebagai tujuan pendidikan berbagai mahasiswa negara lain. Yale University juga menjadi kampus swasta favorit. Selain itu terdapat kampus negeri seperti University of California menyandang status terbaik.

3. Sistem Pendidikan yang Diberikan

Sistem pendidikan Amerika memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan negara lain. Menurut standar pendidikan yang dimiliki, negara ini membagi dua kategori mulainya pembelajaran. Dua kategori ini yaitu fall semester yang artinya pembelajaran dilakukan akhir bulan Agustus sebagai awal kehidupan kampus.

Sedangkan kategori spring semester pembelajaran dimulai pada awal bulan Februari. Keunggulan sistem pendidikan negara tersebut diakui secara global melalui World Population Review dengan menempati posisi pertama. Posisi ini membuktikan standar sistem pendidikan yang diberikan selalu berkualitas tinggi. Demikian Amerika memberikan pendidikan terbaik.

4. Biaya yang Dikeluarkan

Biaya pendidikan memiliki variasi yang berbeda sesuai dengan pilihan kampus dan program studi. Kebutuhan mahasiswa yang berbeda menyebabkan pengeluaran biaya beragam. Termasuk biaya hidup dan kuliah yang memiliki nominal naik turun. Hal ini didukung dengan lingkungan sekitar tempat tinggal ataupun kampus.

Pengeluaran biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa berkisar Rp.400.000.000 per tahun untuk kampus negeri. Sedangkan kampus swasta memiliki nominal biaya sebesar Rp.700.000.000 setiap tahun. Biaya ini dapat berkurang dengan beasiswa ataupun bekerja paruh waktu. Biaya hidup memerlukan pengeluaran sebesar Rp.300.000.000 setiap tahun.

5. Akomodasi dan Beasiswa

Kampus di Amerika menyediakan akomodasi untuk mahasiswa. Akomodasi ini dapat berupa bantuan tempat tinggal dengan biaya sewa lebih murah. Pasalnya kamu dapat berkesempatan menempati kamar dengan orang lain. Ditambah fasilitas makan yang disediakan kampus bagi mahasiswa agar meringankan pengeluaran biaya dengan nominal tidak sedikit.

Amerika memberikan berbagai full beasiswa seperti fulbright scholarship untuk mahasiswa pascasarjana. Selain itu terdapat global award yaitu kesempatan pertukaran pelajar selama satu semester untuk jenjang sarjana. Beasiswa ini menjadi bantuan bagi mahasiswa untuk mengurangi pengeluaran biaya kuliah.

Baca Juga: Berapa Lama Durasi Kuliah di Amerika

6. Kesempatan Bekerja Selama Kuliah

Bekerja sampingan dapat mengurangi pengeluaran biaya kuliah. Kampus Amerika memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja selama menempuh pendidikan. Mahasiswa tahun pertama dengan visa yang dimilikinya memiliki kesempatan bekerja di kampus selama 20 jam setiap minggu dengan gaji disesuaikan pekerjaan.

Berbagai lowongan disediakan agar mahasiswa tidak kesulitan mencari pekerjaan. Namun, setelah melewati tahun pertama mahasiswa diberikan kesempatan bekerja di luar kampus dengan lowongan pekerjaan lebih banyak. Tentunya dengan ketentuan jam kerja disesuaikan kampus agar tidak mengganggu waktu pembelajaran.

Baca Juga:

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

University of Wollongong Australia tuition fees atau biaya kuliah bagi mahasiswa internasionalnya sesuai Kode Praktik Nasional untuk Penyedia Pendidikan dan Pelatihan Mahasiswa Luar Negeri tahun 2018, dibawah Layanan Pendidikan Luar Negeri (ESOS) Act 2000. Mahasiswa...

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Membaca ulasan University of Wollongong (review) adalah salah satu cara untuk mengenal lembaga lebih akrab sebelum memutuskan untuk kuliah. Universitas ini terbilang masih muda, dinamis, dan inovatif. UOW juga telah menjadi tolok ukur bagi universitas generasi baru di...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Berapa Biaya Pendaftaran (Application Fee) di University of Wollongong

Sebagai mahasiswa internasional, salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk kuliah di...

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

University of Wollongong Australia tuition fees atau biaya kuliah bagi mahasiswa internasionalnya...

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Membaca ulasan University of Wollongong (review) adalah salah satu cara untuk mengenal lembaga...

Mengupas Perkuliahan di Victoria University Jurusan Sports Science

Victoria University Sports Science jadi pilihan tepat jika kamu tertarik dengan ilmu pengetahuan...

Apa Saja Daftar Pilihan Courses di Victoria University

Victoria University menawarkan berbagai kursus atau courses kelas dunia untuk siswa internasional,...