Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
durasi jam kuliah di amerika serikat

Durasi Jam Kuliah di Amerika Serikat

Beranda / Perkuliahan / Durasi Jam Kuliah di Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki berbagai lembaga pendidikan di setiap jenjang termasuk kuliah. Pendidikan yang diberikan negara ini memiliki standar kualitas diakui secara global. Sehingga berbagai sudut dari segi pendidikan ataupun seputar kampus selalu menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya jam kuliah di Amerika kerap mencuri perhatian dunia.

Lama waktu kuliah menentukan SKS (Sistem Kredit Skor) yang didapatnya. SKS ini wajib untuk dicapai mahasiswa sebagai syarat kelulusan mendapatkan gelar sarjana dan pascasarjana. Pencapaian nilai SKS dapat ditempuh melalui pembelajaran selama kuliah. Selain itu, kehadiran selama mata kuliah juga menentukan SKS yang akan didapatkan.

Jam Kuliah di Amerika

Jam kuliah di Amerika menyesuaikan dengan kebutuhan SKS yang harus dicapai mahasiswa. Kampus dari negara ini memiliki persyaratan yang kerap menimbulkan kesulitan. Sehingga diperlukan agen seperti ICAN Education Consultant untuk membantu memilih kampus. Selain itu agen juga membantu proses pendaftaran sampai pemberangkatan mudah.

Amerika menyediakan kampus swasta dan negeri dengan berbagai program studi yang dapat dipilih. Adapun jam kuliah di Amerika menyesuaikan dengan mata kuliah yang diambil. Selain itu, kampus ini juga memiliki berbagai keunggulan yang didapatkan mahasiswa apabila kuliah di sini. Untuk itu simak bahasan di bawah ini seputar kampus di Amerika.

Baca juga :
Kegunaan Paspor Pelajar Amerika Serikat

Waktu Pembelajaran Kuliah

Jam kuliah di Amerika berpengaruh terhadap jumlah SKS yang akan didapatkan mahasiswa. Kampus di negara ini memberikan ketentuan gelar sarjana agar memiliki SKS sebanyak 120 sampai 130. Mahasiswa memiliki kebebasan memilih 5 mata kuliah untuk mencapai SKS. Setiap mata kuliah ini memiliki 3 SKS satu semester setara 43-45 jam.

Gelar master perlu pencapaian SKS sebanyak 30 sampai 64. Adapun beberapa kampus di Amerika yang memiliki 3 semester setiap tahun untuk SKS 180. Banyaknya SKS ini dapat terpenuhi apabila mengikuti pembelajaran tanpa bolos. Sebab kehadiran, tugas, dan ujian harus dipenuhi mahasiswa.

Amerika Serikat memiliki berbagai kampus swasta dan negeri dengan predikat top global. Jam kuliah di Amerika disesuaikan dengan kampus dan program studi. Pasalnya, terdapat kampus yang menerapkan Quarter Credit untuk mencapai SKS 180. Pencapaian kredit skor ini sebagai kewajiban untuk mendapatkan gelar sarjana setelah pendidikan selama 3 tahun.

Stanford University merupakan salah satu kampus swasta top Amerika Serikat yang kerap menduduki peringkat terbaik. Disusul dengan Harvard University sebagai tujuan pendidikan berbagai mahasiswa negara lain. Yale University juga menjadi kampus swasta favorit. Selain itu terdapat kampus negeri seperti University of California menyandang status terbaik.

Seputar Perkuliahan di Amerika Serikat

Sistem pendidikan Amerika memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan negara lain. Menurut standar pendidikan yang dimiliki, negara ini membagi dua kategori mulainya pembelajaran. Dua kategori ini yaitu fall semester yang artinya pembelajaran dilakukan akhir bulan Agustus sebagai awal kehidupan kampus.

Sedangkan kategori spring semester pembelajaran dimulai pada awal bulan Februari. Keunggulan sistem pendidikan negara tersebut diakui secara global melalui World Population Review dengan menempati posisi pertama. Posisi ini membuktikan standar sistem pendidikan yang diberikan selalu berkualitas tinggi. Demikian Amerika memberikan pendidikan terbaik.

Biaya yang Dikeluarkan

Biaya pendidikan memiliki variasi yang berbeda sesuai dengan pilihan kampus dan program studi. Kebutuhan mahasiswa yang berbeda menyebabkan pengeluaran biaya beragam. Termasuk biaya hidup dan kuliah yang memiliki nominal naik turun. Hal ini didukung dengan lingkungan sekitar tempat tinggal ataupun kampus.

Pengeluaran biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa berkisar Rp.400.000.000 per tahun untuk kampus negeri. Sedangkan kampus swasta memiliki nominal biaya sebesar Rp.700.000.000 setiap tahun. Biaya ini dapat berkurang dengan beasiswa ataupun bekerja paruh waktu. Biaya hidup memerlukan pengeluaran sebesar Rp.300.000.000 setiap tahun.

Akomodasi dan Beasiswa

Kampus di Amerika menyediakan akomodasi untuk mahasiswa. Akomodasi ini dapat berupa bantuan tempat tinggal dengan biaya sewa lebih murah. Pasalnya kamu dapat berkesempatan menempati kamar dengan orang lain. Ditambah fasilitas makan yang disediakan kampus bagi mahasiswa agar meringankan pengeluaran biaya dengan nominal tidak sedikit.

Amerika memberikan berbagai full beasiswa seperti fulbright scholarship untuk mahasiswa pascasarjana. Selain itu terdapat global award yaitu kesempatan pertukaran pelajar selama satu semester untuk jenjang sarjana. Beasiswa ini menjadi bantuan bagi mahasiswa untuk mengurangi pengeluaran biaya kuliah.

Baca Juga:
Berapa Lama Durasi Kuliah di Amerika

Kesempatan Bekerja Selama Kuliah

Bekerja sampingan dapat mengurangi pengeluaran biaya kuliah. Kampus Amerika memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja selama menempuh pendidikan. Mahasiswa tahun pertama dengan visa yang dimilikinya memiliki kesempatan bekerja di kampus selama 20 jam setiap minggu dengan gaji disesuaikan pekerjaan.

Berbagai lowongan disediakan agar mahasiswa tidak kesulitan mencari pekerjaan. Namun, setelah melewati tahun pertama mahasiswa diberikan kesempatan bekerja di luar kampus dengan lowongan pekerjaan lebih banyak. Tentunya dengan ketentuan jam kerja disesuaikan kampus agar tidak mengganggu waktu pembelajaran.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan