Lainnya

Beranda » Blog » Jenis Visa Amerika yang Perlu Kamu Tahu

Jenis Visa Amerika yang Perlu Kamu Tahu

Amerika Serikat menyambut siswa internasional yang datang ke Amerika untuk belajar. Sebelum mengajukan permohonan visa, semua pemohon harus diterima dan disetujui oleh sekolah atau program tujuan. Ada beberapa jenis visa Amerika yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan kuliah.

Kamu harus memiliki visa pelajar untuk kuliah di Amerika. Program studi kamu dan jenis sekolah yang kamu tuju akan menentukan apakah kamu membutuhkan Visa F atau Visa M.

Baca Juga: Tips Sukses untuk Kuliah Sambil Kerja di Amerika

Jenis Visa Amerika untuk Pelajar

Warga negara asing tidak boleh belajar di negara ini dengan menggunakan visa pengunjung (B) atau melalui Visa Waiver Program (VWP), kecuali untuk melakukan studi rekreasi (non-kredit) sebagai bagian dari kunjungan wisata.

Nah, untuk para pelajar internasional yang akan kuliah di universitas Amerika, berikut beberapa jenis visa yang mungkin kamu butuhkan.

F-1 Visa

Ini adalah jenis visa pelajar yang paling umum. Jika kamu akan melakukan studi akademis di Amerika, khususnya di perguruan tinggi atau universitas yang terakreditasi,  sekolah menengah swasta, atau program bahasa Inggris yang disetujui, maka kamu memerlukan visa F-1.

Kamu juga akan memerlukan visa jenis ini jika program studi kamu lebih dari 18 jam seminggu. Visa pelajar F-1 adalah visa non-imigran yang memungkinkan pelajar internasional untuk masuk ke AS dan belajar di institusi yang disertifikasi oleh Student and Exchange Visitor Program (SEVP).

Kamu hanya dapat mengajukan permohonan visa F-1 setelah lembaga AS yang terakreditasi menerima aplikasi yang kamu kirimkan. Sebagai siswa F-1, durasi masa tinggal kamu akan bervariasi berdasarkan program di mana kamu mendaftar.

Formulir I-20 yang disediakan oleh universitas tujuan akan mencantumkan tanggal kedaluwarsa program. Kamu harus mendapatkan gelar sebelum tanggal kedaluwarsa yang tercantum, dan ini akan memberikan garis besar tentang berapa lama kamu dapat tinggal di AS.

M-1 Visa

Jika kamu berencana untuk terlibat dalam studi atau pelatihan non-akademik atau kejuruan di lembaga AS, maka kamu memerlukan visa M-1. Jika kamu menggunakan visa jenis ini, kamu tidak diijinkan untuk bekerja selama masa studi. Namun, setelah studi kamu selesai, kamu bisa bekerja penuh waktu dalam lingkungan pelatihan praktis.

Untuk setiap 4 bulan studi, siswa dengan visa M-1 diizinkan melakukan pelatihan praktis selama 1 bulan. Ada maksimal 6 bulan. Untuk melakukan ini, kamu harus mengajukan permohonan izin dari Designated School Officer’s serta perpanjangan visa untuk periode pelatihan.

Baca Juga: Culture Shock Kuliah di Amerika, Seperti Apa?

Proses Pengajuan Visa Pelajar Amerika

Ada beberapa langkah untuk mengajukan visa yang perlu kamu lakukan. Untuk proses yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan layanan ICAN Education Consultant. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami memiliki tim yang dapat membantu kamu mengajukan visa, sehingga kamu bisa lebih fokus dengan syarat perkuliahan yang lain.

Jika mendaftar secara online, kamu perlu melengkapi aplikasi visa dan mencetaknya untuk dibawa ketika wawancara. Kamu juga perlu mengunggah foto ketika mengisi formulir DS-160 online. Foto kamu harus dalam format yang ditentukan.

Kamu harus menjadwalkan janji temu untuk wawancara visa di Kedutaan Besar atau Konsulat AS di negara tempat kamu tinggal. Waktu tunggu untuk janji wawancara bervariasi menurut lokasi, musim, dan kategori visa, jadi kamu harus mengajukan permohonan visa lebih awal.

Visa pelajar (F dan M) untuk pelajar baru dapat diterbitkan hingga 120 hari sebelum tanggal mulai program studi. Namun, kamu tidak akan diizinkan memasuki Amerika Serikat dengan visa pelajar lebih dari 30 hari sebelum tanggal mulai.

Baca Juga:

Pilihan Konsultan Kuliah Luar Negeri di Sunter

Pilihan Konsultan Kuliah Luar Negeri di Sunter

Agen pendidikan bertindak sebagai penasihat dan memainkan peran penting dalam membantu kamu masuk ke institusi tujuan. Tim agen pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung siswa. Konsultan kuliah di Sunter bisa jadi pilihan untuk kamu yang akan...

Agen Kuliah Luar Negeri di Semarang

Agen Kuliah Luar Negeri di Semarang

Kuliah di luar negeri adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan sosial, akademik dan bahasa. Untuk itu, banyak mahasiswa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negara asalnya. Agen kuliah luar negeri di Semarang bisa jadi pilihan agar kamu bisa...

Pilihan Agen Kuliah Luar Negeri di Manado

Pilihan Agen Kuliah Luar Negeri di Manado

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri menjadi pertimbangan sendiri bagi banyak orang. Persiapan yang matang akan membantu kamu mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi.  Agen kuliah luar negeri di Manado menjadi pilihan jika kamu akan mempersiapkan diri sebelum...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pilihan Konsultan Kuliah Luar Negeri di Sunter

Agen pendidikan bertindak sebagai penasihat dan memainkan peran penting dalam membantu kamu masuk...

Agen Kuliah Luar Negeri di Semarang

Kuliah di luar negeri adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan sosial, akademik dan...

Pilihan Agen Kuliah Luar Negeri di Manado

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri menjadi pertimbangan sendiri bagi banyak orang. Persiapan...

Pilihan Konsultan Pendidikan Luar Negeri di Semarang

Ada banyak alasan mengapa program studi di luar negeri menjadi begitu populer. Bagi sebagian besar...

Agen Pendidikan Luar Negeri di Semarang

Kuliah di luar negeri telah menjadi pilihan banyak siswa. Banyak keuntungan yang bisa kamu...