Perkuliahan

Beranda » Blog » Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para pelajar di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kondisi lingkungan di bumi sedang kurang baik. Padahal lingkungan merupakan aspek utama yang bisa memberikan sumber daya kepada manusia sehingga kehidupan dapat terus berlangsung.

Kelangsungan kegiatan manusia tanpa diimbangi dengan pengendalian dampak lingkungan tentu membuat kita merasakan akibatnya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja peningkatan suhu permukaan bumi dan meningkatnya frekuensi kejadian bencana alam. Jadi mengambil Program Studi Ilmu lingkungan di Australia bisa menjadi pilihan tepat yang akan membantu kamu mempelajari bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca Juga: Universitas di Australia untuk Jurusan Pemasaran

Tentang Jurusan Ilmu Lingkungan

Mungkin tidak banyak para pelajar yang mengetahui tentang program studi ilmu lingkungan. Iya kamu termasuk salah satu orang yang suka dengan alam dan memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap lingkungan, maka jurusan ini sangat tepat dan akan menyediakan ruang bagi kamu untuk berkembang.

Apalagi jika kamu suka sains, khususnya pada pelajaran biologi dan kimia maka jurusan ini bisa membantu kamu mempelajari bidang tersebut lebih dalam. Dalam berbagai macam program studi yang memiliki kaitan nya dengan sains lingkungan, kamu akan menemukan bahwa lingkungan adalah bidang yang penting bagi keberlangsungan kehidupan umat manusia.

Australia adalah salah satu negara tujuan yang tepat jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang sains lingkungan atau ilmu lingkungan. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan ilmu lingkungan di Australia, kamu bisa memperoleh berbagai macam ilmu dan keahlian terkait pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Mengapa Kuliah Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia?

Sebagai salah satu negara yang memperhatikan aspek lingkungan, Australia adalah contoh yang baik bagi beberapa negara lain dalam proses pengelolaan lingkungan dan penetapan kebijakan lingkungan. Jadi negara tersebut sangat cocok jika kamu tertarik dengan program studi ilmu lingkungan. 

Berikut beberapa alasan yang membuat banyak pelajar internasional memutuskan melanjutkan pendidikan ilmu lingkungan atau sains lingkungan di Australia;

Pertumbuhan Ekonomi Tinggi tanpa Mengabaikan Bidang Lingkungan

Sebelum tahun ke belakang, Australia memiliki perekonomian yang tumbuh secara cepat bahkan di atas rata-rata negara maju. Kegiatan perekonomian yang merusak lingkungan misalnya seperti pertambangan dan Manufaktur, ternyata menyumbang sekitar 61% pertumbuhan ekonomi di Australia.

Namun, pemerintah Australia memiliki komitmen kuat terhadap pengendalian dampak lingkungan sehingga program studi sains lingkungan atau ilmu lingkungan banyak diminati oleh mahasiswa internasional.

Kesadaran Masyarakat Australia untuk Menjaga Lingkungan

Alasan lainnya dikarenakan kesadaran masyarakat Australia terhadap penjagaan Lingkungan sangat baik. Sebenarnya menjaga lingkungan berkelanjutan tidak hanya tugas dari pemerintah dan industri saja, tetapi juga tugas seluruh lapisan masyarakat.

Masyarakat di Australia sudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan 3R (reduce, reuse, recycle) dan lebih memilih menggunakan transportasi umum. Masyarakat Australia juga menjaga kebijakan dan intensif untuk mendorong gaya hidup ramah lingkungan. Hal tersebut juga akan dipelajari di jurusan sains lingkungan.

Fokus Pendidikan Ilmu Lingkungan yang Beragam

Australia merupakan salah satu negara di dunia yang berada di Garda terdepan untuk pendidikan lingkungan hidup secara internasional. Apabila kamu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di program studi sains lingkungan, maka bisa memilih ratusan program sarjana dan magister di berbagai macam universitas terbaik.

Pemilihan program studi yang beragam diantaranya seperti biodiversitas, manajemen lingkungan, konservasi, bahkan Energi dan Sumber daya alam berkelanjutan. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ya.

Baca Juga: Mengenal Pendidikan Kejuruan di Australia

Kampus Terbaik di Australia untuk Ilmu Lingkungan

Untuk menemukan universitas yang tepat, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant. Tim kami akan memberikan informasi lebih lengkap seputar universitas yang tepat dan bisa kamu tuju.

Ada beberapa perguruan tinggi terbaik yang menyediakan jurusan ilmu lingkungan di Australia dan bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa internasional, seperti berikut;

The University of Melbourne

University Of Melbourne adalah salah satu perguruan tinggi yang sangat terkenal dan banyak diminati oleh mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ada banyak program studi yang ditawarkan, salah satunya untuk ilmu lingkungan seperti berikut;

  • Program S1 Sains Lingkungan
  • Program S1 Teknik Sistem Lingkungan
  • Program S2 Teknik Lingkungan
  • Program S2 Lingkungan Konservasi dan Restorasi
  • Program S2 Sains Lingkungan 
  • Program S2 Lingkungan Pembangunan 
  • Program  S2 Kebijakan Lingkungan 
  • Program S2 Perubahan Iklim 

Kamu bisa memilih program studi Emang sesuai dengan keinginan dan peminatan. 

Australian National University

Selanjutnya ada The  Australian National University yang merupakan salah satu perguruan tinggi berkualitas dan diakui secara global untuk proses pengajaran dan penelitian. Kampus ini menyediakan berbagai macam fasilitas bagi para mahasiswa untuk bisa berkembang dan mempelajari sesuai dengan program studi yang diinginkan.

Tidak jauh berbeda dengan University Of Melbourne, kampus ini juga menyediakan beberapa program studi terbaik untuk ilmu lingkungan seperti berikut;

  • Program S1 Sains Lingkungan 
  • Program S1 Sistem Energi Terbarukan 
  • Program S1 Lingkungan dan Keberlanjutan 
  • Program S1 Manajemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam 
  • Program S2 Lingkungan 
  • Program S2 Energi Terbarukan 
  • Program S2 Perubahan Energi 

Beberapa program studi tersebut akan menyajikan proses pembelajaran dan penelitian yang berkualitas terbaik. Siswa juga akan didampingi dosen berkualitas global.

The University of Sydney

Selanjutnya ada di University of Sydney yang menyediakan beberapa program studi unggulan untuk jurusan ilmu lingkungan seperti berikut;

  • Program S1 Studi Lingkungan 
  • Program S2 Pertanian dan Lingkungan 
  • Program S2 Sains dan Hukum Lingkungan 
  • Program S2 Sains Lingkungan 

Jika kamu merasa tertarik untuk bergabung dengan jurusan ilmu lingkungan di Australia, maka salah satu dari tiga kampus unggulan tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat. Dari pembelajaran ilmu lingkungan di Australia, nantinya kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi berbagai macam permasalah lingkungan di sekitar.

Baca Juga:

Serba Serbi Kuliah Kuliner di Kanada

Serba Serbi Kuliah Kuliner di Kanada

Kuliah kuliner di Kanada menjadi pilihan banyak siswa karena mereka akan mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang koki. Tidak hanya belajar cara memasak, siswa juga perlu tahu cara membuat masakan baru, serta menjaga keamanan dapur dan cara...

Syarat Kuliah S3 di Inggris

Syarat Kuliah S3 di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang kerap dijadikan sebagai pilihan banyak siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu jenjang yang kerap dipilih yakni, jenjang doktor atau S3. Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar kamu perlu tahu terlebih...

Seputar Jurusan Biologi di Australia

Seputar Jurusan Biologi di Australia

Banyak Universitas yang menyediakan jurusan Biologi di Australia. Sehingga jika kamu ingin kuliah di jurusan tersebut, maka kamu dapat memilih kampus mana yang cocok untukmu. Namun, kamu pun bisa mempertimbangkan beberapa kampus. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kamu...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Serba Serbi Kuliah Kuliner di Kanada

Kuliah kuliner di Kanada menjadi pilihan banyak siswa karena mereka akan mempelajari keterampilan...

Syarat Kuliah S3 di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang kerap dijadikan sebagai pilihan banyak siswa...

Seputar Jurusan Biologi di Australia

Banyak Universitas yang menyediakan jurusan Biologi di Australia. Sehingga jika kamu ingin kuliah...

Seputar Kuliah Hukum di Swiss

Kuliah hukum di Swiss bukan sesuatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Kuliah hukum di luar negeri...

Kuliah MBA di Malaysia

Kuliah MBA di Malaysia memiliki kualitas yang sudah diakui secara internasional. Negara...