Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
serba serbi kehidupan siswa di inggris

Serba Serbi Kehidupan Siswa di Inggris

Beranda / Bacaan Umum / Serba Serbi Kehidupan Siswa di Inggris

Salah satu negara yang banyak dijadikan tempat bersekolah dan berkuliah mahasiswa internasional adalah negara Inggris. Pasalnya, negara Inggris memang menyediakan banyak instansi pendidikan yang berkualitas. Saat kuliah di Inggris, siswa tidak hanya beradaptasi terhadap kurikulum saja. Namun, pada kehidupan di Inggris pula.

Tentunya, menjadi mahasiswa atau siswa internasional diperlukan pembiasaan diri. Karena budaya serta lingkungan sosial setiap negara akan berbeda. Misalnya saja negara Indonesia dan negara Inggris, akan banyak budaya yang jauh berbeda. Sehingga mahasiswa yang akan kuliah di universitas Inggris harus mengetahui kultur negara Inggris terlebih dahulu.

Budaya dan Kehidupan Siswa di Inggris

Selain kurikulum pendidikan, mahasiswa dari luar Inggris perlu mengetahui sistem budaya dan kehidupan di negara ini. Karena tentunya mahasiswa pun tidak hanya berkuliah saja di negara ini. Namun, perlu pula bersosialisasi dengan masyarakat asli negara Inggris. Oleh sebab itu, inilah beberapa hal yang perlu diketahui terkait kehidupan serta budaya masyarakat Inggris!

Kehidupan Siswa dan Universitas

Hal pertama yang perlu diketahui adalah terkait kehidupan siswa serta kampus. Di negara Inggris, biasanya beberapa kampus akan menghadirkan acara welcome week untuk menyambut para mahasiswa baru. Di acara ini, akan terdapat klub-klub mahasiswa yang mengadakan pesta dengan maksud menarik anggota baru untuk bergabung dalam klubnya.

Untuk kehidupan di kampus cenderung santai dan informal. Karena hampir keseluruhan anggota staf di kampus tersebut membuka ruang untuk mengobrol santai dengan para mahasiswa dan siswanya. Obrolannya pun tidak hanya terkait akademik saja. Namun, dapat membicarakan terkait kehidupan, sosial, dan sebagainya.

Kehidupan Sosial

Kehidupan sosial di negara Inggris cenderung berbeda cukup jauh dengan negara Indonesia. Di negara Inggris, cara untuk bersosialisasi dengan orang baru adalah menjabat tangan. Menjabat tangan menjadi bentuk sapaan umum di negara Inggris. Obrolan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Inggris adalah perihal cuaca pada saat itu.

Selain itu, kampus di negara Inggris memiliki banyak organisasi serta klub yang kegiatannya di luar kampus. Hal tersebut dapat dijadikan salah satu cara untuk memperbanyak relasi pertemanan. Kamu pun berpotensi untuk menemukan banyak teman dari berbagai negara. Sehingga, kamu dapat mempelajari kultur dan bahasa baru.

Budaya

Negara Inggris menjadi salah satu negara yang memiliki apresiasi cukup besar terhadap kesenian. Itulah mengapa akan banyak pertunjukan seni di negara ini, mulai dari seni teater, seni rupa, dan sebagainya. Di negara ini, akan banyak ditemukan museum, teater lokal, galeri seni, dan semacamnya. Jumlah museum dan galeri seni terhitung sangat banyak.

Bagi kamu yang memiliki kegemaran dalam dunia seni, tentunya fakta ini menjadi kesenangan tersendiri. Karena kamu dapat mengunjungi beberapa museum serta pameran seni setiap memiliki waktu luang. Beberapa museum dan pameran seni yang dapat dikunjungi secara gratis diantaranya adalah Ujung Barat, Galeri Nasional di London, dan pinggiran Edinburgh.

Pastikan kamu mengetahui berbagai informasi sebelum kuliah di Inggris dengan melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant bersama tim berpengalaman kami.

Baca Juga: Jurusan Kuliah Terbaik di Inggris

Kehidupan Siswa di Inggris: Hal yang Sebaiknya Dihindari

Seperti yang telah disebutkan, kultur dan kehidupan sosial masyarakat negara Inggris akan berbeda dengan Indonesia. Di negara ini terdapat pula hal-hal yang sebaiknya dihindari untuk dilakukan. Karena dianggap tidak sopan. Pastikan untuk mengetahui hal ini, agar dapat bersosialisasi lebih baik. Simak penjabarannya di bawah ini!

Menanyakan Terkait Agama atau Kepercayaan

Banyak masyarakat Indonesia yang seringkali membawa topik keagamaan atau kepercayaan dalam pembicaraan dengan orang lain. Di negara Inggris, sebaiknya hal tersebut dihindari dan tidak ditanyakan kepada orang baru. Karena masyarakat Inggris menganggap hal ini merupakan sesuatu yang bersifat personal dan tidak pantas ditanyakan.

Membahas Tragedi

Di Indonesia, biasanya akan banyak pertanyaan yang dikeluarkan ketika melihat atau mendengar sebuah musibah. Mulai dari, kronologi musibah itu terjadi, penyebab, akibat, dan sebagainya. Di negara Inggris, sebaiknya hal ini dihindari. Karena dianggap tidak memiliki empati. Sebaiknya, ucapkan saja ucapan berduka dan cukup berikan doa-doa baik.

Bagi kamu yang akan berkuliah atau bekerja di negara Inggris, sebaiknya mengetahui serta memahami terlebih dahulu kehidupan di Inggris. Seperti yang dapat terlihat di atas, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dan dihindari agar dapat bersosialisasi dengan baik.

Tempat yang Wajib Dikunjungi Selama di Inggris

Jika kamu putuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris, pasti akan tinggal dalam waktu yang lama. Dalam waktu tersebut tentu harus ada destinasi yang dikunjungi untuk refreshing ketika libur kuliah dong. Inggris terkenal dengan tempat-tempat yang mudah dijangkau dan memiliki pemandangan indah, seperti berikut;

  • The Shard
  • Madame Tussauds
  • London Eye
  • The Big Ben
  • Natural History Museum
  • Tate Modern
  • The British Museum

Masih banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi ketika ada di Inggris loh. Semuanya benar-benar menarik dan bisa membantu kamu menghilangkan kepenatan. 

Gambaran kehidupan di Inggris memang harus diketahui oleh calon mahasiswa internasional yang tertarik kuliah di negara tersebut. Melalui gambaran kehidupan tersebut kaum bisa mempertimbangkan berbagai macam aktivitas dan kebutuhan selama di negara tersebut.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan