Perkuliahan

Beranda » Blog » Kuliah di Australia Tanpa IELTS, Beneran Bisa?

Kuliah di Australia Tanpa IELTS, Beneran Bisa?

Australia sudah sejak lama menjadi tujuan studi terbaik di kalangan siswa internasional. Negara ini juga menjadi rumah bagi banyak universitas bergengsi. Kuliah di Australia tanpa IELTS seringkali ditanyakan oleh banyak pelajar, sebab kebanyakan negara membutuhkan skor IELTS untuk bisa menjalani perkuliahan di negara tersebut.

Infrastruktur canggih lengkap dengan fasilitas modern adalah bukti tingginya standar pendidikan yang dipertahankan oleh Pemerintah Australia. Sejalan dengan itu, Pemerintah Australia memiliki seperangkat pedoman atau kriteria penerimaan yang harus dipatuhi secara ketat selama penerimaan universitas atau perguruan tinggi.

Untuk proses pendaftaran di universitas Australia, kamu bisa melakukan konsultasi universitas luar negeri di ICAN Education Consultant. Tim profesional kami akan memberikan layanan terbaik untuk perkuliahan luar negeri.

Baca Juga: Info Pendaftaran Kuliah di Australia

Bisakah Kuliah di Australia Tanpa IELTS?

Kebanyakan negara memberikan persyaratan untuk siswa internasional agar menyerahkan sertifikat TOEFL, IELTS atau PTE Academic untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Hal ini karena bahasa Inggris menjadi bahasa utama untuk berkomunikasi di universitas atau perguruan tinggi di Australia. Nah, sebenarnya bisakah kuliah di Australia tanpa IELTS?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang satu ini adalah bisa, namun dengan beberapa kondisi. Siswa yang ingin masuk ke universitas di Australia dapat mendaftar tanpa nilai IELTS hanya jika mereka telah belajar dari negara-negara di mana sertifikat yang diberikan diakui oleh Australian Education System.

Selain itu, ada dua situasi umum di mana universitas di Australia membuat pengecualian untu persyaratan bahasa mereka, yakni:

  • Jika pendidikan yang kamu capai sebelumnya diajarkan dalam bahasa Inggris, maka universitas akan mempertimbangkan dengan serius penerimaan kamu
  • Jika kamu seorang siswa berbakat, tetapi tidak memiliki keterampilan bahasa Inggris yang diperlukan pada saat mendaftar, universitas bisa menawarkan kursus persiapan bahasa sebelum memulai kursus reguler

Tetapi tidak semua universitas memberikan kesempatan seperti itu. Nah, universitas mana saja yang mengecualikan IELTS dari syarat penerimaan mereka?

1. University of Queensland

Meskipun skor IELTS biasanya diperlukan untuk masuk di University of Queensland, ada alternatif lain untuk membantu siswa memenuhi persyaratan bahasa Inggris.

  • Kamu telah memperoleh sertifikat bahasa Inggris lain yang relevan atau nilai bahasa Inggris kamu tinggi di pendidikan sebelumnya
  • Pendidikan kamu sebelumnya telah diajarkan dalam bahasa Inggris
  • Kamu telah memperoleh gelar sarjana atau magister dari lembaga terakreditasi yang diakui oleh University of Queensland
  • Kamu telah mengikuti program studi penuh waktu satu tahun di universitas yang diakui dari University of Queensland untuk tujuan ini
  • Pengalaman kerja dengan durasi tertentu di lingkungan berbahasa Inggris profesional

2. Bond University

Skor IELTS dan TOEFL bukan satu-satunya pilihan yang kamu miliki untuk membuktikan kemahiran bahasa Inggris jikamendaftar di Bond University. Pelamar yang mampu memberikan bukti yang kuat dan relevan tentang pengetahuan bahasa Inggris mereka juga akan memenuhi syarat untuk masuk.

Selain IELTS, Bond University menerima sertifikat bahasa Inggris berikut:

  • C1 Advanced
  • Pearson Test of English Academic PTE

3. Macquarie University

Universitas lain yang memungkinkan kamu untuk belajar di Australia adalah Macquarie University. Persyaratan bahasa Inggris di universitas ini berbeda tergantung pada program studi yang ingin kamu ikuti.

Untuk kamu yang tidak memiliki sertifikat IELTS, kampus ini juga menerima sertifikat dari Pearson Test of English Academic PTE, Cambridge English Advanced CAE, Cambridge English: Proficiency CPE, Occupational English Test OET.

Baca Juga: Biaya Kuliah Di Australia National University

Selain tiga universitas ini, masih ada beberapa universitas lainnya yang menerima sertifikat bahasa lain selain IELTS. Jadi, kamu tetap bisa kuliah di Australia meski belum memiliki sertifikat IELTS.

Baca Juga:

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat syarat khusus pada spesialisasi jurusan. Untuk itu, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant guna mengetahui detail syarat kuliah untuk daftar kuliah spesialisasi...

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Bagi para pelajar yang punya panggilan jiwa di dunia kesehatan dan kedokteran, maka salah satu langkah terbaiknya adalah kuliah kedokteran di Malaysia. Negeri tetangga tersebut punya bidang kedokteran yang berkembang pesat. Pemerintah Malaysia menunjukkan perhatian...

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para pelajar di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kondisi lingkungan di bumi sedang kurang baik. Padahal lingkungan merupakan aspek utama yang bisa memberikan sumber...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat...

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Bagi para pelajar yang punya panggilan jiwa di dunia kesehatan dan kedokteran, maka salah satu...

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para...

3 Keuntungan Mengejar Gelar Master di Australia

Gelar master di Australia menjadi pilihan bagi banyak orang. Australia sendiri memiliki populasi...

Kuliah Musik di Kanada, Universitas Ini Bisa Jadi Pilihan!

Semua orang pasti suka mendengarkan musik. Jika kamu adalah salah satunya, dan punya kecintaan...