Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah di luar negeri vs dalam negeri ini pertimbangannya

Kuliah di Luar Negeri vs Dalam Negeri? Ini Pertimbangannya!

Beranda / Perkuliahan / Kuliah di Luar Negeri vs Dalam Negeri? Ini Pertimbangannya!

Kuliah di luar negeri vs dalam negeri memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Banyak siswa yang memilih melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri, dan sebagian lainnya menetap di negara sendiri untuk melanjutkan pendidikannya.

Kuliah di luar negeri menjadi tujuan banyak siswa. Berbagai negara, seperti US, UK, Australia dan negara lainnya berhasil menjadi negara favorit para siswa dari seluruh dunia. Banyak universitas terkemuka juga membuka pendaftaran bagi mahasiswa internasional.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal. Mulai dari dokumen-dokumen akademik, hingga perencanaan keuangan mengingat biaya kuliah di dalam dan luar negeri tentu berbeda. Nah, selain hal-hal tersebut, ada berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan terkait kuliah luar negeri vs dalam negeri. Apa saja hal yang dimaksud? Berikut ulasannya!

3 Kelebihan Kuliah di Luar Negeri

Ada beberapa kelebihan kuliah di luar negeri untuk kamu yang berencana melanjutkan pendidikan di negara berbeda.

1. Bertemu dengan Banyak Orang Baru

Jauh dari rumah dan negara sendiri tentu mengharuskan kamu untuk bertemu dan mengenal banyak orang bahkan dari seluruh dunia. Dengan kuliah di luar negeri kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjalin relasi dengan banyak siswa dengan latar belakang yang berbeda.

Bertemu dengan banyak orang baru menjadi kelebihan sendiri karena kamu bisa belajar banyak bahasa, budaya, dan keberagaman. Bahkan, kamu bisa memiliki kesempatan untuk mendapat koneksi dari berbagai negara.

2. Peluang Kerja Lebih Luas

Dengan kuliah di luar negeri, kamu memiliki pengalaman yang berharga. Banyak universitas luar negeri menetapkan kewajiban agar para siswa melakukan penempatan kerja atau magang di masa kuliah. Dengan begitu, kamu memiliki pengalaman kerja di perusahaan luar negeri.

Ketika kamu memutuskan untuk kembali ke tanah air, kamu telah memiliki pengalaman yang luar dan memperluas kesempatan kerja di perusahaan nasional maupun multinasional. Hal ini juga membuat kamu berada selangkah di depan daripada mereka yang enggan melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Hampir semua perusahaan mengharuskan kemampuan bahasa Inggris kepada para kandidatnya. Kuliah di luar negeri membuat kamu terbiasa menggunakan bahasa asing, sehingga peluang meniti karir yang lebih baik bisa kamu dapatkan.

3. Melatih Kemandirian

Dengan kuliah di luar negeri, kamu akan berada jauh dari rumah dan keluarga. Kamu diharuskan untuk melakukan semuanya sendiri. Kemandirian kamu akan sangat diuji di sini. Pintar mengatur waktu juga menjadi kunci agar kamu bisa menjalani hidup yang nyaman di luar negeri.

Banyak siswa internasional yang memutuskan untuk bekerja paruh waktu untuk menambah uang jajan dan keperluan mereka. Menjalani pola hidup sederhana juga diterapkan demi menghemat biaya hidup di negara tujuan.

Kuliah di luar negeri membuat kamu melatih kemandirian untuk mengatur keuangan, pola hidup dan waktu. Hal ini harus dilakukan agar kehidupan kampus dan pribadi kamu dapat berjalan dengan baik.

Baca juga :
Masa Orientasi Di Indonesia VS Di Luar Negeri

Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri bukan hanya soal kelebihan dan kesenangan yang didapatkan. Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan, termasuk juga mengetahui kekurangannya. Cari tahu dulu apa saja kekuangan kuliah di luar negeri yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu.

Homesick

Rindu rumah dan keluarga adalah hal yang sangat wajar ketika kamu melanjutkan pendidikan di luar negeri. Jarak yang terlampau jauh membuat kamu tak bisa sering pulang ke rumah. Perasaan homesick pasti akan sering kamu lakukan mengingat kamu hanya sendirian di negara asing dan jauh dari orang tua.

Nah, untuk kamu yang jarang pergi jauh dari rumah, hal ini perlu kamu pertimbangkan.

Cuaca yang Terbilang Ekstrim

Beberapa negara memiliki cuaca yang terbilang ekstrem. Saat musim dingin tiba, beberapa negara tersebut memiliki suhu yang mencapai -0 derajat celcius, begitu pun sebaliknya. Ketika musim panas, cuacanya bisa membuat wajah terbakar.

Untuk hal ini, mungkin kamu akan sedikit bersyukur karena tinggal di Indonesia. Cuaca di negara sendiri sepertinya masih cukup bersahabat dibandingkan dengan cuaca di negara lain.

Meski merasakan salju menjadi pengalaman luar biasa yang bisa kamu rasakan, namun kamu perlu mempertimbangkan cuaca yang benar-benar ekstrim dan bisa saja terjadi ketika musim panas atau musim datang.

Kamu juga perlu menyesuaikan pakaian yang kamu gunakan. Saat musim panas, kamu mungkin akan menggunakan pakaian yang sedikit terbuka. Sedangkan, pada musim dingin kamu harus menggunakan pakaian berlapis mengingat cuaca yang sangat dingin.

Kebudayaan yang Berbeda

Untuk kamu yang terbiasa tinggal di Indonesia, pulang larut malam dan mengadakan pesta hingga pagi mungkin menjadi hal aneh. Namun, hal ini tak berlaku bagi mereka yang terbiasa tinggal di negara lain.

Di Korea Selatan, menikmati minuman beralkohol dan pergi ke tempat karaoke setelah pulang kerja menjadi kebiasaan yang lumrah. Nah, hal semacam ini juga perlu kamu pertimbangkan, agar nantinya kamu tidak merasa kaget dengan kebudayaan dan kebiasaan yang berbeda.

Perlu dicatat bahwa kebiasaan yang mereka lakukan tak harus kamu ikuti, jika memang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang kamu yakini.

Baca Juga :  
Kuliah S1 Di Luar Negeri?

Pentingnya Mempertimbangkan Berbagai Hal

Hal-hal di atas menjadi hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Pertimbangan di atas akan membuat kamu siap menghadapi berbagai perbedaan yang terjadi.

Selain hal-hal di atas, poin penting yang perlu kamu pertimbangkan juga adalah perbedaan waktu yang membuat kamu kesulitan menghubungi keluarga atau teman terdekat. Kesulitan mencari tempat ibadah, terutama untuk muslim dan berbagai hal lainnya.

Namun, jangan biarkan berbagai hal di atas membuat kamu mengurungkan minat untuk kuliah di luar negeri. Sebab, akan ada banyak hal dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari melanjutkan studi di negara lain.

Sedangkan, ketika kamu kuliah di dalam negeri, hal yang perlu kamu pertimbangkan tentu lebih sedikit.

Kuliah Luar Negeri vs Dalam Negeri, Lebih Baik Mana?

Kuliah di luar negeri mungkin memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu harus beradaptasi dengan bahasa dan kebudayaan baru, hingga menjalin relasi dengan siswa lainnya dari berbagai negara.

Namun, hal-hal lain juga perlu dipertimbangkan terkait kuliah di luar negeri. Tak sedikit kesulitan yang harus kamu rasakan ketika beradaptasi dengan kebudayaan dan orang-orang yang berbeda.

Berbicara mengenai perkuliahan, Indonesia sendiri memiliki banyak universitas terkemuka dengan kualitas pendidikan yang sangat baik. Sehingga, kuliah di dalam negeri pun memiliki banyak keunggulan tersendiri.

Meski begitu, kuliah luar negeri vs dalam negeri masih menjadi pertimbangan yang cukup sulit untuk banyak siswa. Untuk itu, kamu perlu benar-benar mempertimbangkannya dengan baik.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan