Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
langkah langkah dan tips belajar ielts untuk pemula

Langkah-Langkah dan Tips Belajar IELTS untuk Pemula

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Langkah-Langkah dan Tips Belajar IELTS untuk Pemula

Belajar IELTS merupakan langkah tepat bagi kamu yang ingin kuliah atau bekerja di luar negeri. Sebagai salah satu tes Bahasa Inggris, IELTS adalah persyaratan penting untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri atau bekerja.

Terdapat dua jenis dan modul dalam tes tersebut, yaitu Academic IELTS serta General Training. Academic adalah tes IELTS untuk para pelajar yang ingin kuliah di luar negeri baik melalui pendaftaran jalur beasiswa atau non-beasiswa. Sedangkan General Training merupakan tes IELTS untuk kamu yang ingin kerja di luar negeri.

Tips Belajar IELTS

Sebagai agen pendidikan luar negeri, ICAN Education Consultant juga menyediakan ICAN English untuk mempersiapkan siswa untuk mengikuti tes IELTS. ICAN English menyediakan kursus IELTS untuk para siswa yang ingin mempersiapkan diri untuk tes ini.

1. Lakukan Persiapan

IELTS merupakan penilaian kemampuan Bahasa Inggris dengan skor ketat. Saat pelaksanaan ujiannya saja, kamu hanya boleh membawa KTP saja. Ketika sedang proses latihan, pastikan kamu mencari tempat yang tenang dan nyaman.

Tes berjalan dengan menguji empat skill, yaitu speaking (berbicara), reading (membaca), writing (menulis), dan terakhir adalah listening (mendengar). Dengan adanya empat skill, maka sangat penting untuk mencari tahu mana kelemahan dan kelebihan kamu.

Untuk mengetahuinya secara mudah, gunakan referensi belajar IELTS di internet, seperti iPass IELTS, IELTS buddy, atau lainnya. Jika sudah mengetahui pada bagian mana kekurangannya, maka kamu bisa fokus belajar dan mengasah kemampuan.

2. Mulai Belajar

Ada banyak cara untuk mulai belajar persiapan tes IELTS. Salah satunya menyediakan buku sebagai sumber belajar, berupa softcopy atau hardcopy. Beberapa buku memiliki tips mengerjakan soal Reading, Speaking, Grammar, Vocabulary, dan Listening.

Selanjutnya, kamu dapat membuat jadwal belajar agar dapat meningkatkan hasil. Konsistensi adalah kunci utama dalam hal tersebut. Agar tetap rutin, pastikan kamu dapat merubah jadwal sesuai kebutuhan. Sesuaikan jadwal dengan kemampuan, misalnya jika writing adalah kelemahan kamu, maka harus kamu tambah lagi jadwalnya.

3. Buat Teknik Belajar Tepat

Hindari belajar secara acak, lebih baik belajar secara berurutan sesuai skill. Kemudian, ikuti latihan menggunakan buku terbaru supaya belajar soal IELTS ter-update. Dengan melakukan latihan setiap hari, kamu juga dapat melakukan evaluasi hasil belajar.

Misalnya, jika sedang belajar listening, maka pastikan langsung jawab pertanyaan yang sudah kamu dengar. Fokus dengan instruksi yang sering berisi tentang peraturan. Pertanyaan listening pada soal IELTS juga sering menggunakan paraphrase. Latih juga spelling, dan pahami tentang huruf kapital.

Sedangkan soal reading berarti kamu harus membaca secara scanning atau skimming. Tulis jawaban pada kertas jawaban langsung karena tidak ada waktu tambahan untuk menyalin jawaban. Pilih soal paling mudah, biasanya pada passage 1 atau 2.

Pada soal writing, kamu harus menggunakan paraphrase, bukan kata yang sama. Pelajari juga tentang struktur kalimat, kosakata tidak formal, dan hindari menulis kata singkat, seperti does not bukan doesn’t.

Pada IELTS tes speaking, bicara sacara natural dan santai tanpa mengabaikan penggunaan grammar. Idiom dan kata tidak formal juga dapat anda gunakan. Perhatikan pula bagaimana pronunciation dalam speaking.

Berapa Skor IELTS yang Dibutuhkan?

Dengan mempelajari informasi tentang belajar IELTS, maka kamu bisa menentukan mana kebutuhan tes bahasa Inggris, apakah untuk Academic atau General Training. Sistem penilaian IELTS yaitu system band score, dengan angka mulai 0 hingga 9, dan skala 0.5.

Terdapat 1 band hingga band 7. Untuk memperoleh beasiswa perguruan tinggi, maka standar yang harus kamu capai yaitu band 6.5. itulah informasi lengkap tentang bagaimana langkah belajar persiapan tes IELTS untuk kebutuhan belajar ke luar negeri atau bekerja.

Metode belajar yang tepat akan membantu melawan rasa malas. Mulai dengan menentukan target mana yang ingin kamu pelajari, apakah speaking, vocabulary, writing, grammar, atau reading terlebih dahulu. Pastikan hanya satu topik satu hari agar target belajar terselesaikan.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan