ICAN English

Beranda » Blog » Memahami Penggunaan Dont dan Doesnt

Memahami Penggunaan Dont dan Doesnt

Belajar tentang penggunaan dont dan doesnt dalam Bahasa Inggris sangat penting, karena terdapat aturan atau tatacara dalam penggunaannya. Do adalah verb atau kata kerja dengan kalimat yang menggunakan subjek I, you, they, dan We, dan merupakan bentuk kalimat positif atau kalimat tanya.

Sedangkan untuk don’t hanya digunakan pada verb atau kata kerja, dengan kalimat negatif atau kalimat tanya. Agar lebih jelas belajar tentang penggunaan dont dan doesnt ketika belajar Bahasa Inggris, ICAN English menyediakan kursus bahasa Inggris intensif dengan tutor profesional.

Kapan Harus Menggunakan Don’t dan Doesn’t?

Gunakan don’t dengan cara meletakkan kata tersebut setelah subjek, dan kamu dapat menggunakannya pada kata kerja dalam kalimat negatif. Subjek yang dipakai adalah I, you, they, dan we.

Gunakan doesn’t jika kamu ingin menggunakan kata kerja pada kalimat negatif, dengan subjek She, he, it. Letakkan doesn’t setelah subjek.

Penggunaan do jika ditambah dengan not, maka akan menjadi do not atau don’t. Sedangkan penggunaan does ditambah dengan not sebagai bentuk kalimat negatif, maka akan menjadi doesn’t.

Berikut adalah contoh penggunaan kata don’t dalam bentuk kalimat:

  • I don’t think that they will understand it easily. – Aku tidak merasa mereka akan mudah memaklumi hal ini.
  • You don’t have enough money to get this latest car. – Kamu tidak punya cukup uang untuk mendapatkan mobil terbaru tersebut.
  • We don’t want to take any risk by running this policy. – Kita tidak ingin mengambil resiko apapun dengan menjalankan kebijakan ini.
  • They don’t say anything to me, they just leave. – Mereka tidak berbicara apapun kepadaku, mereka hanya pergi begitu saja.

Sedangkan untuk contoh penggunaan kata doesn’t dalam kalimat adalah berikut:

  • Tania does all this work alone – Tania mengerjakan semua pekerjaan ini sendiri.
  • I try to fix the robot but it does not work. – Aku coba untuk memperbaiki robot itu, tapi tidak berhasil.
  • She does not go anywhere, she keeps waiting for your coming. – Dia tidak pergi kemanapun, dia terus menunggu kedatanganmu.
  • He does not say any single word. – Dia (laki-laki) tidak berbicara apapun.

Sekarang, kamu sudah mengerti penggunaan dont dan doesnt. Dengan mengetahui perbedaannya, maka kamu jadi semakin mudah memahami bahasa inggris untuk percakapan sehari-hari.

Alasan Harus Belajar Don’t dan Doesn’t

Don’t merupakan bentuk simple present tense, dapat kamu pakai sebagai tindakan “tidak” di masa sekarang. Dengan memahami materi belajar don’t, maka kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk menyatakan kebiasaan, apa yang terjadi saat ini, menyebutkan fungsi dan fakta secara tepat sesuai aturan grammar.

Kamu juga jadi tahu bahwa subjek dalam kalimat yang menggunakan doesn’t hanyalah she, he, dan it, juga berbagai orang maupun benda yang hanya satu. Sedangkan penggunaan don’t adalah untuk I, you, we, dan they, maupun benda atau orang lebih dari satu. Penggunaan don’t dan doesn’t merupakan kata kerja saat ini, berbeda dengan did yang digunakan untuk masa lampau.

Baca Juga:

Pilihan Les IELTS di Sunter

Pilihan Les IELTS di Sunter

Les IELTS di Sunter menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan diri menempuh tes yang satu ini. Ada banyak lembaga yang bisa kamu pilih di daerah ini. IELTS dimiliki dan dikelola bersama oleh British Council, Cambridge English Language Assessment, dan IDP...

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Membaca soal TOEFL memang membutuhkan waktu dan beberapa pertanyaan bisa menipu kamu. Kabar baiknya, ada banyak kursus TOEFL yang bisa kamu pilih. Sekarang, kursus TOEFL di Sunter bisa kamu pilih untuk mempersiapkan diri. Banyak juga tips dan trik membaca soal TOEFL...

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung dalam kursus bisa membuat proses belajar lebih maksimal. Kursus bahasa Inggris di Sunter bisa jadi salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan pemahaman dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan dalam...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pilihan Les IELTS di Sunter

Les IELTS di Sunter menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan diri menempuh tes yang satu...

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Membaca soal TOEFL memang membutuhkan waktu dan beberapa pertanyaan bisa menipu kamu. Kabar...

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung dalam kursus bisa membuat proses belajar lebih maksimal....

Pilihan Les IELTS di Kelapa Gading

Seperti yang diketahui, IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang paling populer. Karena...

Les Bahasa Inggris di Batam

Salah satu manfaat dari belajar bahasa Inggris adalah bahasa ini digunakan dalam dunia bisnis...
Kursus TOEFL Terbaik di Batam

Kursus TOEFL Terbaik di Batam

Sebagian besar siswa mengambil tes TOEFL untuk melengkapi pendaftaran mereka ke universitas. Untuk itu, banyak siswa...