Mengenal Lebih Jauh Sistem Pendidikan di Negara Malaysia

Mengenal Lebih Jauh Sistem Pendidikan di Negara Malaysia

Malaysia masih menjadi negara tujuan banyak siswa untuk berkuliah. Sistem pendidikan di Malaysia yang sangat baik membuat banyak siswa memutuskan untuk melanjutkan perkuliahan mereka di negara ini.

Malaysia sendiri adalah negara dengan masyarakat multi-suku, multi-budaya, dan multi-bahasa, sehingga para siswa internasional bisa beradaptasi dengan baik. Masyarakat lokal yang terbuka terhadap orang-orang dari luar negeri membuat banyak siswa internasional dengan mudah berbaur dengan mereka.

Mutu pendidikan yang baik dan diakui internasional juga menjadi alasan sendiri mengapa Malaysia menjadi negara favorit banyak siswa. Lantas, apa kelebihan sistem pendidikan di Malaysia yang berbeda dengan negara lainnya?

Institusi Pendidikan Tinggi

Pada 2010 lalu, Malaysia tercatat memiliki 80,000 mahasiswa internasional. Jumlah ini sendiri semakin bertambah setiap tahunnya. Sektor pendidikan di Malaysia telah mencapai kemajuan yang signifikan selama beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, Malaysia kini telah mengupayakan menjadi pusat keunggulan pendidikan di Asia Tenggara.

Malaysia memiliki lebih dari 20 universitas negeri dan politeknik, lebih dari sekolah tinggi negeri dan universitas swasta, 4 kampus cabang universitas asing dan sekitar 500 sekolah tinggi swasta. Berbagai institusi pendidikan tinggi juga memilih Malaysia sebagai negara tujuan untuk memperluas koneksi internasional mereka.

Beberapa institusi yang membangun cabang di Malaysia berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Prancis, Jerman dan Selandia Baru.

Kualifikasi yang Diakui

Banyak institusi pendidikan tinggi swasta di Malaysia memiliki program kolaborasi dengan berbagai universitas ternama dari beberapa negara. Program kolaborasi ini bertujuan agar para siswa bisa menyelesaikan program gelar luar negeri dengan berkuliah di Malaysia.

Program yang dimaksud di sini, mencakup Program Twinning Degree 2+1, Program 3+0 Bachelor Degree.

Selain itu, ada beberapa universitas luar negeri, seperti Monash University Australia dan University of Nottingham Inggris yang mendirikan kampus cabang di negara ini. Hal ini memungkinkan para siswa untuk mendapatkan pendidikan dan gelar dari universitas tersebut, namun tetap berkuliah di Malaysia.

Bidang Pendidikan

Informasi mengenai jenis pendidikan di Malaysia juga perlu kamu ketahui. Tak berbeda jauh dengan Indonesia, di Malaysia untuk dapat mendapatkan gelar Sarjana S1 kamu perlu menyelesaikan masa studi selama 3 tahun. Banyak juga institusi pendidikan tinggi yang menawarkan program sertifikat, diploma dan sarjana. Kebanyakan kampus yang menawarkan program ini biasanya berasal dari universitas asing.

Untuk kamu yang ingin mengejar gelar Pascasarjana, tak perlu khawatir. Sebab, banyak institusi di Malaysia yang menawarkan program gelar Pascasarjana.

Nah, kamu bisa juga mendapatkan kualifikasi professional, sebab beberapa institusi swasta di Malaysia mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti ujian professional eksternal.

Kamu yang ingin belajar bahasa Inggris, nampaknya tak perlu bingung mencari pusat pendidikan di Malaysia. Sebab, Malaysia memiliki beberapa pusat belajar bahasa Inggris yang mudah ditemui.

Pusat belajar bahasa inggris ini menawarkan kelas-kelas persiapan bahasa, agar para siswa bisa mengukuti ujian kualifikasi bahasa Inggris yang diakui secara internasional, seperti TOEFL dan IELTS.

Peringkat Institusi

Sistem pendidikan di Malaysia yang cukup baik membuat beberapa universitas di negara ini memiliki peringkat yang cukup baik.

Berbagai universitas di Malaysia mendapatkan skor yang cukup baik untuk setiap kualifikasi yang diberikan untuk pemeringkatan institusi.

Pemeringkatan ini sendiri berkontribusi pada proses pengambilan keputusan para calon mahasiswa. Selain pemeringkatan ini, kondisi pendidikan di Malaysia yang cukup baik juga membuat negara ini dituju oleh banyak siswa dari seluruh dunia.

Inovasi pendidikan di Malaysia sendiri membawa dampak baik kepada negara ini. Sebab, hal ini juga membuat banyak siswa memutuskan untuk kuliah di Malaysia.

Kurikulum Pendidikan

Sistem pendidikan di Malaysia mengikuti standar industri yang meningkatkan prospek kerja para mahasiswa setelah lulus nanti.

Banyak institusi pendidikan di Malaysia yang menjalin kerja sama dengan industri dan universitas luar negeri untuk menjamin bahwa program yang ditawarkan mengadopsi kurikulum terbaru dan relevan.

Hampir semua universitas di negara ini memberikan ilmu yang tak hanya pengetahuan teoritis, namun juga keahlian praktikal yang dibutuhkan di dunia kerja yang sesungguhnya.

Hal ini dilakukan hampir semua universitas di Malaysia agar dapat menghasilkan para lulusan yang siap kerja.

Alasan Kuliah di Malaysia

Malaysia memiliki iklim yang lembab tropis dengan suhu sekitar 27 derajat celcius sepanjang tahun. Negara ini sendiri hanya memiliki dua musim sepanjang tahun. Bagi mahasiswa asal Indonesia, hal ini tak akan menjadi masalah sebab, iklim dan cuaca yang tidak terlalu berbeda.

Kamu juga tak perlu memperhatikan pakaian atau baju yang akan kamu gunakan, sebab cuaca yang tidak jauh berbeda tidak akan membuat kamu kesulitan dalam proses pemilihan pakaian atau baju yang akan digunakan.

Malaysia terdiri dari banyak etnis. Hal ini membuat para warganya tidak canggung untuk berbaur dengan para mahasiswa internasional. Kamu bisa melihat banyak budaya, etnis dan agama yang berbaur menjadi satu di negara ini.

Selain segala daya tariknya, kamu juga bisa menikmati berbagai keindahan alam yang ada di Malaysia atau juga gedung-gedung pencakar langit Malaysia yang menjulang tinggi. Kamu bisa melihat Menara Kembar, Cyberjaya dan berbagai gedung lainnya dari dekat.

Nah, setelah mengenai sistem pendidikan di Malaysia dan berbagai alasan lainnya, sudah siap melanjutkan pendidikan di negara ini? Jika iya, kamu bisa mempersiapkan berbagai syarat dan dokumen yang dibutuhkan dari jauh hari sebelum keberangkatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*