ICAN English

Beranda » Blog » Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL conditional sentence. Penggunaan conditional sentence adalah keinginan atau ketika kamu ingin berandai-andai seakan-akan sesuatu mungkin dapat terjadi.

Conditional sentence juga merupakan salah satu materi penting yang wajib kamu pelajari terutama jika kamu harus menghadapi soal TOEFL. Agar lebih jelas, kamu bisa mempelajari pembahasan dari ICAN English sebagaimana berikut.

Soal Conditional Sentence Pada Tes TOEFL

Jika kamu mendapati kalimat majemuk atau complete sentence, mengungkapkan akibat apa yang kamu harapkan dalam suatu kondisi. Kondisi tersebut dapat kamu nyatakan pada sebuah Klausa dengan awalan kata “if”, dan akibatnya dapat kamu nyatakan dalam induk kalimat atau Main Clause.

Biasanya, soal TOEFL conditional sentence berada pada bagian structure and written expression. Salah satu cara terbaik agar kamu bisa menyelesaikan soal ini adalah dengan mempelajari seperti apa polanya sehingga kamu paham bagaimana bentuk kalimat conditional sentence dan penggunaannya. Jenis kalimat kondisional terbagi dalam tiga kategori yaitu:

Baca Juga:

Keterangan Waktu Simple Present Tense

1. Soal Conditional Sentence Type 1

Rumus yang digunakan adalah sebagaimana berikut: subject 1 + Modal + verb 1 + complement + if + subject 2 + verb 1 + complement. Tipe 1 juga terkenal dengan sebutan future conditional sentence. Berikut adalah contoh penggunaan conditional sentence type 1:

  • Riana can pass the test is she studies hard
  • I will buy if you give me more discounts

2. Soal Conditional Sentence Type 2

Rumus yang kamu gunakan adalah: Subject 1 + past modal+ verb 1 + complement + if + subject 2 + verb 1 + complement. Tipe 2 juga terkenal dengan sebutan present conditional sentence titik Berikut adalah contoh kalimat Conditional Sentence Type 2:

  • I would buy if you gave me more discounts – (I don’t buy it because you do not give me more discounts)

3. Conditional Sentence Type 3

Banyak terkenal juga sebagai past conditional sentence, rumus conditional sentence type 3 yaitu subject 1 + past modal + have + verb 3 + complement + if + subject 2 + had + verb 3 + complement. Berikut adalah contoh kalimat conditional sentence type 3:

  • I would have bought if you had given me more discounts – I did not buy because you didn’t give me more discount

Karena soalnya yang terbilang cukup rumit, kursus persiapan TOEFL mungkin kamu perlukan agar bisa mempersiapkan diri dengan maksimal untuk melewati kursus bahasa Inggris yang satu ini.

Baca Juga:

Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Gejala Inversi Pada Materi If Conditional

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja jenis if conditional yang dapat muncul pada soal TOEFL conditional sentence. Gejala inversi muncul karena adanya pertukaran posisi subjek dan predikat dalam kalimat. agar kamu lebih paham tentang gejala inversi, berikut adalah contoh yang dapat kamu simak:

  • Don’t you call him = If you don’t call him
  • Is Riana very happy = If Riana is very happy
  • Were I your boss = If I were your boss
  • Hadn’t they confirmed it = If they had not confirmed it
  • Did not Diana call her uncle = If Diana did not call her uncle
  • Did Juliette change her lipstick color = If Juliette changed her lipstick color

Itulah informasi tentang materi conditional sentence. soal TOEFL conditional sentence dan pembahasannya dapat kamu jadikan sebagai salah satu cara efektif dalam meningkatkan kemampuan mengerjakan soal if conditional.

Baca Juga:

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara umum, sesuatu yang terjadi secara berulang, atau sebuah fakta umum. Jika kamu ingin fasih berbahasa Inggris sehari-hari, materi simple present tense adalah salah satu hal...

Contoh Paragraf Past Tense

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami kegunaan tenses tersebut. Dalam kalimat past tense, kamu dapat menggunakan kata kerja kedua. Kata kerja ini dikenal dengan sebutan past simple atau verb 2. Penggunaannya...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film populer yang bisa ditonton oleh beragam usia. Tak ketinggalan lagu-lagu dalam filmnya yang melengkapi alur cerita film tersebut. Selain dapat menikmatinya, lagu Disney untuk...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara...

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film...

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game

Games adalah cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Permainan juga menjadi cara terbaik...

Contoh Pertanyaan Menggunakan Does

Contoh pertanyaan menggunakan does dan do biasanya disebut sebagai Yes No Question dengan...