Perkuliahan

Beranda » Blog » Info Pendaftaran Kuliah di Australia

Info Pendaftaran Kuliah di Australia

Pendaftaran kuliah di Australia terbuka bagi para pelajar internasional dengan menawarkan beberapa pilihan perguruan tinggi yaitu universitas, kolese, kolese TAFE, dan juga lembaga pendidikan lainnya. Banyak mahasiswa Indonesia memperoleh gelar sarjana S1, master atau S2, dan doktor atau PhD dari perguruan tinggi di Australia.

Seluruh jenjang pendidikan tinggi tersebut telah diakui secara nasional. Termasuk penghargaan ijazah Diploma, Diploma Lanjutan, dan Graduate Certificate ditentukan oleh Australian Qualifications Framework, disingkat AQF. Kualifiksi tersebut mendapatkan dukungan dari Pemerintah Australia.

Baca Juga: Biaya Kuliah Di Australia National University

Informasi Perkuliahan di Australia

Jika kamu punya rencana melanjutkan kuliah di Australia, sebaiknya ada beberapa hal yang wajib kamu pelajari terlebih dahulu sebagaimana berikut:

1. Jenis Institusi

Perguruan tinggi di Australia dibagi dalam beberapa kategori yaitu universitas, kolese TAFE, dan kolese independen. Terdapat sebanyak 39 universitas di Australia dan terbagi dalam beberapa grup.

Go8 atau Group of Eight adalah kumpulan universitas terkemuka, paling bergengsi. Terdapat delapan universitas yang masuk dalam jaringan tersebut yaitu: The University of Adelaide, Australian National University, The University of Melbourne, Monash University, The University of New South Wales, The University of Sydney, The University of Queensland, The University of Western Australia.

Terdapat pula Australian Technological Network, disingkat ATN, yaitu lima universitas Australia yang bergabung dalam satu grup, berfokus pada aplikasi praktis pendidikan tinggi dan penelitian. Tujuannya menghasilkan lulusan yang siap bekerja sesuai pilihan profesi. Lima universitas tersebut adalah Curtin University of Technology, University of South Australia, RMIT University, University of Technology Sydney, dan Queensland University of Technology.

2. Proses Mendaftar

Proses pendaftaran kuliah di Australia dapat kamu mulai kalau sudah menemukan tujuan kampus yang tepat. Kamu mempunyai dua opsi saat mendaftar, yaitu daftar secara online pada situs kampus langsung atau datang ke kampus.

Atau, kamu juga bisa meminta bantuan ICAN Education Consultant untuk mengurus perkuliahan di Australia. Bahkan, kamu dapat melakukan konsultasi kuliah luar negeri bersama para konselor berpengalaman untuk mendapatkan informasi penting agar perkuliahan berjalan lancar.

3. Pengajuan Visa

Kamu membutuhkan visa pelajar Australia jika ingin memulai studi ke Negeri Kangguru tersebut. Persyaratan visa bermacam-macam, bergantung pada kewarganegaraan dan jenis mata kuliah yang kamu ambil. Kamu juga perlu mencari informasi lebih lanjut pada situs web bagian imigrasi Australia.

Baca Juga: Persiapan Sebelum Kuliah di Australia

Estimasi Biaya Kuliah

Pendaftaran kuliah di Australia juga tidak lepas dari informasi besaran biaya kuliah. Menurut situs Numbeo, hasil survey pada tahun 2021 terkait besaran biaya hidup di Australia termasuk termahal ke-11 yang ada di dunia. Numbeo memberikan peringkat ke-6 bagi Australia dalam daftar negara dengan kualitas hidup tinggi.

Mengikuti perkuliahan di Australia artinya kamu harus membayar perkuliahan tiap mata kuliah. Sehingga, jumlah besaran biaya pendidikan bergantung pada banyaknya mata kuliah yang harus kamu ambil. Umumnya universitas di Australia menampilkan tabel harga indikatif pada situs web guna memberi gambaran estimasi biaya yang harus kamu tanggung sebagai mahasiswa internasional.

Pembayaran biaya kuliah mahasiswa internasional di Australia dilakukan di awal tiap tahun akademik. Banyak juga universitas yang menawarkan keringanan biaya dengan program beasiswanya. Berapa biaya kuliah S1 di Australia bergantung pada pilihan jurusan dan pilihan kampus. Secara umum, rata-rata biaya kuliah per tahun yaitu AUD30.000 untuk beberapa jurusan elit seperti Kedokteran dan Kedokteran Hewan.

Biaya kuliah pascasarjana secara bebas diatur oleh masing-masing lembaga di Australia. Rata-rata biaya kuliah pascasarjana di Australia mulai AUD20.000-AUD37.000 tiap tahun untuk biaya level kuliah magister, kecuali jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Sedangkan mahasiswa PhD mengeluarkan biaya AUD14.000-AUD37.000 tiap tahunnya.

Baca Juga:

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat syarat khusus pada spesialisasi jurusan. Untuk itu, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant guna mengetahui detail syarat kuliah untuk daftar kuliah spesialisasi...

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Bagi para pelajar yang punya panggilan jiwa di dunia kesehatan dan kedokteran, maka salah satu langkah terbaiknya adalah kuliah kedokteran di Malaysia. Negeri tetangga tersebut punya bidang kedokteran yang berkembang pesat. Pemerintah Malaysia menunjukkan perhatian...

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para pelajar di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kondisi lingkungan di bumi sedang kurang baik. Padahal lingkungan merupakan aspek utama yang bisa memberikan sumber...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat...

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Bagi para pelajar yang punya panggilan jiwa di dunia kesehatan dan kedokteran, maka salah satu...

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para...

3 Keuntungan Mengejar Gelar Master di Australia

Gelar master di Australia menjadi pilihan bagi banyak orang. Australia sendiri memiliki populasi...

Kuliah Musik di Kanada, Universitas Ini Bisa Jadi Pilihan!

Semua orang pasti suka mendengarkan musik. Jika kamu adalah salah satunya, dan punya kecintaan...