Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
perbedaan belajar bahasa inggris di luar negeri dan dalam negeri

Perbedaan Belajar Bahasa Inggris di Luar Negeri dan Dalam Negeri

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Perbedaan Belajar Bahasa Inggris di Luar Negeri dan Dalam Negeri

Belajar bahasa Inggris di luar negeri menawarkan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan belajar di dalam negeri. Kedua cara belajar bahasa inggris tersebut sangatlah berbeda, karena faktor lingkungan dan kebiasaan.

Bahasa Inggris adalah alat komunikasi atau bahasa internasional. Sehingga, ketika kamu berada di luar negeri, maka secara tidak langsung kamu sedang belajar Bahasa Inggris. Termasuk, ketika kamu sedang mengenalkan diri dalam Bahasa Inggris saat di luar negeri, maka pada saat itulah kamu secara tidak sadar sedang berlatih Bahasa Inggris.

Perbedaan Belajar Bahasa Inggris Di Dalam dan Luar Negeri

ICAN English sebagai lembaga kursus bahasa Inggris kali ini akan menjelaskan mengapa belajar bahasa inggris di luar negeri lebih efektif jika dibandingkan dengan belajar bahasa Inggris dalam negeri. Ketika kamu menjalani perkuliahan di luar negeri, tentu saja cara belajar Bahasa Inggrisnya sudah berbeda dengan di Indonesia. Berikut informasi tentang apa saja perbedaannya.

Kosa Kata

Dari segi kosa kata atau Vocabulary, jika kamu belajar di Indonesia, maka cenderung dihafalkan begitu saja. Tidak semua orang menggunakan vocabulary yang telah dipelajari dalam percakapan sehari-hari. Namun, ketika kamu belajar bahasa Inggris di negara yang lain, justru akan lebih efektik karena langsung diterapkan.

Kamu bisa langsung bercakap-cakap tentang sebuah kejadian menggunakan tenses. Atau, kamu juga bisa langsung mempelajari vocabulary lebih bervariasi, karena bercakap-cakap dengan orang pada berbagai usia. Penerapan percakapan dengan tingkat kesopanan tinggi adalah hal yang bisa kamu pelajari langsung, seperti ketika berbicara formal pada professor di kampus.

Latihan

Saat di bangku SMA, kamu mungkin sudah pernah belajar percakapan. Misalnya, saat pelajaran bahasa inggris, atau saat mengikuti kompetisi bahasa. Hal seperti ini tidak terjadi setiap hari. Berbeda jika kamu belajar bahasa inggris di luar negeri.

Kamu bisa langsung praktek menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari, baik di dalam atau di luar kelas. Hal ini karena Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional. Kamu bisa menggunakan bahasa tersebut sebagai alat komunikasi selama belajar di luar negeri.

Logat dan Dialek

Salah satu alasan penting mengapa harus belajar bahasa inggris di luar negera sendiri adalah karena memang sangat berbeda di Indonesia, dalam hal logat dan dialek. Ketika di luar negeri, misalnya Eropa atau Amerika, kamu berada pada lngkungan pribumi.

Mereka adalah native speaker, sehingga kamu bisa belajar dialek dan logat untuk membuat kamu lebih fasih dalam berbahasa Inggris. Di Amerika, kamu bisa mencoba ratusan program Bahasa Inggris, mulai dari Bahasa Inggris umum, Bahasa Inggris percakapan, dan kebudayaan Amerika.

Cara Belajar Bahasa Inggris di Luar Negeri

Sekarang, kamu sudah mengerti tentang apa saja perbedaan belajar bahasa inggris langsung di tempat native speaker atau belajar di Indonesia. Cara terbaik fasih berbahasa inggris adalah dengan berbaur ke negara asing tersebut.

Agar proses belajar lebih lancar, maka sebaiknya ingat komponen bahasa. Dalam bahasa inggris, terdapat komponen mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Kamu harus berlatih dari mendengarkan bahasa asing, memperoleh banyak vocabulary walaupun masih belum bisa menggunakannya.

Jika sudah terbiasa mendengarkan, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis. Cara berikutnya adalah terus praktek berbicara menggunakan kalimat sederhana. Semakin sering menggunakan bahasa inggris, maka secara otomatis kemampuan tersebut akan terus meningkat.

Walaupun perkuliahan di luar negeri dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris langsung terdengar membosankan, namun kamu bisa praktek bersosialisasi dengan masyarakat lokal. Misalnya, ketika kamu tinggal di homestay, maka kamu punya keluarga lokal untuk belajar bahasa. Itulah salah satu alasan mengapa belajar bahasa inggris di luar negeri jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan belajar didalam negeri.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan