Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
perbedaan master dan magister, apakah benar keduanya berbeda

Perbedaan Master dan Magister, Apakah Benar Keduanya Berbeda?

Beranda / Bacaan Umum / Perbedaan Master dan Magister, Apakah Benar Keduanya Berbeda?

Dunia perkuliahan memiliki banyak aspek yang cukup luas. Salah satu aspek yang paling penting adalah gelar setelah lulus kuliah. Mulai dari sarjana, master, magister hingga doctor menjadi hal yang harus diketahui lebih lanjut. Nah, sebenarnya apa perbedaan master dan magister? Ataukah keduanya adalah gelar yang sama?

Lebih Jauh Tentang Master dan Magister

Kedua gelar ini adalah gelar yang sama. Tidak ada perbedaan master dan magister. Di Indonesia, penyebutan untuk mereka yang berhasil menempuh S2 adalah Magister. Sedangkan, di luar negeri atau dalam bahasa Inggris gelar ini terkenal sebagai Master.

Untuk mendapatkan gelar ini, kamu membutuhkan waktu kuliah selama 1,5 hingga 2 tahun. Namun, banyak juga siswa yang berhasil menyelesaikannya dalam waktu 1 tahun saja. Hal ini tentu sangat bergantung pada kebijakan kampus dan gaya belajar kamu.

Jika dalam gelar S1 karya ilmiah yang berlaku adalah skripsi, maka dalam gelar ini, karya ilmiah yang harus selesai adalah tesis.

Beberapa gelar magister yang paling terkenal di luar negeri adalah MBA (Master of Business Administration). Di Inggris, gelar master ini diberikan kepada lulusan program sarjana, yang pada tahun terakhir mempelajari sebuah proyek riset utama.

Baca Juga: Gelar Master di Inggris dan Keuntungannya

Gelar lain yang cukup popular di luar negeri adalah Master of Arts (M.A), dan Master of Science (M.Sc.). Gelar M.A. diberikan kepada siswa yang menempuh pendidikan lanjut dalam bidang liberal arts. Bidang ini mencakup pendidikan, psikologi dan lainnya.

Sedangkan, gelar M.Sc. diberikan kepada siswa yang menempuh pendidikan lanjut dalam sains, misalnya matematika, teknik dan ekonomi.

Sementara itu, beberapa gelar master yang terkenal di Indonesia adalah

  • Magister Ilmu Politik (M.I.P.)
  • Magister Administrasi Pendidikan (M.A.Pd.)
  • Magister Administrasi Publik (M.A.P.)
  • Magister Keperawatan (M.Kep.)
  • Magister Kesehatan (M.Kes.)
  • Magister Teknik (M.T.)
  • Magister Ilmu Komputer (M.Kom.)
  • Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom.)

Di Indonesia, banyak kampus yang menawarkan kelas magister. Baik kampus negeri maupun swasta, keduanya menawarkan jenjang magister dalam bidang yang berbeda.

Kampus-kampus luar negeri juga membuka kelas mereka untuk siswa yang mengejar gelar pascasarjana. Untuk informasi kampus terbaik, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami akan memberikan informasi lengkap seputar universitas luar negeri dan jurusan apa yang tepat untuk kamu.

Baca Juga: Gelar S2 untuk Lulusan Luar Negeri

Mengapa Harus Mengejar Gelar Master?

Selama studi master, kamu akan belajar lebih banyak tentang subjek yang sebenarnya dan materi pembelajaran yang lebih spesifik dibandingkan dengan gelar sarjana. Misalnya, jika kamu lulus Biologi dengan gelar Sarjana, kamu dapat memperluas pengetahuan dengan Magister Botani, Zoologi, Biologi Kelautan, Biologi Molekuler dan Sel, dan lainnya.

Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang mata pelajaran yang Anda sukai. Lebih banyak pengetahuan berarti kamu akan menjadi ahli yang lebih baik di bidang ini.

Jika kamu mengejar Master penelitian, kamu akan dapat mengerjakan penelitian secara mandiri dan mengembangkan pemikiran dan ide di bidang yang kamu sukai. Dalam penelitian, kamu akan mendapatkan pengalaman dunia nyata yang akan meningkatkan CV dan prospek karir nantinya.

Baru-baru ini ada penelitian di Inggris yang membandingkan gaji tahunan rata-rata orang dengan gelar Sarjana dengan orang dengan gelar Master. Hasilnya adalah mahasiswa pascasarjana memperoleh 16% lebih banyak daripada mahasiswa sarjana.

Baca Juga: Tipe Gelar S2 di Luar Negeri yang Populer

Di Amerika Serikat perbedaannya bahkan lebih besar, mahasiswa pascasarjana mendapatkan 25% lebih banyak. Setiap negara tentu berbeda, tetapi kesimpulannya, kamu bisa mendapatkan lebih banyak dengan gelar Master.

Dengan gelar master, kamu akan memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuka peluang baru bagi diri sendiri. Ini berfungsi sebagai pendorong karier, membantu berpindah ke manajemen tingkat atas, posisi dengan keamanan lebih, dan kemungkinan peran dengan gaji lebih tinggi. Hal ini mungkin bisa memberikan keunggulan dibandingkan rekan-rekan yang memiliki pengalaman kerja serupa tetapi tidak memiliki gelar master.

Gelar master memungkinkan kamu untuk bertemu orang-orang yang berpikiran sama, yang terdiri dari orang-orang yang tertarik untuk menjadi spesialis di bidangnya atau ingin meningkatkan kemajuan karir mereka. Selain bertemu orang-orang yang berpikiran sama di kelas, mempelajari gelar master memberikan kesempatan untuk memperluas koneksi profesional. Siswa dapat berbaur dengan pakar industri dan pengubah permainan selama program mereka, memberikan peluang untuk berkolaborasi dan mungkin juga pekerjaan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan