Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
mengenal perguruan tinggi di australia

Mengenal Perguruan Tinggi di Australia

Beranda / Perkuliahan / Mengenal Perguruan Tinggi di Australia

Sektor perguruan tinggi di australia adalah daftar lembaga perguruan tinggi terakreditasi. Tanggung jawab keuangan dan kebijakan pendidikan perguruan tinggi merupakan bagian tugas dari pemerintah Australia. Sementara bagi Pemerintah Negara Bagian dan Wilayah, terdapat tanggung jawab legislative besar, sehingga universitas yang berdiri punya kewenangan mengatur lembaganya sendiri.

Setiap tahunnya, jumlah mahasiswa internasional memilih kuliah di Australia dan jumlahnya selalu meningkat. Australia bahkan jadi pilihan yang lebih populer jika dibandingkan dengan Inggris maupun AS. Reputasi Australia terbilang positif untuk menawarkan berbagai program studi inovatif, berkualitas tinggi, dan telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Ada banyak program studi yang justru biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan negara lain.

Sistem Perguruan Tinggi Australia

Australia mempunyai satu system kualifikasi nasional juga komprehensif pada Kerangka Kualifikasi Australia atau AQF. Apa itu AQF adalah sebuah system nasional dengan total 17 kualifikasi berbeda untuk menghubungkan semua universitas, pendidikan kejuruan dan pelatihan, dan juga pendidikan sekolah. AQF berperan sebagai penentu kualifikasi pendidikan Vocational Education and Training atau VET serta institusi perguruan tinggi. Berikut adalah hal-hal penting yang wajib kamu tahu tentang perguruan tinggi di australia:

Kualifikasi dan Syarat Masuk

Australia punya syarat kualifikasi nasional sesuai ketetapan Pemerintah Australia. Terdapat pengakuan nasional dan internasional pada tiap kualifikasi dan juga level pendidikan yang dimilikinya. Peluang masuk pada berbagai universitas di Australia benar-benar kompetitif, dibuthkan standar Bahasa Inggris tinggi pada studi tingkat sarjana dan pascasarjana.

Agar bisa masuk pada jenjang pendidikan tinggi program S1, skor minimal IELTS adalah 6.0, dan TOEFL iBT yaitu 79-80. Sedangkan jika ingin masuk program studi S2, skor IELTS minimal yaitu 6.5, dan TOEFL iBT yaitu 90-91.

Baca juga : Mengenal Pendidikan Kejuruan Di Australia

Kualifikasi Perguruan Tinggi

Diploma merupakan kualifikasi semi atau para-profesional untuk mereka yang bekerja dan memegang jabatan. Contohnya, petugas teknik, supervisor, atau pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan tenaga profesional. Sedangkan advanced Diploma merupakan kualifikasi profesional untuk yang bekerja sebagai ahli teknik, manajer, profesional, dengan posisi pendidikan tingkat lanjut atau transfer kredit pada program setara Sarjana di universitas.

Associate Degree disediakan di sejumlah universitas Australia dan penyelenggara perguruan tinggi lainnya, pada berbagai bidang studi. Penerimaan masuk pada jenjang associate degree membutuhkan sertifikat kelas 12 Australia atau setara dengan yang memasuki nilai masuk tersier.

Gelar Sarjana S1 atau Bachelor tersedia untuk persiapan awal karir profesional maupun studi pascasarjana. Dapat melibatkan studi penuh sampai paling tidak enam semester. Persyaratan masuk harus lulus sekolah menengah Australia atau Year 12, setara dengan luar negeri atau diploma, atau advanced diploma pada sektor Vocational Education and Training. Combined atau Double Degree yaitu gelar Ganda, bisa diperoleh mahasiswa lulusan sarjana dengan gelar gabungan, asalkan mengikuti satu atau dua tahun studi tambahan.

Graduate Entry Study tersedia di beberapa universitas yang bisa kamu peroleh dalam kurun waktu dua tahun studi, serta secara spesifik dibuat agar kamu bisa mengambil program master. Post Graduate Bachelor Degrees, yaitu program sarjana yang tidak bisa diambil peserta yang mempunyai sertifikat Year 12. Kebanyakan gelar tersebut adalah kualifikasi profesional untuk bidang arsitektur dan bangunan, pendidikan kedokteran, hukum, dan kesejahteraan sosial.

Gelar Pascasarjana dengan Riset, perkuliahan dengan 2/3 riset dan tesis substansial, membutuhkan waktu satu tahun kalender studi full-time. Syarat daftar masuk adalah gelar Sarjana Honours atau tahun pertama Pascasarjana. Terakhir yaitu Gelar Doktor Profesional yang bisa kamu peroleh setelah ikut riset gabungan dan kuliah gelar Pascasarjana Coursework, gelar Sarjana Honours, atau yang setara.

Baca Juga : Ketahui Tingkat Pendidikan Di Australia

Pilihan Pendidikan Tinggi Australia

Perguruan tinggi di australia tidak hanya universitas, tapi ada juga sekolah kejuruan yang dikelola pihak swasta dan pemerintah. Australia punya sekitar 42 universitas, dan 37 diantaranya merupakan universitas negeri, 3 universitas swasta, serta 2 universitas swasta internasional. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar perkuliahan di Australia dengan melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant.

Ada juga pendidikan vokasional dari institusi pendidikan penyelenggara TAFE atau Technical and Further Education, dibawah pengelolaan pemerintah. Program yang ada biasanya program berdurasi singkat, sehingga kamu bisa memperoleh sertifikat gelar seperti Diploma atau Certificate I-V, ada begitu banyak lembaga perguruan tinggi swasta yang menyediakan program kejuruan.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang seperti apa perguruan tinggi yang ada di Australia. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan kalau kamu punya cita-cita kkuliah di Australia. Kamu juga bisa berdiskusi dengan konsultan pendidikan ICAN Education Consultant untuk mewujudkan mimpi kuliah di negeri Kangguru tersebut.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan