Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
persiapan penting untuk kuliah di inggris

Persiapan Penting untuk Kuliah di Inggris

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Persiapan Penting untuk Kuliah di Inggris

Sebelum kuliah di Inggris, kamu perlu tahu persiapan apa saja yang dibutuhkan. Persiapan kuliah di Inggris ini perlu kamu ketahui secara lengkap agar bisa mempersiapkannya sedini mungkin. Semakin cepat persiapan dilakukan, maka semakin mudah pula proses pendaftaran kamu.

Ada raturan universitas di Inggris yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan. Saat menutuskan universitas yang tepat, kamu harus mempertimbangkan berbagai faktor, seperti biaya, kurikulum, cuaca, utilitas dan lingkungan sekitar.

Apa Saja Persiapan Kuliah di Inggris?

Berbagai persiapan penting untuk kuliah di Inggris perlu kamu ketahui. Selain mempersiapkan dokumen untuk pendaftaran, berikut beberapa persyaratan kuliah yang perlu kamu persiapkan.

Persiapan Visa Pelajar

Untuk dapat belajar di Inggris, kamu membutuhkan visa yang benar dan mengatur dokumen lain yang diperlukan. Meskipun tidak rumit untuk mendapatkannya dan Inggris selalu mendukung siswa internasional, kamu perlu memastikan bahwa sudah memiliki visa.

Visa yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung dari negara asal. Tetapi jika kamu berasal dari negara Uni Eropa, kamu tidak perlu mengajukan permohonan visa untuk belajar di Inggris. Di beberapa universitas ada staf khusus untuk membantu siswa dengan visa mereka, jadi cari tahu apakah universitas tujuan kamu bisa membantu dalam proses pengajuan visa.

Jika studi selama kurang dari enam bulan, kamu bisa mengajukan permohonan bisa pelajar jangka pendek. Namun, jika berencana untuk kuliah selama lebih dari enam bulan, kamu membutuhkan visa pelajar Tier 4.

Baca juga : Ini Dia Jenjang Karier Setelah Lulus Kuliah Di Inggris

Atur Akomodasi

Ada banyak pilihan akomodasi mahasiswa di Inggris yang bisa dipilih tergantung anggaran. Sebagian besar siswa tinggal di akomodasi universitas atau memilih untuk menyewa kamar dari pemilik pribadi.

Kamu harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari akomodasi universitas atau akomodasi pribadi. Biasanya, akomodasi universitas menetapkan biaya yang lebih murah daripada akomodasi pribadi.

Buat Akun Bank di Inggris

Pertimbangkan untuk membuat akun bank sendiri di Inggris, ketika kamu tinggal di negara ini untuk beberapa bulan. Ini akan membuat kamu lebih mudah untuk menyimpan uang dan membayar tagihan.Tetapi mungkin perlu beberapa saat untuk menyiapkan rekening bank ini.

Ada banyak bank di Inggris yang bisa kamu gunakan untuk membuka rekening, termasuk HSBC, Lloyds, NatWest, Santander, Halifax, dan Barclays. Untuk membuka akun, kamu memerlukan identifikasi dan dokumentasi yang sesuai.

Baca Juga:
Syarat dan Cara Daftar Kuliah di Inggris

Kunjungi Dokter

Sebelum berangkat, disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik lengkap, serta memastikan vaksinasi kamu sudah up to date. Beri tahu perusahaan asuransi kesehatan bahwa kamu akan bepergian ke luar negeri, dan bawa dokumen pendukung kesehatan ke Inggris. Perawatan kesehatan gratis di Inggris melalui NHS, dan ketika tiba, kamu dapat mendaftar ke dokter universitas.

Persiapkan Diri untuk Kehidupan yang Berbeda

Inggris menyambut orang-orang dari seluruh dunia dan memiliki budaya yang sangat beragam. Jadi kamu akan bertemu banyak siswa internasional.

Jika kamu belum mengetahuinya, Inggris dikenal dengan cuacanya yang basah dan terkadang cukup dingin. Cuaca di Inggris juga tidak terduga dan hari hujan cukup sering terjadi. Jangan lupa mengemas banyak pakaian hangat. Ketika universitas dimulai pada bulan September, ini adalah awal musim gugur yang bisa lebih dingin dari kebanyakan tempat.

Persiapan kuliah di Inggris bisa lebih mudah jika kamu menggunakan layanan dari agen pendidikan luar negeri, seperti ICAN Education Consultant. Tim kami akan memberikan bantuan lengkap seputar perkuliahan luar negeri.

Baca Juga : Cara Mendaftar UCAS Untuk Kuliah Di Inggris

Kesulitan Kuliah di Inggris

Sebagai siswa internasional, menemukan kesulitan ketika kuliah di luar negeri tentu akan kamu temui. Namun, dengan adaptasi yang baik, semua kesulitan ini bisa kamu lewati.

Memiliki teman di Inggris atau mengetahui lebih banyak seputar negara ini pasti akan membantu. Namun culture shock masih sulit untuk dihindari terutama bagi siswa internasional. Sangat membantu jika kamu dapat menceritakannya dengan teman atau keluarga.

Kesulitan lain adalah biaya yang cukup mahal. Hal ini dapat menyebabkan beberapa kesulitan keuangan bagi beberapa siswa. Namun, kamu dapat mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu. Siswa internasional sendiri secara hukum diijinkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu hingga 20 jam seminggu.

Cobalah mencari pekerjaan di universitas (jika ada), atau belajar memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Kamu mungkin menemukan beberapa pekerjaan yang sangat menarik dan tidak jauh dari universitas kamu.

Lakukan sedikit riset tentang diskon pelajar yang tersedia di Inggris. Kamu bisa mendapatkan NUS Card yang bisa memberikan diskon untuk naik bus dan belanja online, Young Person Card yang bisa menghemat 1/3 tiket kereta api atau Oyster Card pelajar jika kamu tinggal dan belajar di London.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
Event PSB Academy
UTS College Bekasi
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan