Perkuliahan

Beranda » Blog » Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Jerman

Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Jerman

Sebelum memulai kuliah di Jerman, pastikan kamu telah melengkapi semua persiapan yang penting. Persiapan kuliah di Jerman menjadi hal penting yang harus kamu ketahui.

Negara Eropa Barat ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk belajar di luar negeri, karena banyak faktor, seperti pendidikan kelas dunia, keterjangkauan, budaya yang indah dan sejarah yang kaya. Ribuan siswa internasional pergi ke Jerman setiap tahun, menjadikannya pusat siswa internasional yang beragam.

Baca Juga: Persyaratan Kuliah di Jerman yang Perlu Kamu Tahu

3 Persiapan Kuliah di Jerman

Ada banyak persiapan kuliah di Jerman yang perlu kamu tahu. Beberapa di antaranya perlu kamu pahami dengan baik karena menjadi hal penting sebelum ke berangkat ke Jerman.

Nah, beberapa persiapan kuliah di Jerman yang perlu kamu ketahui adalah

1. Persiapkan Akomodasi

Fasilitas akomodasi tidak tersedia untuk setiap universitas di Jerman. Universitas-universitas yang menawarkan akomodasi mahasiswa, biasanya memiliki asrama afiliasi atau asrama mahasiswa. Selain itu, beberapa universitas menawarkan akomodasi satu orang dan kamu harus menghubungi universitas jika ingin tinggal di salah satunya.

Siswa internasional di Jerman biasanya tinggal di flat bersama, namun kamu perlu menemukan apartemen lebih awal. Ada sumber daya yang tersedia dalam bahasa Inggris yang dapat kamu periksa secara online, namun pastikan kamu melakukan penelitian dengan baik sehingga bisa menemukan tempat yang tepat dan dekat dengan kampus.

2. Belajar Bahasa

Jika kamu akan kuliah dalam program sarjana atau magister dalam bahasa Inggris, IELTS adalah wajib di sebagian besar universitas Jerman. Jika kamu berencana untuk belajar gelar sarjana di Jerman, akan sangat disarankan untuk belajar bahasa Jerman setidaknya hingga tingkat A2.

Pelamar gelar master yang mendaftar untuk mempelajari program pengajaran bahasa Inggris harus belajar bahasa Jerman setidaknya tingkat A1 saat mereka masih di negara asalnya.

3. Temukan Sumber Keuangan

Langkah selanjutnya adalah memastikan kamu memiliki sarana keuangan yang diperlukan untuk tinggal dan belajar di Jerman. Berdasarkan undang-undang saat ini, setiap siswa asing non-UE atau non-EEA harus memiliki sarana keuangan yang layak untuk membiayai masa tinggal mereka di Jerman selama masa studi mereka.

Sebagai siswa internasional di Jerman, kamu harus memiliki setidaknya €10,332 yang diperkirakan cukup untuk memenuhi biaya hidup mahasiswa pada tahun pertama di Jerman. Jumlah uang ini perlu disetorkan ke rekening bank Jerman yang diblokir.

Lakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant untuk mendapatkan informasi lengkap seputar kuliah di Jerman. Tim konselor kami akan memberikan informasi apa saja yang menjadi persiapan penting sebelum kuliah di Jerman.

Baca Juga: Kisaran Biaya Kuliah S1 di Jerman

Biaya Hidup Selama Kuliah di Jerman

Dibandingkan dengan negara di Eropa lainnya, biaya hidup di Jerman cukup terjangkau. Berdasarkan estimasi pada 2021 lalu, siswa internasional di Jerman akan menghabiskan setidaknya €861 per bulan untuk menutupi biaya hidup mereka yang berarti sekitar 10.332 EUR/tahun.

Biaya makanan, tagihan, dan pakaian terjangkau, namun salah satu tantangan yang mungkin kamu hadapi adalah biaya sewa bulanan. Biasanya, siswa tinggal di flat bersama dengan siswa lain dan mereka berbagi biaya akomodasi dan utilitas. Selain itu, pekerjaan paruh waktu adalah cara lain siswa mendapatkan sedikit penghasilan tambahan selama studi mereka.

Baca Juga:

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat syarat khusus pada spesialisasi jurusan. Untuk itu, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant guna mengetahui detail syarat kuliah untuk daftar kuliah spesialisasi...

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Bagi para pelajar yang punya panggilan jiwa di dunia kesehatan dan kedokteran, maka salah satu langkah terbaiknya adalah kuliah kedokteran di Malaysia. Negeri tetangga tersebut punya bidang kedokteran yang berkembang pesat. Pemerintah Malaysia menunjukkan perhatian...

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para pelajar di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kondisi lingkungan di bumi sedang kurang baik. Padahal lingkungan merupakan aspek utama yang bisa memberikan sumber...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat...

Serba Serbi Kuliah Kedokteran di Malaysia

Bagi para pelajar yang punya panggilan jiwa di dunia kesehatan dan kedokteran, maka salah satu...

Seputar Jurusan Ilmu Lingkungan di Australia

Ilmu lingkungan adalah salah satu program studi yang belakangan ini banyak dipilih oleh para...

3 Keuntungan Mengejar Gelar Master di Australia

Gelar master di Australia menjadi pilihan bagi banyak orang. Australia sendiri memiliki populasi...

Kuliah Musik di Kanada, Universitas Ini Bisa Jadi Pilihan!

Semua orang pasti suka mendengarkan musik. Jika kamu adalah salah satunya, dan punya kecintaan...