Universitas

Beranda » Blog » Pilihan Universitas Negeri di Jepang

Pilihan Universitas Negeri di Jepang

Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, universitas negeri di Jepang juga sangat populer dan diminati oleh banyak mahasiswa Internasional. Pasalnya Negeri Sakura ini menawarkan sistem pendidikan yang berkualitas dan mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing di kancah internasional.

Selain itu, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk memillih universitas negeri di Jepang dengan agen pendidikan luar negeri. Salah satunya adalah ICAN Education Consultant, sebagai konsultan kuliah luar negeri yang akan memberikan informasi lengkap.

Baca Juga: 3 Universitas di Tokyo Jepang

Universitas Negeri di Jepang

Tercatat hingga februari 2011 terdapat perguruan tinggi negeri di Jepang. Beberapa diantaranya pernah berstatus sebagai universitas kekaisaran Jepang. Mulai dari Universitas Hokkaido, Universitas Tohoku, Universitas Tokyo, Universitas Nagoya, hingga Universitas Kyoto. Untuk mengenal lebih dalam berikut ini ulasan mengenai universitas negeri yang ada di Jepang.

1.      Hokkaido University

Hokkaido University merupakan salah satu universitas negeri yang berada di Sapporo, Hokaido, Jepang. Berdiri pada tahun 1876 sebagai Sekolah Tinggi Pertanian Sapporo. Kemudian berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Universitas Imperial Tohoku pada Juni 1907. Hingga tahun 1918 sekolah tinggi ini digabungkan dengan Universitas Imperial Hokkaido.

Hokkaido University kemudian diresmikan pada oktober 1949. Pada tahun tersebut universitas negeri di Jepang ini membuka beberapa fakultas baru seperti : pendidikan, ilmu pengetahuan alam, kedokteran, ilmu perikanan, teknik pertanian, serta fakultas sastra dan hukum.

2.      Tohoku University

Universitas negeri ini terletak di Sendai, Prefektur Miyagi wilayah Tohoku, Jepang. Pada mulanya berdiri sebagai Universitas Imperial ketiga di Jepang pada tahun 1907. Memiliki 10 fakultas dan 15 sekolah pascasarjana dengan jumlah mahasiswa sekitar 17.883.

Tohoku University diresmikan setelah Perang Dunia ke II pada Oktober 1947 Universitas Imperial Tohoku berganti nama menjadi Universitas Tohoku. Kemudian membuka beberapa fakultas secara bertahap mulai dari Fakultas Pertanian, Hukum dan Sastra yang dimekarkan menjadi Fakultas Hukum, dan masih banyak lagi.

3.      Tokyo University

Universitas Tokyo berdiri pada tahun 1877 pada Pemerintahan Era Meiji dengan nama Tokyo University. kemudian berganti nama Setelah melakukan penggabungan beberapa perguruan tinggi di bidang kedokteran dan pembelajaran Barat. Pada tahun 1886 menjadi Universitas Kekaisaran dan Universitas Kekaisaran Tokyo tahun 1887.

Setelah Jepang kalah pada Perang Dunia ke II universitas kembali dengan nama semula menjadi Universitas Tokyo pada tahun 1947. Terdapat lima kampus di wilayah yang berbeda yaitu di Hongo, Kashiwa, Komaba, Shirokane, dan Nakano.

4.      Nagoya University

Nagoya University merupakan universitas negeri di Jepang  yang berada di Chikusa-ku, Nagoya. Berdiri pada tahun 1871 sebagai sekolah medis. Kemudian berubah nama pada tahun 1871 menjadi Nagoya Imperial University dan berganti nama menjadi Nagoya University pada tahun 1947. Di tahun 2004 berganti nama menjadi National University Corporation.

Universitas Nagoya menjadi universitas ketiga yang menerima banyak mahasiswa asing dari berbagai Negara seperti AS, Korea, Cina, dan Indonesia. setidaknya terdapat lebih dari mahasiswa asing yang belajar di beberapa fakultas universitas ini.

5.      Kyoto University

Kyoto University merupakan universitas negeri yang ada di Kyoto, Jepang. pada mulanya didirikan sebagai Universitas Imperial Tokyo di tahun 1897 dan menjadi universitas negeri tertua kedua di Jepang. Universitas ini memiliki 10 fakultas, 13 institut riset, 17 sekolah pascasarjana dan 29 pusat riset dan pendidikan.

Kampus Universitas terletak di pusat kota Tokyo yaitu kampus Yoshida. Sedangkan kampus lainnya yaitu kampus Uji dan Kampus Katsura. Adapun kampus Uji terletak di Uji menjadi pusat riset energi dan ilmu alam. Kemudian Kampus Katsura berdiri pada Oktober 2003 yang berlokasi di kampus utama.

Baca Juga: Bisakah Kuliah di Jepang dengan Bahasa Inggris?

Estimasi Biaya Hidup Kuliah di Jepang

Berdasarkan hasil survey biaya hidup dari konsultan investasi Mercer, Jepang memiliki biaya hidup yang lebih tinggi keempat di Asia tahun 2019. Sebagai negara yang maju di Benua Asia tidak aneh jika untuk tinggal di sana kamu harus menyiapkan anggaran yang lebih besar. Untuk mengetahui perkiraan biaya hidup di Jepang berikut ini pemaparannya.

1. Biaya Kuliah di Jepang

Untuk kuliah 2 semester di Jepang rata-rata mahasiswa disana membutuhkan biaya sekitar 600.000 Yen per bulan. angka tersebut belum termasuk biaya lainnya seperti sewa tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya. Bagi mahasiwa yang memilih tinggal di luar kampus, misalnya di apartemen membutuhkan anggaran sekitar 20.000-60.000 Yen perbulan.

Biaya lainnya yang harus kamu persiapkan dalam anggaran perencanaan yaitu sekitar 240.000-420.000 Yen. Sehingga jika dijumlakan total keseluruhan total biaya selama kuliah di Jepang adalah sekitar 2.140.000-6.760.000 Yen per tahun.

2. Biaya Hidup Di Jepang

Dalam satu bulan setidaknya kamu akan membutuhkan anggaran sekitar 30.000-60.000 Yen untuk biaya makan. Sedangkan untuk kebutuhan lainnya seperti listrik, gas, dan air untuk satu bulan kamu memerlukan biaya sekitar 15.000 Yen. Adapun biaya transportasi dalam satu bulan yaitu sekitar 10.000-25.000 Yen.

Biaya lainnya seperti anggaran untuk melakukan hobi atau sekedar rekreasi kamu harus menyiapkan setidaknya 6.000 Yen. Biaya lainnya yang mungkin dibutuhkan adalah sekitar 7.000 Yen. Biaya diatas merupkan perkiraan yang bisa dijadikan kisaran awal untuk kamu sebelum memutuskan untuk kuliah ke Jepang.

Universitas Negeri di Jepang diantaranya adalah Kyoto Universirty, Tokyo University, Hokkaido University, dan lain sebagainya. Kamu dapat memilih kampus negeri mana saja yang sesuai dengan kebutuhanmu, Namun, pastikan hal tersebut diputusakan dengan secara matang.

Baca Juga:

Kuliah Hukum di Australia, Universitas ini Bisa Jadi Pilihan!

Kuliah Hukum di Australia, Universitas ini Bisa Jadi Pilihan!

Mempelajari hukum memberikan kamu kesempatan untuk memperoleh berbagai keterampilan dan belajar tentang berbagai aspek kemanusiaan. Kuliah hukum di Australia bisa jadi pilihan terbaik untuk banyak siswa internasional. Siswa akan belajar tentang berbagai topik dalam...

Universitas Singapura Terbaik di Tahun 2023

Universitas Singapura Terbaik di Tahun 2023

Universitas di Singapura telah mendominasi peringkat dunia. Banyak siswa memilih Singapura sebagai salah satu tempat pendidikan, karena kedekatannya dan peluang karir yang sangat baik. Sistem pendidikan tinggi serta kesempatan kerja juga telah menarik calon siswa dari...

5 Universitas Terbesar di Korea Selatan

5 Universitas Terbesar di Korea Selatan

Korea Selatan menjadi salah satu negara incaran siswa internasional. Negara tersebut tidak hanya unggul dalam dunia K-Pop, K-drama, dan tayangan hiburan lainnya, tetapi juga dalam pendidikan. Apalagi saat ini banyak pelajar dari Indonesia yang memiliki cita-cita untuk...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Kuliah Hukum di Australia, Universitas ini Bisa Jadi Pilihan!

Mempelajari hukum memberikan kamu kesempatan untuk memperoleh berbagai keterampilan dan belajar...

Universitas Singapura Terbaik di Tahun 2023

Universitas di Singapura telah mendominasi peringkat dunia. Banyak siswa memilih Singapura sebagai...

5 Universitas Terbesar di Korea Selatan

Korea Selatan menjadi salah satu negara incaran siswa internasional. Negara tersebut tidak hanya...

Daftar Universitas Terbaik di Inggris 2023

Universitas terbaik di Inggris 2023 bisa menjadi tujuan bagi pelajar internasional yang tertarik...

Rekomendasi Universitas Psikologi Terbaik Di Dunia

Beberapa universitas psikologi terbaik di dunia ini menjadi opsi terbaik untuk kamu yang memiliki...