Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
seperti apa sistem pendidikan di belanda cari tahu di sini

Seperti Apa Sistem Pendidikan di Belanda? Cari Tahu di Sini!

Beranda / Perkuliahan / Seperti Apa Sistem Pendidikan di Belanda? Cari Tahu di Sini!

Secara keseluruhan, sistem pendidikan di Belanda berjalan dengan sangat baik, tetapi sangat berbeda dengan kebanyakan negara lain. Selain itu, ada beberapa kebijakan berbeda di setiap kota.

Sistem pendidikan di Belanda memiliki fokus pada kerja tim sehingga akan tercipta lingkungan yang idel untuk bersosialisasi. Gaya mengajar di sekolah dan universitas di Belanda sangat interaktif dan berpusat pada siswa. Para pengajar akan memberikan perhatian dan kebebasan untuk siswa dapat mengembangkan kreativitas mereka.

Mengenal Sistem Pendidikan di Belanda

Anak-anak di Belanda harus menjalani 8 tahun pendidikan dasar, dan 4 hingga 6 tahun pendidikan menengah. Setelah sekolah menengah, siswa bisa melanjutkan ke pendidikan kejuruan atau pendidikan tinggi.

Di Belanda, tersedia Lembaga publik dan swasta di semua tingkat system pendidikan. Lembaga swasta biasanya berdasarkan pada prinsip agama atau ideologis.

Pendidikan dasar untuk anak dalam kelompok usia 4 hingga 12 tahun dan wajib bagi anak-anak dari usia 5 tahun. Sekolah dasar memiliki delapan kelas, kelompok 1 sampai kelompok 8 (usia 12).

Pada usia 12 tahun, anak-anak akan mengikuti salah satu dari jenis pendidikan menengah, sebagai berikut:

  • Pendidikan menengah kejuruan (vmbo) durasi 4 tahun
  • Pendidikan menengah atas umum (havo) –  durasi 5 tahun
  • Pendidikan persiapan universitas (vwo) durasi 6 tahun

Belanda memiliki kementerian yang bertanggung jawab atas pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, penelitian, kesetaraan gender, dan komunikasi. Kementerian ini adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan (OCW).

Terlepas dari beberapa sekolah swasta yang membayar, semua sekolah didanai oleh kementerian ini. Kementerian menetapkan standar kualitas, tujuan inti, target pencapaian, dan tujuan sosial yang harus dipatuhi semua sekolah. Namun, masing-masing sekolah mengisi rincian kurikulum dan alokasi anggaran.

Sementara itu, peraturan mengenai kehadiran di sekolah Belanda sangat ketat. Para siswa hanya boleh bolos sekolah karena alasan yang sangat spesifik, seperti perayaan penting dalam keluarga atau keadaan darurat.

Keunggulan Pendidikan Belanda

Peringkat Belanda sangat baik di banyak bidang pendidikan. Bahkan, World Economic Forum telah menempatkan Belanda sebagai negara terdidik ketiga di dunia. Selain itu, dalam peringkat Pisa/OECD global yang terkenal untuk anak berusia 15 tahun, Belanda terdaftar sebagai salah satu negara dengan kinerja tertinggi.

Sepertiga orang Belanda berusia 25-64 tahun memiliki gelar sarjana, yang secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata OECD sebesar 24%.

Belanda juga mendapat skor di antara negara-negara top dunia untuk kesetaraan dalam kesempatan pendidikan, dan 13 universitas di Belanda yang didanai negara biasanya mendapat nilai bagus di The Times Higher Education World University Rankings.

ICAN Education Consultant menyediakan berbagai informasi mengenai universitas di Belanda. Kamu bisa menggunakan layanan konsultasi universitas luar negeri Bersama tim konselor professional di ICAN Education.

Baca juga:
Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia, Ada Di Negara Apa Saja?
Keuntungan Kuliah Di Belanda Yang Akan Kamu Rasakan

Perguruan Tinggi di Belanda

Bagi kamu yang akan kuliah di Belanda, ada dua jenis pendidikan tinggi di Belanda, yakni berorientasi penelitian dan berorientasi pada profesi. Pendidikan yang berorientasi pada penelitian tersedia di universitas riset. Sementara, pendidikan professional yang lebih tinggi tersedia di universitas ilmu terapan.

Program pada universitas ilmu terapan biasanya mempersiapkan siswa untuk profesi tertentu dan cenderung lebih praktis. Mereka mengarah ke gelar sarjana atau master. Sementara, program di universitas riset fokus pada aspek teoritis dan mempersiapkan siswa untuk melakukan penelitian independen. Ini juga akan mengarah pada gelar sarjana atau master hingga PhD.

Untuk bisa masuk ke program sarjana di universitas riset, kamu membutuhkan ijazah sekolah menengah VWO. Siswa yang telah menyelesaikan tahun pertama di universitas ilmu terapan juga bisa masuk ke universitas riset.

Untuk masuk ke program sarjana di universitas ilmu terapan, syarat minimum adalah ijazah sekolah menengah HAVO. Penting untuk mencari tahu terlebih dahulu syarat umum di masing-masing universitas tujuan kamu.

ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Balikpapan
Macquarie
SIM
Queensland
Auckland

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan