Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
seperti apa sistem pendidikan di jerman

Seperti Apa Sistem Pendidikan Di Jerman?

Beranda / Perkuliahan / Seperti Apa Sistem Pendidikan Di Jerman?

Ketika kamu mendengar kata Jerman, maka hal yang terlintas pertama adalah sistem pendidikan di Jerman selalu berkualitas. Jerman menjadi salah satu destinasi pendidikan populer bagi kalangan mahasiswa internasional karena sistem pendidikannya penuh dedikasi. Hal ini membuat Jerman memperoleh kepercayaan khusus dari para pelajar di seluruh dunia.

Bukti nyata Jerman mempunyai kualitas pendidikan terbaik adalah karena banyak Universitas top dunia di negeri tersebut. Konsep inovatif dalam pendidikan, fasilitas lengkap, dan faktor pendukung lainnya membuat sistem pendidikan di Jerman tersebut tidak alakadarnya.

Fakta Menarik Tentang Sistem Pendidikan Jerman

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana sistem pendidikan di Jerman, kamu bisa menggunakan berbagai informasi menarik sekaligus fakta tentang kuliah di Jerman sebagaimana berikut:

1. Terdepan dalam hal penelitian dan pengajaran

Jerman sangat memprioritaskan ilmu pengetahuan, metode perkuliahan, juga penelitian. Jadi, negara ini tidak hanya melakukan penelitian atau pengembangan pada perusahaan tetapi juga harus diterapkan dalam lembaga penelitian universitas dan universitas.

Inilah alasan utama mengapa Jerman selalu terkenal inovatif dalam hal penelitian. Negara ini juga berhasil memberikan pengaruh besar terhadap dunia sekaligus kualitas pendidikan yang tersedia.

Baca juga : Kuliah Di Jerman? Jurusan Kuliah Terbaik Di Negara Ini

2. Menawarkan banyak jurusan

Mahasiswa internasional memilih Jerman sebagai destinasi pendidikan karena program akademik tersedia dalam berbagai pilihan dengan kualitas yang tidak main-main. Sedangkan untuk lembaga perguruan tinggi ilmu terapan menyediakan pilihan praktik bervariasi.

Kamu juga wajib tahu bahwa kurikulum di Jerman berbasis pada ketentuan dan perubahan konstan supaya bisa menghasilkan pendekatan komprehensif dalam perkuliahan dan riset. Jadi kamu tidak akan bingung ketika memilih jurusan karena variasinya mencapai ratusan dengan beberapa bidang andalan yaitu sains, teknik, dan teknologi.

Jika kamu masih ragu kuliah di Jerman karena bingung menentukan jurusan, kamu bisa meminta bantuan konsultan pendidikan seperti ICAN Education Consultant dan menggunakan layanan konsultasi universitas luar negeri. Sebagai agen pendidikan, seringkali menyediakan informasi lengkap karena sudah menjalin Mitra dengan kampus tujuan sehingga seluruh informasi yang diperoleh tentunya valid untuk memperlancar rencana kuliah pada  jurusan pilihan.

3. Warisan budaya dan sejarah tinggi

Jerman punya sejarah kompleks, juga kaya dan unik. Masyarakat lokalnya punya kontribusi besar dalam perubahan sejarah, budaya, dan ilmiah di negara ini.

Jerman juga menawarkan peluang besar supaya kamu bisa belajar lebih dalam tentang budaya dan sejarah negara tersebut. Selain ruang lingkup perkuliahan, kamu juga bisa menikmati berbagai sudut Jerman termasuk tempat historis untuk menambah wawasan.

Baca Juga : Cara Memilih Agen Pendidikan Untuk Kuliah Di Jerman

Sistem Pendidikan Universitas Di Jerman

Setelah mengetahui berbagai fakta menarik tentang sistem pendidikan yang ditawarkan di Jerman, perlu kamu ketahui bahwa sistem perkuliahan menggunakan European Credit And Accumulation System. Setiap semesternya rata-rata perkuliahan berbobot 30 ECTS dengan penilaian skala 5,0 adalah terendah dan 1,0 adalah tertinggi.

Sistem pendidikan di Jerman juga termasuk bergantung pada bahasa Jerman. Setelah lulus SMA, jika kamu ingin memilih universitas di Jerman maka harus mengikuti kelas selama satu semester syarat masuk study enkolleg. Artinya kamu harus studi lebih lama, karena 6 bulan waktu tambahan setelah lulus SMA sebelum daftar ke Universitas.

Jika tidak ingin harus mengikuti program bahasa, maka sebaiknya ambil Jerman dari kelas 1 2 dan 3 supaya bisa melengkapi syarat masuk pada ujian bahasa Jerman Universitas pilihan. Kuliah di Jerman juga terdapat masa studi yang sudah ditetapkan oleh Universitas atau juga masa studi rata-rata yang diperlukan oleh masing-masing mahasiswa.

Kedua jenis sistem pendidikan di Jerman ini bisa terpaut jauh. Misalnya jika kamu mengambil jurusan tertentu dengan masa studi yang ditetapkan oleh Universitas bisa membutuhkan waktu hingga 9 semester untuk lulus.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan