Perkuliahan

Beranda » Blog » Program Student Exchange di Curtin University

Program Student Exchange di Curtin University

Curtin University Student Exchange merupakan program pertukaran mahasiswa, dimana mahasiswa akan belajar di luar program studinya di Australia melalui Curtin University. Student exchange dapat membuka peluang untuk menemukan budaya baru, relasi baru dan pengalaman belajar di luar negeri dengan wawasan yang lebih luas.

Baca Juga: Jurusan Information Technology di Curtin University

Persyaratan Curtin University Student Exchange

Jika kamu berniat untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ini, kamu perlu mengetahui persyaratan utama yang perlu kamu miliki. Adapun persyaratan program Curtin University Student Exchange diantaranya sebagai berikut.

1. Persyaratan Akademik

Program pertukaran mahasiswa ke luar negeri, khususnya pada program Curtin University Student Exchange mengharuskan kamu memiliki kriteria kelayakan pada nilai Akademik. Kamu perlu setidaknya nilai IPK 3.00 saat akan berencana mengikuti program pertukaran ini.

Selain itu kamu juga perlu menyiapkan diri untuk melakukan wawancara serta menuliskan essay dalam bahasa Inggris. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu memahami proses pembelajaran di universitas tujuan kamu nantinya.

2. Kesehatan

Ketika kamu akan mengikuti program Curtin University Student Exchange, maka kamu perlu memastikan diri dalam keadaan sehat. Untuk membuktikannya, kamu perlu melampirkan catatan kesehatan yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit. Adapun beberapa penyakit yang tidak dapat masuk dalam kualifikasi yaitu asma dan alergi cuaca.

3. Mampu Secara Finansial

Pada program Curtin University student exchange kamu akan memerlukan sejumlah pembiayaan mulai dari akomodasi, biaya sekolah hingga uang saku. Selain itu program terselenggara selama dua semester, sehingga kamu perlu menghitung jumlah biaya yang kamu perlukan  selama mengikuti program pertukaran pelajar.

Cara Mendaftarkan diri program Curtin University Student Exchange

Curtin University Student Exchange dilakukan pada tiap semester setiap tahunnya. Untuk semester satu telah dibuka pada tanggal 15 Juni 2022 dan semester dua berlaku pada tanggal 15 Januari 2023. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk mendaftarkan diri pada student exchange yaitu sebagai berikut.

1. Hadir pada Sesi Informasi Go Global

pada bagian ini sangat penting, untuk mengetahui peluang yang dapat kamu ambil sesuai dengan program yang kamu minati. Dalam hal ini kamu perlu mengisi aplikasi dengan menjawab setiap pertanyaan dengan segala hal yang kamu ketahui.

2. Mengirim Aplikasi Go Global

Setelah mengkonfirmasi kelayakan serta bersiap memulai aplikasi kamu, selanjutnya kamu perlu mengisi formulir proposal rencana studi. Setelah itu kamu akan menerima kredit studi penuh waktu dalam Curtin University student exchange  yaitu 75 hingga 100 kredit. Hal ini tentunya setelah memenuhi persyaratan dari pendaftaran minimum.

3. Ditujukan Pada Universitas Pilihan

pada tahap ini tim dari Go Global akan mencari tempat yang tepat bagi kamu di universitas tuan rumah yang telah kamu pilih. Tim ini akan mencari mulai dari preferensi pertama pilihan kamu, akan tetapi hal ini juga bisa jadi tidak berlaku, menyesuaikan dengan kondisi dan aturan yang berlaku.

4. Melakukan Pendaftaran Pada Universitas Yang Dituju

Jika kamu telah dipilih dan diterima pada universitas tujuan kamu untuk melakukan program curtin university student exchange, maka tahap selanjutnya adalah melengkapi formulir aplikasi dari universitas tujuan kamu beserta dokumen sebagai pendukung. Adapun penerimaan secara resmi dilakukan setelah pengajuan aplikasi kamu selesai.

5. Bersiap Melakukan Keberangkatan

Sesaat setelah kamu dinyatakan diterima resmi oleh universitas tujuan, kamu perlu memulai persiapan perjalanan. Mulai dari memilih akomodasi perjalanan, sebagai informasi universitas tuan rumah biasanya telah mengatur akomodasi serta keberangkatan kamu nantinya. Selain itu juga menginformasikan mengenai rincian akomodasi, visa dan tanggal kedatangan.

Baca Juga: Mengenal Pathway di Curtin University

Keuntungan Mengikuti Student Exchange

Program pertukaran pelajar tidak hanya sekedar sebagai studi banding program pendidikan ke luar negeri. Lebih dari itu kamu akan mendapatkan pengalaman yang berkesan yang penting untuk target program pendidikan serta karir kamu di masa mendatang. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti Student Exchange.

Kamu bisa mulai konsultasikan mengenai program pertukaran mahasiswa luar negeri ini bersama ICAN Education Consultant. Sebagai salah satu konsultan pendidikan luar negeri yang terpercaya. Selain itu, para ahli yang bertugas di lembaga tersebut akan membantumu dalam proses pendafatraan. Selain itu, akan membantu mengenal lebih jauh mengenai kehidupan di kampus yang dituju, mempersiapkan dirimu lebih matang, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan pertukaran mahasiswa, kamu akan berjumpa dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari luar negeri. Dengan demikian kamu akan menemukan relasi baru untuk bertukar pikiran atau sharing.

Selain itu, peluang kesempatan pekerjaan bisa kamu dapatkan dengan berbekal pengalaman berkuliah di luar negeri. Pengalaman ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa. Dalam hal ini kamu akan mendapatkan kredibilitas karena pernah mengenyam pendidikan di luar negeri.

Baca Juga:

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

University of Wollongong Australia tuition fees atau biaya kuliah bagi mahasiswa internasionalnya sesuai Kode Praktik Nasional untuk Penyedia Pendidikan dan Pelatihan Mahasiswa Luar Negeri tahun 2018, dibawah Layanan Pendidikan Luar Negeri (ESOS) Act 2000. Mahasiswa...

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Membaca ulasan University of Wollongong (review) adalah salah satu cara untuk mengenal lembaga lebih akrab sebelum memutuskan untuk kuliah. Universitas ini terbilang masih muda, dinamis, dan inovatif. UOW juga telah menjadi tolok ukur bagi universitas generasi baru di...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Berapa Biaya Pendaftaran (Application Fee) di University of Wollongong

Sebagai mahasiswa internasional, salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk kuliah di...

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

University of Wollongong Australia tuition fees atau biaya kuliah bagi mahasiswa internasionalnya...

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Membaca ulasan University of Wollongong (review) adalah salah satu cara untuk mengenal lembaga...

Mengupas Perkuliahan di Victoria University Jurusan Sports Science

Victoria University Sports Science jadi pilihan tepat jika kamu tertarik dengan ilmu pengetahuan...

Apa Saja Daftar Pilihan Courses di Victoria University

Victoria University menawarkan berbagai kursus atau courses kelas dunia untuk siswa internasional,...