Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
program student exchange di curtin university

Program Student Exchange di Curtin University

Beranda / Perkuliahan / Program Student Exchange di Curtin University

Curtin University Student Exchange merupakan program pertukaran mahasiswa, dimana mahasiswa akan belajar di luar program studinya di Australia melalui Curtin University. Student exchange dapat membuka peluang untuk menemukan budaya baru, relasi baru dan pengalaman belajar di luar negeri dengan wawasan yang lebih luas.

Persyaratan Curtin University Student Exchange

Jika kamu berniat untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ini, kamu perlu mengetahui persyaratan utama yang perlu kamu miliki. Adapun persyaratan program Curtin University Student Exchange diantaranya sebagai berikut.

Persyaratan Akademik

Program pertukaran mahasiswa ke luar negeri, khususnya pada program Curtin University Student Exchange mengharuskan kamu memiliki kriteria kelayakan pada nilai Akademik. Kamu perlu setidaknya nilai IPK 3.00 saat akan berencana mengikuti program pertukaran ini.

Selain itu kamu juga perlu menyiapkan diri untuk melakukan wawancara serta menuliskan essay dalam bahasa Inggris. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu memahami proses pembelajaran di universitas tujuan kamu nantinya.

Kesehatan

Ketika kamu akan mengikuti program Curtin University Student Exchange, maka kamu perlu memastikan diri dalam keadaan sehat. Untuk membuktikannya, kamu perlu melampirkan catatan kesehatan yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit. Adapun beberapa penyakit yang tidak dapat masuk dalam kualifikasi yaitu asma dan alergi cuaca.

Mampu Secara Finansial

Pada program Curtin University student exchange kamu akan memerlukan sejumlah pembiayaan mulai dari akomodasi, biaya sekolah hingga uang saku. Selain itu program terselenggara selama dua semester, sehingga kamu perlu menghitung jumlah biaya yang kamu perlukan  selama mengikuti program pertukaran pelajar.

Baca Juga: Ranking dan Review Curtin University

5 Cara Mendaftarkan diri program Curtin University Student Exchange

Curtin University Student Exchange dilakukan pada tiap semester setiap tahunnya. Untuk semester satu telah dibuka pada tanggal 15 Juni 2022 dan semester dua berlaku pada tanggal 15 Januari 2023. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk mendaftarkan diri pada student exchange yaitu sebagai berikut.

1. Hadir pada Sesi Informasi Go Global

pada bagian ini sangat penting, untuk mengetahui peluang yang dapat kamu ambil sesuai dengan program yang kamu minati. Dalam hal ini kamu perlu mengisi aplikasi dengan menjawab setiap pertanyaan dengan segala hal yang kamu ketahui.

Baca juga:
Study Abroad With Global Curtin University

2. Mengirim Aplikasi Go Global

Setelah mengkonfirmasi kelayakan serta bersiap memulai aplikasi kamu, selanjutnya kamu perlu mengisi formulir proposal rencana studi. Setelah itu kamu akan menerima kredit studi penuh waktu dalam Curtin University student exchange  yaitu 75 hingga 100 kredit. Hal ini tentunya setelah memenuhi persyaratan dari pendaftaran minimum.

3. Ditujukan Pada Universitas Pilihan

pada tahap ini tim dari Go Global akan mencari tempat yang tepat bagi kamu di universitas tuan rumah yang telah kamu pilih. Tim ini akan mencari mulai dari preferensi pertama pilihan kamu, akan tetapi hal ini juga bisa jadi tidak berlaku, menyesuaikan dengan kondisi dan aturan yang berlaku.

4. Melakukan Pendaftaran Pada Universitas Yang Dituju

Jika kamu telah dipilih dan diterima pada universitas tujuan kamu untuk melakukan program curtin university student exchange, maka tahap selanjutnya adalah melengkapi formulir aplikasi dari universitas tujuan kamu beserta dokumen sebagai pendukung. Adapun penerimaan secara resmi dilakukan setelah pengajuan aplikasi kamu selesai.

5. Bersiap Melakukan Keberangkatan

Sesaat setelah kamu dinyatakan diterima resmi oleh universitas tujuan, kamu perlu memulai persiapan perjalanan. Mulai dari memilih akomodasi perjalanan, sebagai informasi universitas tuan rumah biasanya telah mengatur akomodasi serta keberangkatan kamu nantinya. Selain itu juga menginformasikan mengenai rincian akomodasi, visa dan tanggal kedatangan.

Baca Juga : Pathway Di Curtin University

Keuntungan Mengikuti Student Exchange

Program pertukaran pelajar tidak hanya sekedar sebagai studi banding program pendidikan ke luar negeri. Lebih dari itu kamu akan mendapatkan pengalaman yang berkesan yang penting untuk target program pendidikan serta karir kamu di masa mendatang. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti Student Exchange.

Kamu bisa mulai konsultasikan mengenai program pertukaran mahasiswa luar negeri ini bersama ICAN Education Consultant. Sebagai salah satu konsultan pendidikan luar negeri yang terpercaya. Selain itu, para ahli yang bertugas di lembaga tersebut akan membantumu dalam proses pendafatraan. Selain itu, akan membantu mengenal lebih jauh mengenai kehidupan di kampus yang dituju, mempersiapkan dirimu lebih matang, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan pertukaran mahasiswa, kamu akan berjumpa dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari luar negeri. Dengan demikian kamu akan menemukan relasi baru untuk bertukar pikiran atau sharing.

Selain itu, peluang kesempatan pekerjaan bisa kamu dapatkan dengan berbekal pengalaman berkuliah di luar negeri. Pengalaman ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa. Dalam hal ini kamu akan mendapatkan kredibilitas karena pernah mengenyam pendidikan di luar negeri.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan