Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
syarat dan langkah membuat visa pelajar china

Syarat dan Langkah Membuat Visa Pelajar China

Beranda / Bacaan Umum / Syarat dan Langkah Membuat Visa Pelajar China

Visa pelajar China dibutuhkan bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negara tersebut. China merupakan salah satu negara Asia yang unggul dalam berbagai macam hal, salah satunya dalam pendidikan serta perdagangan. Kualitas pendidikan di negara tersebut sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi, terbukti dari banyaknya pelajar internasional yang tertarik untuk kuliah di China.

Negara China juga memiliki beberapa kampus internasional dan menjadikan negara tersebut sebagai destinasi untuk melanjutkan studi bagi pelajar internasional, salah satunya dari pelajar Indonesia. 

Namun untuk bisa melanjutkan pendidikan di China, ada berbagai macam hal yang harus disiapkan salah satunya adalah Visa. Dengan adanya visa pelajar, kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggi dan memiliki izin untuk tinggal sampai proses pendidikan selesai.

Memahami Jenis-Jenis Visa Pelajar China

Ada berbagai macam jenis visa untuk para pelajar ke China, misalnya seperti berikut;

  • Visa F. Jenis pisang yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan kunjungan singkat, misalnya seperti pertukaran pelajar, pertukaran budaya, dan beberapa kunjungan lain sejenisnya. Namun harus diketahui bahwa aktivitas yang digunakan memiliki sifat resmi dengan menggunakan Visa yang satu ini, baik dari lembaga negara maupun swasta.
  • Visa X1. Jika kamu tertarik untuk datang ke China dengan tujuan kepentingan studi jangka panjang, maka jenis usaha yang satu ini paling tepat untuk digunakan. Itu di jangka panjang merupakan studi yang memiliki durasi lebih dari 180 hari, misalnya saja untuk mendapatkan program gelar di tingkat perguruan tinggi pada umumnya.
  • Visa X2. Selanjutnya ada visa yang digunakan para pelajar internasional untuk mengunjungi China dalam studi jangka pendek. Studi jangka pendek yang dimaksud merupakan studi dengan durasi tidak lebih dari 180 hari. Kamu dapat memanfaatkan jenis pisang yang satu ini untuk mengambil program kursus yang berdurasi beberapa minggu atau beberapa bulan saja.

Dengan memahami berbagai macam jenis visa pelajar di China tentu memudahkan kamu untuk mendapatkan visa yang sesuai.

Memahami Syarat untuk Mengurus Visa Pelajar China

Ada berbagai macam persyaratan yang harus disediakan untuk bisa mengurus bisa pelajar ke China. Jauh lebih baik jika kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan sebelum akhirnya mengurus visa tersebut. Berikut ini beberapa syarat untuk mengurus visa belajar ke China.

  • Sediakan paspor yang masih berlaku dalam masa studi di China dengan halaman ekstra.
  • Formulir pengajuan visa yang sudah disertai foto 
  • Surat penerimaan dari salah satu universitas di China. Buat satu lembar fotokopi dan 1 lembar surat asli.
  • Sediakan pengajuan visa untuk kuliah di China dengan membuat satu lembar dokumen asli dan 1 lembar dokumen fotocopy.

Dengan beberapa persyaratan tersebut, kamu sudah bisa membuat permohonan pengajuan visa pelajar ke China. Sediakan biaya untuk membuat pengurusan visa pelajar ke China.

Langkah Tepat Urus Visa Pelajar China

Mengurus visa belajar mungkin terlihat sulit bagi beberapa pelajar yang belum memiliki pengalaman untuk kuliah di luar negeri sebelumnya. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di China dan harus memiliki visa pelajar, untuk lebih mudahnya lagi gunakan bantuan dari ICAN Education Consultant.

Agen pendidikan luar negeri yang satu ini akan membantu menyiapkan berbagai macam persyaratan untuk membantu kamu melanjutkan pendidikan di luar negeri, termasuk di China.

Untuk bisa mengurus visa pelajar China, berikut ini beberapa langkah-langkah yang akan dilakukan;

Menggunakan Akses Situs Apply Visa

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengajukan permohonan visa pelajar ke China adalah mengakses situs untuk apply visa. Dari situs tersebut kamu bisa mencari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk proses pengajuan visa sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, akan ada pengaduan pengurusan secara lengkap dan bertahap. Jika kamu membaca informasi tersebut dengan detail, maka akan memahami Bagaimana langkah-langkah dan urutan untuk mengurus visa pelajar China.

Siapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan

Kamu sudah memahami berbagai macam persyaratan untuk membuat visa pelajar China. Langkah selanjutnya harus dilakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut untuk mengajukan permohonan.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa dokumen tambahan, misalnya bukti tiket pesawat, pas foto, dan lain sebagainya. 

Serahkan Dokumen Melalui Visa Centre

Apabila semua dokumen sudah dipenuhi maka silahkan serahkan pada kantor visa untuk diproses. Di Indonesia sendiri ada 4 kantor visa yang bisa dikunjungi, seperti di Jakarta, Denpasar, Medan, dan Surabaya. Jadi kamu bisa mengunjungi kantor tersebut di jam kerja untuk mendapatkan visa pelajar ke China.

Cek Proses Visa secara Online

Tahapan selanjutnya jika sudah mengirimkan semua persyaratan melalui kantor visa, Segera lakukan pengecekan proses visa yang bisa dilakukan secara online. Durasi pembuatan Visa ke China sebenarnya bisa disesuaikan dengan jenis yang diambil.

Perlu diketahui bahwa visa tidak akan diproses pada akhir pekan maupun libur nasional. Tetapi kamu tetap bisa memantau proses dengan mengakses situs Visa China dan membaca berbagai macam rincian informasi terkait pengurusan visa di halaman tersebut.

Baca juga : Informasi Biaya Visa Pelajar China Terbaru

Ambil Visa Pelajar Secara Langsung

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengambil visa kamu. Saat pengambilan visa di kantor pengurusan, nanti kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun menggunakan kartu kredit.

Untuk besar biaya pengurusan bisa disesuaikan dengan tipe visa yang dibutuhkan serta lama waktu pengerjaan. Biaya pengurusan sisa standar untuk 4 hari kerja sekitar Rp. 540.000.Harga tersebut tentu masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Visa pelajar China adalah salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi bagi pelajar internasional yang tertarik untuk kuliah di universitas China. Proses pengurusan visa memang bisa dilakukan dengan mudah apabila semua persyaratan sudah dipenuhi.

Pastikan meminta bantuan pada agen pendidikan luar negeri yang berkualitas untuk proses pengurusan visa, sehingga tidak ada kesalahan dan penundaan pengurusan visa. Jika kamu tidak memiliki visa, maka tidak akan bisa berangkat ke China dan proses pembelajaran akan tertunda.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan