Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
syarat ikut pertukaran pelajar di korea

Syarat Ikut Pertukaran Pelajar di Korea

Beranda / Bacaan Umum / Syarat Ikut Pertukaran Pelajar di Korea

Pertukaran pelajar di Korea menjadi salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh pelajar Indonesia untuk belajar ke luar negeri. Belajar dari Korea Selatan tentu bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman serta sudut pandang baru dan menjadi keuntungan besar untuk meniti jalan sukses di masa depan.

Jika kamu tertarik untuk merasakan atmosfer belajar yang berbeda dari biasanya, maka bisa mencoba untuk daftar program pertukaran pelajar. Pertukaran pelajar ke Korea Selatan jadi akses dari berbagai macam program yang disediakan.

Program ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Korea. Adanya program pertukaran pelajar tidak bisa dilewatkan sebab bisa menjadi kesempatan emas bagi kamu. Untuk mengikuti program pertukaran pelajar ada berbagai macam persyaratan yang harus disiapkan oleh siswa.

Memahami Tujuan Program Pertukaran Pelajar di Korea Selatan

Sebelum mengetahui berbagai macam persyaratan yang ditawarkan untuk program belajar di universitas Korea Selatan, kamu juga harus mengetahui tujuan dari program tersebut. Jadi program pertukaran pelajar ke Korea ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman bernilai kepada siswa maupun mahasiswa di Indonesia terkait budaya serta pendidikan di negara Korea Selatan.

Bagi pada pelajaran Indonesia tentu program pertukaran pelajar tersebut bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada pelajar di Korea Selatan. Pertukaran pelajar ini akan Mempererat hubungan antara pemuda-pemudi dari Indonesia dan Korea.

Adanya semangat kerjasama internasional akan terbangun melalui program pertukaran pelajaran. Bahkan tujuan dari program ini juga adanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea yang terjaga dengan baik melalui pertukaran pelajar.

Baca juga : Alasan Penting Kamu Harus Ikut Program Pertukaran Pelajar

Siapkan Syarat Program Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan

Mengikuti program pertukaran pelajar memang tidak mudah sebab ada berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi. Jika kamu benar-benar tertarik untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini, maka berikut beberapa syarat untuk mendaftar beasiswa tersebut;

  • Syarat yang pertama belajar dari universitas yang sudah bekerjasama dengan universitas di Korea Selatan dan telah memiliki MOU dari program beasiswa pertukaran berprestasi.
  • Pelajar sedang tidak berkuliah di Korea Selatan
  • Paling tidak kamu harus memiliki IPK 80% di Universitas asal yaitu minimal IPK 3,20 dari 4.00
  • Mahasiswa harus menyelesaikan minimal 2 semester di Universitas asal
  • Sebelumnya tidak pernah menerima beasiswa dari pemerintah Korea Selatan
  • Mahasiswa mendaftar di program mahasiswa pertukaran reguler dan tidak termasuk program pelatihan jangka pendek, seperti program sekolah bahasa.
  • Tidak memegang kewarganegaraan Korea Selatan 
  • Mahasiswa wajib mengikuti mata perkuliahan yang memiliki hubungan dengan Korea mulai dari bahasa maupun kebudayaan dengan minimal 2 SKS selama program pertukaran di Korea Selatan.

Beberapa persyaratan tersebut harus disiapkan dari awal, sehingga proses mendapatkan beasiswa untuk pertukaran pelajar ke Korea Selatan lebih mudah. 

Baca juga : Pilihan Universitas Atlet di Korea

Manfaat Ikut Belajar di Korea Selatan

Ada berbagai macam manfaat positif yang dirasakan oleh mahasiswa ketika mengikuti program pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Jadi kamu bisa mendapatkan perspektif yang lebih luas terkait aspek pendidikan dan sosial secara internasional.

Program pertukaran pelajar juga bisa membantu melatih keterampilan dalam memimpin, bersosialisasi, serta berkomunikasi. Jadi melalui program tersebut kamu bisa memupuk kepribadian yang lebih tangguh dan  mampu berkontribusi terhadap masyarakat serta negara.

Selain untuk membantu memperkaya wawasan tentang budaya dan pendidikan di Korea Selatan, ternyata kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa asing. Kemampuan berbahasa  asing tersebut ternyata bisa menstimulus otak untuk lebih berpikir sistematis dan kreatif. 

Melalui pertukaran pelajar ke Korea Selatan ternyata tidak mengganggu konsentrasi dan justru menjadi batu loncatan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan ketika mengikuti program pertukaran pelajar ke Korea Selatan.

Program pertukaran pelajar di Korea Selatan bisa menjadi pintu awal untuk mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri dan menambah wawasan. Kamu bisa memanfaatkan beasiswa ini untuk lebih unggul.

Jika tertarik untuk mendapatkan program pertukaran pelajar di Korea Selatan silakan berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri seperti ICAN Education Consultant. Agen pendidikan luar negeri tersebut bisa memberikan berbagai macam tips dan solusi tepat untuk mendapatkan program pertukaran pelajar tersebut.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan