Perkuliahan

Beranda » Blog » Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat Kuliah Kedokteran di Malaysia

Syarat kuliah kedokteran di Malaysia akan berbeda di masing-masing universitas. Biasanya, terdapat syarat khusus pada spesialisasi jurusan. Untuk itu, kamu bisa menghubungi ICAN Education Consultant guna mengetahui detail syarat kuliah untuk daftar kuliah spesialisasi jurusan yang dipilih di Universitas pilihan. Tim kami akan memberikan konsultasi kuliah luar negeri yang lengkap untuk calon mahasiswa internasional.

Sebagai contoh, syarat kuliah kedokteran di Malaysia di Perdana University pada jurusan kedokteran dan ilmu bedah yaitu:

  • Ijazah SMA, nilai rata-rata 8-9
  • Ijazah D3 jurusan relevan
  • Bukti kemahiran Bahasa Inggris

Seluruh kampus pasti meminta calon mahasiswanya untuk mengisi formulir pendaftaran yang bisa kamu unduh di situs resminya atau dari agen pendidikan. Kamu juga harus melengkapinya dengan sejumlah dokumen dan kirimkan langsung ke kampus atau representative kampus dengan mengeluarkan biaya jasa.

Baca Juga: Estimasi Biaya Kuliah di Kuala Lumpur Malaysia

Syarat Umum Kuliah di Malaysia

Selain memenuhi syarat kuliah kedokteran di universitas pilihan, kamu jgua harus mempersiapkan apa saja persyaratan umum sebagai mahasiswa internasional yang bisa kuliah di Malaysia.

Kamu bisa melakukan pendaftaran diri dengan online ke universitas pilihan atau menggunakan bantuan ICAN Education. Pastikan bahwa universitas pilihan memperoleh ijin dari pihak berkuasa dalam menerima pelajar internasional. Berikut adalah syarat akademis dan syarat bahasa yang harus kamu penuhi:

  1. Fotokopi transkrip nilai dan sertifikat yang sudah dilegalisir dan telah diterjemahkan.
  2. Rincian akomodasi
  3. Fotokopi paspor yang berlaku 1 buku
  4. Fotokopi kartu identitas
  5. Pasfoto 6 lembar, terbaru ukuran 4×6
  6. Laporan kesehatan

Jika kamu sudah mengirimkan seluruh syarat pendaftaran, maka butuh waktu maksimal tujuh hari bagi pihak admisi mengurus aplikasi tersebut. Jika diterima, universitas akan mengirimkan Offer of Place atau surat penerimaan bersamaan dengan informasi detail perkuliahan, tagihan biaya kuliah dan akomodasi.

Setelah menerima Offer of Place, maka segera penuhi syarat lainnya. Selesaikan biaya yang harus kamu lunasi. Jika pembayaran telah diterima pihak universitas, maka kamu akan mendapatkan kiriman bukti pembayaran. Selanjutnya, kamu juga harus mengurus pengajuan visa atau Student Pass Malaysia. Pihak universitas dapat membantu mengurus permohonan ke bagian Departemen Imigrasi Malaysia dengan waktu tujuh sampai empat belas hari kerja.

Jika visa telah mendapatkan persetujuan, maka akan memperoleh surat notifikasi terkait status dan tidak perlu lagi harus mengajukan visa agar dapat masuk ke Malaysia. Gunakan surat tersebut untuk mempersiapkan diri berangkat ke Malaysia.

Baca Juga: Kampus Terbaik Untuk Kuliah Fashion Design di Malaysia

Pilihan Universitas Terbaik Jurusan Kedokteran di Malaysia

Malaysia mempunyai banyak pilihan universitas pada bidang kesehatan dan kedokteran. Tidak akan sulit mencari pilihan kuliah atau universitas yang berkualitas pada jurusan tersebut. Berikut adalah beberapa daftar pilihan universitas yang tersedia:

  1. University of Malaya – PTN
  2. Universiti Tunku Abdul Rahman – PTN
  3. Universiti Kebangsaan Malaysia – PTN
  4. Universiti Sains Malaysia – PTN
  5. Universiti Putra Malaysia – PTS
  6. Universiti Teknologi Mara – PTS
  7. Universiti Kuala Lumpur – PTS

Jika kamu tertarik menjalani perkuliahan kedokteran di Malaysia dan ingin tahu detail syarat kuliah kedokteran di Malaysia, kamu bisa hubungi agen pendidikan

Baca Juga:

Serba Serbi Kuliah Kuliner di Kanada

Serba Serbi Kuliah Kuliner di Kanada

Kuliah kuliner di Kanada menjadi pilihan banyak siswa karena mereka akan mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang koki. Tidak hanya belajar cara memasak, siswa juga perlu tahu cara membuat masakan baru, serta menjaga keamanan dapur dan cara...

Syarat Kuliah S3 di Inggris

Syarat Kuliah S3 di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang kerap dijadikan sebagai pilihan banyak siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu jenjang yang kerap dipilih yakni, jenjang doktor atau S3. Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar kamu perlu tahu terlebih...

Seputar Jurusan Biologi di Australia

Seputar Jurusan Biologi di Australia

Banyak Universitas yang menyediakan jurusan Biologi di Australia. Sehingga jika kamu ingin kuliah di jurusan tersebut, maka kamu dapat memilih kampus mana yang cocok untukmu. Namun, kamu pun bisa mempertimbangkan beberapa kampus. Pasalnya, kita tidak pernah tahu kamu...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Serba Serbi Kuliah Kuliner di Kanada

Kuliah kuliner di Kanada menjadi pilihan banyak siswa karena mereka akan mempelajari keterampilan...

Syarat Kuliah S3 di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang kerap dijadikan sebagai pilihan banyak siswa...

Seputar Jurusan Biologi di Australia

Banyak Universitas yang menyediakan jurusan Biologi di Australia. Sehingga jika kamu ingin kuliah...

Seputar Kuliah Hukum di Swiss

Kuliah hukum di Swiss bukan sesuatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Kuliah hukum di luar negeri...

Kuliah MBA di Malaysia

Kuliah MBA di Malaysia memiliki kualitas yang sudah diakui secara internasional. Negara...