ICAN English

Beranda » Blog » 5 Tenses yang Sering Digunakan

5 Tenses yang Sering Digunakan

Dari 16 tenses yang kamu ketahui, terdapat 5 tenses paling sering digunakan dan wajib kamu pahami. Tenses merupakan bagian dari bahasa Inggris yaitu bentuk waktu pada kalimat. Tenses dapat mempengaruhi bagaimana bentuk kata kerja maupun pola kalimat yang kamu gunakan.

Para pelajar Indonesia tidak sedikit yang merasa kebingungan ketika belajar tenses. Hal ini karena bentuk waktu tersebut tidak ada dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Di Indonesia, penggunaan bahasanya menambahkan kata sedang, sudah, atau akan jika ingin menambahkan keterangan waktu. Tetapi hal tersebut berbeda dengan bahasa Inggris karena tidak hanya keterangan waktu saja tetapi kamu juga harus merubah bentuk kata kerjanya.

Daftar Tenses Paling Dasar yang Sering Digunakan

Di sini akan menjabarkan apa saja 5 tenses yang wajib kamu kuasai supaya dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris sehari-hari, sebagaimana berikut:

1. Simple present tense

Pada intinya, tense ini merupakan berbagai peristiwa yang terjadi saat sekarang tetapi tidak sedang berlangsung. Misalnya apapun hal yang sudah biasa, sering, jarang, ataupun yang selalu terjadi. Tense tersebut juga dapat kamu gunakan untuk menyebutkan fakta ilmiah maupun peristiwa.

Berikut adalah contoh kalimat menggunakan simple present tense:

I study at eight every morning – Aku belajar jam 8 setiap pagi.

2. Present continuous tense

Berbeda dengan simple present tense yang berbicara tentang masa sekarang, present continuous tense menyatakan semua hal yang berlangsung saat itu juga. Contohnya, kamu sedang membaca penjelasan materi tense ini, maka dalam bahasa Inggris dapat diterjemahkan sebagai berikut:

I am reading right now. – Aku sedang membaca sekarang.

3. Simple past tense

Apabila kamu berbicara tentang hal-hal di masa lalu seperti beberapa menit lalu, kemarin, ataupun Minggu lalu, maka dalam bahasa Inggris menggunakan past tense. Kata kerja yang kamu gunakan yaitu bentuk kedua dengan contoh sebagaimana berikut:

John was a good football player – John dulunya adalah seorang pemain sepakbola handal.

4. Simple future tense

Apabila kamu berbicara tentang hal-hal di masa depan maka kamu akan menggunakan future tense dalam bahasa Inggris.

Terdapat dua pola dalam future tense yaitu menggunakan “will” dan “be going to”.  Konsep keduanya sangat berbeda walaupun punya makna yang sama yaitu “akan”. 

Gunakan will untuk berbagai hal yang tidak dapat kamu rencanakan, sedangkan be going to untuk berbagai hal yang kamu rencanakan maupun bisa diprediksi, berikut adalah contohnya:

John said that he will come tomorrow morning (John bilang bahwa ia akan datang besok pagi (belum tentu)

John is going to visit our home tomorrow morning (John dapat dipastikan akan berkunjung ke rumah kita besok pagi)

5. Present perfect tense

Sama halnya dengan simple past tense, kamu juga bisa menggunakan tenses ini dalam menyatakan kejadian lalu. Tetapi dalam tenis tersebut tidak ada keterangan waktu. Present perfect tense dapat kamu gunakan lebih cenderung pada peristiwa, bukan waktunya. Tujuannya supaya peristiwa tersebut memang sampai saat ini membawa dampak. Agar lebih mudah mengerti tentang kegunaan present perfect tense, maka kamu bisa melihat contoh berikut:

Well, she was the most wonderful woman in my life

Dari contoh kalimat tersebut, seseorang yang menyatakan kalimat tersebut mengakui bahwa gadis yang dimaksud atau she adalah perempuan yang paling hebat di dalam hidupnya, sehingga tidak akan mudah dilupakan.

Tips Lebih Mudah Memahami Tenses

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja tenses yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Berikutnya, kamu juga wajib mengetahui bahwa ada beberapa cara dalam mempelajari tenses.

Agar kamu bisa belajar tenses yang sering digunakan dengan lebih maksimal, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Di sini, kamu akan belajar berbagai materi bahasa Inggris mulai dari materi awal hingga lanjutan. Salah satu cara belajar efektif adalah dengan mempelajari materi tense satu per satu.

Lanjutkan dengan memahami apa maksud dari masing-masing tense. Jika hari ini kamu belajar tentang present simple, maka pahami maksudnya dan praktekkan dalam keseharian baik dalam tulisan maupun ucapan.

Ada beberapa kalimat yang menggunakan present simple pada kehidupan sehari-hari misalnya Dengan mengatakan tentang fakta maupun kebiasaan. Jika sudah menguasainya, maka kamu bisa berpindah pada jenis tense lainnya. Gunakan pola yang sama dalam belajar tense lain seperti halnya kamu mempelajari simple present.

Baca Juga:

Pilihan Les IELTS di Sunter

Pilihan Les IELTS di Sunter

Les IELTS di Sunter menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan diri menempuh tes yang satu ini. Ada banyak lembaga yang bisa kamu pilih di daerah ini. IELTS dimiliki dan dikelola bersama oleh British Council, Cambridge English Language Assessment, dan IDP...

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Membaca soal TOEFL memang membutuhkan waktu dan beberapa pertanyaan bisa menipu kamu. Kabar baiknya, ada banyak kursus TOEFL yang bisa kamu pilih. Sekarang, kursus TOEFL di Sunter bisa kamu pilih untuk mempersiapkan diri. Banyak juga tips dan trik membaca soal TOEFL...

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung dalam kursus bisa membuat proses belajar lebih maksimal. Kursus bahasa Inggris di Sunter bisa jadi salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan pemahaman dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan dalam...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pilihan Les IELTS di Sunter

Les IELTS di Sunter menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan diri menempuh tes yang satu...

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Membaca soal TOEFL memang membutuhkan waktu dan beberapa pertanyaan bisa menipu kamu. Kabar...

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung dalam kursus bisa membuat proses belajar lebih maksimal....

Pilihan Les IELTS di Kelapa Gading

Seperti yang diketahui, IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang paling populer. Karena...

Les Bahasa Inggris di Batam

Salah satu manfaat dari belajar bahasa Inggris adalah bahasa ini digunakan dalam dunia bisnis...
Kursus TOEFL Terbaik di Batam

Kursus TOEFL Terbaik di Batam

Sebagian besar siswa mengambil tes TOEFL untuk melengkapi pendaftaran mereka ke universitas. Untuk itu, banyak siswa...