Perkuliahan

Beranda » Blog » Tentang Kuliah di Amerika yang Perlu Kamu Tahu

Tentang Kuliah di Amerika yang Perlu Kamu Tahu

Saat memutuskan berkuliah di luar negeri, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Mulai dari biaya kuliah, lingkungan, akomodasi, sistem akademik, dan sebagainya. Hal tersebut nantinya akan memudahkan kamu saat menjalankan perkuliahan di luar negeri. Misalnya tentang kuliah di Amerika, jika memang berminat studi di negara ini.

Amerika menjadi negara yang perguruan tingginya berada hampir di setiap wilayah. Hal tersebut menyebabkan Amerika menjadi negara favorit untuk tujuan studi para mahasiswa internasional. Tidak terkecuali mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Perguruan tinggi yang berada di Amerika pun memiliki reputasi baik. Terbukti dari peringkatnya di urutan teratas.

Baca Juga: Jadwal Libur Kuliah di Amerika

Tentang Kuliah di Amerika dan Informasi Lengkapnya

Ketika memutuskan atau berniat berkuliah di Amerika. Maka, terdapat beberapa hal yang wajib kamu ketahui. Jika tidak tahu apa-apa terkait Amerika, dikhawatirkan akan merasa kesulitan untuk beradaptasi di negara tersebut. Itulah mengapa, sebaiknya galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang negara Amerika. Inilah beberapa informasi penting terkait studi di Amerika.

1. Sistem Pendidikan Negara Amerika

Sistem pendidikan menjadi salah satu informasi penting yang perlu diketahui.  Tentang kuliah di Amerika, sistem akademiknya memang tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia. Di Amerika pun, gelar atau jenjang pendidikannya terbagi menjadi berbagai macam. Mulai dari sarjana, magister, hingga doktor. Namun, terdapat jenjang tambahan yang disediakan di sini.

Nama dari jenjang tersebut adalah associate. Associate biasanya dikhususkan untuk para calon mahasiswa yang mau belajar tentang sistem akademik Amerika terlebih dahulu. Jadi, sistemnya sama seperti kuliah. Namun, tidak mendapatkan gelar seperti sarjana atau pascasarjana. Karena tujuannya untuk memperkenalkan mahasiswa internasional tentang akademik Amerika.

2. Kalender Akademik untuk Perkuliahan Amerika

Untuk kalender akademiknya sendiri, Amerika memiliki perbedaan dengan Indonesia. Untuk jumlah semesternya sebenarnya tidak terlalu berbeda. Di Indonesia, jumlah semesternya adalah 2 untuk per tahun. Begitupun di amerika, 2 semester ini berlangsung pada musim semi dan gugur. Setiap semester di musim tersebut durasi studinya berlangsung selama 15 minggu.

Setiap akhir semester pun akan dilaksanakan ujian. Untuk musim gugur biasanya akan berlangsung sekitar bulan Agustus atau September. Sedangkan musim semi berlangsung setiap bulan Januari. Selain itu, terdapat pula liburan untuk musim-musim tersebut. Libur musim panas biasanya berlangsung selama 12 minggu. Sementara musim dingin selama 3 minggu.

3. Biaya Kuliah dan Hidup di Amerika

Tentang kuliah di Amerika, hal terpenting yang wajib diketahui adalah biaya. Baik berupa biaya kuliah maupun hidup atau akomodasi. Untuk biaya kuliah sebenarnya mengalami perbedaan berdasarkan perguruan tinggi, jenjang, dan program studinya. Umumnya, biaya kuliah di Amerika mencapai $10.000 – $55.000 atau Rp. 146.653.000 sampai Rp. 812.130.000.

Sedangkan untuk biaya hidup yang paling banyak mengeluarkan dana adalah akomodasi. Akomodasi di Amerika pun sebenarnya beraneka ragam. Hanya saja, sebaiknya pilihlah akomodasi terdekat dari kampus. Karena harganya biasanya akan jauh lebih murah. Akomodasi di Amerika sekitar $3.000 – $8.000 (USD) atau Rp. 43.080.000 hingga Rp. 118.128.000.

4. Universitas Terbaik di Amerika

Terdapat beberapa kampus terbaik di Amerika yang berhasil menduduki peringkat teratas di dunia. Pertama adalah Stanford University yang terletak di California. Kedua yaitu MIT atau Massachusetts Institute of Technology yang berada di wilayah Cambridge. Masih di wilayah Cambridge, kampus berikutnya adalah Harvard University.

Selain itu, adapun California Institute of Technology atau dikenal dengan sebutan Caltech yang berlokasi di Pasadena. Adapun Princeton University, Yale University, Chicago University, John Hopkins University, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kuliah di Amerika, sebaiknya kunjungi agen pendidikan luar negeri. Opsinya adalah di ICAN Education Consultant yang merupakan lembaga profesional untuk konsultasi kuliah ke luar negeri. Pengalaman dan sertifikasinya yang sudah resmi, membuat lembaga ini layak dijadikan pilihan.

Baca Juga: Cara Masuk Kuliah di Amerika

5. Keunggulan Kuliah di Amerika

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika memilih berkuliah di negara ini. Diantaranya adalah sistem akademik yang sudah berkualitas di kancah internasional. Selain itu, kehidupan kampus Amerika pun menyenangkan. Karena disediakan berbagai macam klub dan komunitas mahasiswa. Mulai dari komunitas akademik hingga minat dan bakat.

Baca Juga:

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

University of Wollongong Australia tuition fees atau biaya kuliah bagi mahasiswa internasionalnya sesuai Kode Praktik Nasional untuk Penyedia Pendidikan dan Pelatihan Mahasiswa Luar Negeri tahun 2018, dibawah Layanan Pendidikan Luar Negeri (ESOS) Act 2000. Mahasiswa...

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Membaca ulasan University of Wollongong (review) adalah salah satu cara untuk mengenal lembaga lebih akrab sebelum memutuskan untuk kuliah. Universitas ini terbilang masih muda, dinamis, dan inovatif. UOW juga telah menjadi tolok ukur bagi universitas generasi baru di...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Berapa Biaya Pendaftaran (Application Fee) di University of Wollongong

Sebagai mahasiswa internasional, salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk kuliah di...

Estimasi Biaya Kuliah di University of Wollongong Australia

University of Wollongong Australia tuition fees atau biaya kuliah bagi mahasiswa internasionalnya...

Review Lengkap tentang University of Wollongong dan Admisinya

Membaca ulasan University of Wollongong (review) adalah salah satu cara untuk mengenal lembaga...

Mengupas Perkuliahan di Victoria University Jurusan Sports Science

Victoria University Sports Science jadi pilihan tepat jika kamu tertarik dengan ilmu pengetahuan...

Apa Saja Daftar Pilihan Courses di Victoria University

Victoria University menawarkan berbagai kursus atau courses kelas dunia untuk siswa internasional,...