Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tentang kuliah di amerika yang perlu kamu tahu

Tentang Kuliah di Amerika yang Perlu Kamu Tahu

Beranda / Perkuliahan / Tentang Kuliah di Amerika yang Perlu Kamu Tahu

Saat memutuskan berkuliah di luar negeri, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Mulai dari biaya kuliah, lingkungan, akomodasi, sistem akademik, dan sebagainya. Hal tersebut nantinya akan memudahkan kamu saat menjalankan perkuliahan di luar negeri. Misalnya tentang kuliah di Amerika, jika memang berminat studi di negara ini.

Amerika menjadi negara yang perguruan tingginya berada hampir di setiap wilayah. Hal tersebut menyebabkan Amerika menjadi negara favorit untuk tujuan studi para mahasiswa internasional. Tidak terkecuali mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Perguruan tinggi yang berada di Amerika pun memiliki reputasi baik. Terbukti dari peringkatnya di urutan teratas.

Tentang Kuliah di Amerika dan Informasi Lengkapnya

Ketika memutuskan atau berniat berkuliah di Amerika. Maka, terdapat beberapa hal yang wajib kamu ketahui. Jika tidak tahu apa-apa terkait Amerika, dikhawatirkan akan merasa kesulitan untuk beradaptasi di negara tersebut. Itulah mengapa, sebaiknya galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang negara Amerika. Inilah beberapa informasi penting terkait studi di Amerika.

Sistem Pendidikan Negara Amerika

Sistem pendidikan menjadi salah satu informasi penting yang perlu diketahui.  Tentang kuliah di Amerika, sistem akademiknya memang tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia. Di Amerika pun, gelar atau jenjang pendidikannya terbagi menjadi berbagai macam. Mulai dari sarjana, magister, hingga doktor. Namun, terdapat jenjang tambahan yang disediakan di sini.

Nama dari jenjang tersebut adalah associate. Associate biasanya dikhususkan untuk para calon mahasiswa yang mau belajar tentang sistem akademik Amerika terlebih dahulu. Jadi, sistemnya sama seperti kuliah. Namun, tidak mendapatkan gelar seperti sarjana atau pascasarjana. Karena tujuannya untuk memperkenalkan mahasiswa internasional tentang akademik Amerika.

Baca juga : Budaya Di Amerika, Kenali Dulu Sebelum Studi!

Kalender Akademik untuk Perkuliahan Amerika

Untuk kalender akademiknya sendiri, Amerika memiliki perbedaan dengan Indonesia. Untuk jumlah semesternya sebenarnya tidak terlalu berbeda. Di Indonesia, jumlah semesternya adalah 2 untuk per tahun. Begitupun di amerika, 2 semester ini berlangsung pada musim semi dan gugur. Setiap semester di musim tersebut durasi studinya berlangsung selama 15 minggu.

Setiap akhir semester pun akan dilaksanakan ujian. Untuk musim gugur biasanya akan berlangsung sekitar bulan Agustus atau September. Sedangkan musim semi berlangsung setiap bulan Januari. Selain itu, terdapat pula liburan untuk musim-musim tersebut. Libur musim panas biasanya berlangsung selama 12 minggu. Sementara musim dingin selama 3 minggu.

Biaya Kuliah dan Hidup di Amerika

Tentang kuliah di Amerika, hal terpenting yang wajib diketahui adalah biaya. Baik berupa biaya kuliah maupun hidup atau akomodasi. Untuk biaya kuliah sebenarnya mengalami perbedaan berdasarkan perguruan tinggi, jenjang, dan program studinya. Umumnya, biaya kuliah di Amerika mencapai $10.000 – $55.000 atau Rp. 146.653.000 sampai Rp. 812.130.000.

Sedangkan untuk biaya hidup yang paling banyak mengeluarkan dana adalah akomodasi. Akomodasi di Amerika pun sebenarnya beraneka ragam. Hanya saja, sebaiknya pilihlah akomodasi terdekat dari kampus. Karena harganya biasanya akan jauh lebih murah. Akomodasi di Amerika sekitar $3.000 – $8.000 (USD) atau Rp. 43.080.000 hingga Rp. 118.128.000.

Universitas Terbaik di Amerika

Terdapat beberapa kampus terbaik di Amerika yang berhasil menduduki peringkat teratas di dunia. Pertama adalah Stanford University yang terletak di California. Kedua yaitu MIT atau Massachusetts Institute of Technology yang berada di wilayah Cambridge. Masih di wilayah Cambridge, kampus berikutnya adalah Harvard University.

Selain itu, adapun California Institute of Technology atau dikenal dengan sebutan Caltech yang berlokasi di Pasadena. Adapun Princeton University, Yale University, Chicago University, John Hopkins University, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kuliah di Amerika, sebaiknya kunjungi agen pendidikan luar negeri. Opsinya adalah di ICAN Education Consultant yang merupakan lembaga profesional untuk konsultasi kuliah ke luar negeri. Pengalaman dan sertifikasinya yang sudah resmi, membuat lembaga ini layak dijadikan pilihan.

Baca Juga : Cara Masuk Kuliah Di Amerika

Keunggulan Kuliah di Amerika

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika memilih berkuliah di negara ini. Diantaranya adalah sistem akademik yang sudah berkualitas di kancah internasional. Selain itu, kehidupan kampus Amerika pun menyenangkan. Karena disediakan berbagai macam klub dan komunitas mahasiswa. Mulai dari komunitas akademik hingga minat dan bakat.

Selain itu, universitas dan program perguruan tinggi di AS menawarkan kursus pendidikan umum yang memungkinkan kamu mengambil beragam kursus dan mendapatkan paparan pada spesialisasi yang berbeda. Banyak program universitas juga memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi berbagai mata pelajaran akademik, sambil tetap mendapatkan kredit, melalui mata pelajaran pilihan.

Dengan beragamnya budaya, pilihan universitas, pilihan gelar, gaya hidup, dan kota, Amerika menawarkan manfaat tak tertandingi bagi semua jenis pelajar, dari mana pun kamu berasal atau jurusan apa yang ingin dipilih.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan