Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tes masuk yang berlaku di universitas luar negeri

Tes Masuk yang Berlaku di Universitas Luar Negeri

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Tes Masuk yang Berlaku di Universitas Luar Negeri

Kesempatan untuk kuliah di luar negeri menjadi hal penting untuk banyak siswa. Pengalaman kuliah di negeri asing akan menjadi pengalaman berharga sepanjang hidup. Namun, proses selesi yang cukup ketat dan prosedur pendaftaran sering menjadi tantangan sendiri. Para siswa harus mengikuti tes masuk universitas luar negeri untuk masuk ke kampus terbaik di dunia.

Selain tes masuk, kamu juga perlu mempersiapkan berbagai hal seperti finansial, akomodasi, asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Karena prosedur yang cukup panjang, banyak siswa tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Jenis Tes Masuk Universitas Luar Negeri

Perguruan tinggi tujuan kamu dan sekolah asal akan menentukan tes standar mana yang perlu kamu ikuti. Di bawah ini adalah daftar tesmasuk universitas luar negeri yang paling sering digunakan untuk menilai calon mahasiswa.

ACT – American College Test

ACT memiliki empat bagian pertanyaan pilihan ganda (Bahasa Inggris, Matematika, Membaca, dan Sains) serta bagian Menulis opsional. Ujiannya sendiri berdurasi 2 jam 55 menit atau 3 jam 35 menit dengan bagian Menulis.

Setiap bagian dinilai pada skala 1-36. Skor gabungan kamu adalah rata-rata dari empat bagian dengan skor tertinggi adalah 36. Skor tertinggi yang mungkin diperoleh pada bagian Menulis adalah 12. Bagian Menulis opsional tidak memengaruhi skor gabungan.

SAT – Scholastic Assessment Test

Ada dua bagian utama dari SAT. Kamu akan mendapatkan skor 200-800 untuk setiap bagian dan skor total kamu akan 400-1600. Bagian pertama adalah Membaca dan Menulis Berbasis Bukti, dan terdiri dari dua tes: Tes Membaca dan Menulis dan Tes bahasa.

Bagian kedua dari SAT adalah tes Matematika, yang memiliki dua bagian: Tes Matematika Kalkulator dan Tes Matematika Tanpa Kalkulator. SAT adalah ujian tiga jam, tidak termasuk istirahat, dengan esai 50 menit opsional. Ada jeda 10 menit antara tes Membaca dan tes Menulis dan Bahasa, serta jeda lima menit di antara dua bagian tes Matematika.

AP Test – Advanced Placement Test

Banyak sekolah menengah atas yang menawarkan kursus AP (Advanced Placement). Isi kursus AP harus disetujui oleh College Board, yang merupakan organisasi yang sama yang menyelenggarakan SAT dan SAT Subject Tests

Ujian AP adalah tes standar yang diambil pada bulan Mei pada penyelesaian setiap kursus AP untuk mengukur penguasaan konten dan keterampilan kursus. Skor berada pada skala dari 1 sampai 5. Skor 3, 4, atau 5 berpotensi menghasilkan kredit perguruan tinggi.

Beberapa kursus lain yang mungkin wajib kamu ambil adalah TOEFL, CLT (Classic Learning Test) dan SAT Subject Test. Cari tahu tes mana yang akan kamu ambil dan diharuskan oleh universitas tujuan kamu.

Untuk informasi lebih lanjut seputar perkuliahan luar negeri, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant bersama tim konselor berpengalaman kami.

Baca Juga: Tips sukses masuk universitas luar negeri

Persiapan Sebelum Tes Masuk Universitas Luar Negeri

Langkah pertama untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi adalah memilih ujian mana yang akan kamu ikuti. Kamu bisa mengikuti ujian praktik ACT atau SAT dan temukan ujian mana yang paling tepat untuk kamu.

Atau, ada cara lebih murah yang bisa kamu lakukan dengan membeli buku persiapan ujian resmi dari ACT atau SAT. Buku ini akan mencakup soal-soal latihan dan kiat-kiat mengerjakan ujian untuk membantu kamu meninjau kembali pengetahuan, mempelajari aturan-aturan penting dan jenis-jenis pertanyaan umum, serta membantu mengatur waktu pada hari ujian.

Kamu juga dapat berlatih secara online gratis. Saat berlatih untuk ujian masuk, disiplin diri adalah kuncinya. Jika sudah dekat dengan tanggal ujian, maka jadwalkan waktu reguler setiap hari untuk berlatih secara konsisten.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Belum Lolos Tes Masuk?

Jika ternyata kamu belum mememuhi berbagai persyaratan yang diminta, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengambil program fondasi atau jalur masuk lainnya. Hal ini biasanya akan tergantung dari saran universitas.

Program fondasi umumnya hanya berlangsung selama satu tahun. Jika kamu bisa menyelesaikan program dengan baik, maka kamu bisa melanjutkan ke tingat sarjana pada tahun pelajaran berikutnya.

Beberapa universitas juga menyediakan jalur pathway. Ini akan dilihat dari kondisi akademis kamu. Setelah kamu berhasil menyelesaikan program ini, maka kamu bisa melanjutkan gelar sarjana di tahun kedua.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan