ICAN English

Beranda » Blog » Tips Belajar Bahasa Inggris Sehari Hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Sehari Hari

Belajar bahasa Inggris sehari hari memang menjadi salah satu cara untuk membuat kamu lebih mahir. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan diberbagai macam negara.

Dapat menguasai bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan bahasa Inggris untuk kerja di perusahaan multinasional atau mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Apalagi saat ini menguasai bahasa Inggris adalah suatu keharusan di era globalisasi. Jadi bagi kamu yang memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Inggris, maka niatkan dengan sungguh-sungguh agar lebih cepat menguasai.

Tips Menerapkan Belajar Bahasa Inggris Dalam Kehidupan Sehari Hari

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan pembelajaran bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Mungkin saat ini kamu merasa belum terbiasa dan kesulitan untuk menggunakan bahasa Inggris. Tapi berikut ini tips yang bisa kamu coba.

Bulatkan niat untuk belajar bahasa Inggris

Langkah pertama kamu harus membulatkan tekad terlebih dahulu untuk belajar berbahasa Inggris. Niat yang kamu miliki akan berhubungan dengan usaha dan konsistensi. Pertama cari terlebih dahulu Apa niat kamu untuk belajar bahasa Inggris.

Ada banyak niat seseorang ketika akan belajar bahasa Inggris. Beberapa di antaranya ingin masuk perguruan tinggi di luar negeri, bekerja di perusahaan internasional, atau untuk menemukan banyak teman dari berbagai negara? Semua harus kamu tentukan sejak awal, ya!

Tentukan target pencapaian dalam bahasa Inggris

Setelah menentukan niat, saatnya untuk menentukan target. Misalnya kamu memiliki target untuk belajar bahasa Inggris dalam waktu 1 tahun dan akan menguasai seluruh elemen grammar, memiliki banyak kosakata, dan bisa berbicara secara baik. Target kamu memang harus terpenuhi dengan baik.

Atur strategi belajar

Atur strategi pembelajaran sesuai dengan kemampuan kamu. Jika belum bisa menguasai grammar dasar sebaiknya pelajari hal tersebut terlebih dahulu. Tidak perlu meloncat ke beberapa bab yang jauh lebih berat, misalnya speaking.

Dengan memperkaya kosakata dan memahami tata bahasa standar akan membantu kamu untuk berlatih speaking jauh lebih mudah. Jadi untuk belajar bahasa Inggris lakukan perlahan-lahan dengan strategi yang tepat. 

Tentukan metode pembelajaran

Kamu bisa menentukan metode pembelajaran bahasa Inggris. Misalnya, akan belajar secara otodidak atau justru bergabung dengan kursus bahasa Inggris di ICAN ENglish. Jauh lebih baik jika kamu bisa menggabungkan kedua cara tersebut, sebab kamu bisa belajar sendiri di rumah atau di kelas dengan bimbingan tutor berpengalaman. Jadi, sembari mengikuti kursus kamu juga terus belajar sendiri agar kemampuan berbahasa Inggris semakin cepat dikuasai.

Terapkan dalam pembelajaran sehari-hari

Jika kamu sudah menentukan berbagai macam cara untuk mulai belajar bahasa Inggris maka selalu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang kamu dapatkan ketika belajar bahasa Inggris cobalah untuk terus mengasah dalam aktivitas sehari-hari.

Cara Menerapkan Belajar Bahasa Inggris Dalam Kegiatan Sehari-Hari

Untuk menerapkan pembelajaran dalam kegiatan sehari-hari, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa kegiatan dalam dalam aktivitas sehari-hari yang bisa mendukung belajar bahasa Inggris kamu.

  • Cobalah untuk mendengarkan musik menggunakan lagu bahasa Inggris. Dengan mendengarkan musik menggunakan bahasa Inggris akan membantu kamu untuk menambah kosakata. 
  • Setelah mendengarkan lagu kamu bisa mencoba untuk mencatat berbagai macam kosakata yang ditemukan dalam buku kecil. Buku kecil tersebut bisa kamu bawa ke mana saja dan bisa diterapkan dalam percakapan sehari-hari. 
  • Daripada kamu membaca novel bahasa Indonesia cobalah untuk membaca novel berbahasa Inggris. Mungkin terkesan lebih sulit karena kamu harus membaca novel tersebut didampingi oleh kamus. Namun hal tersebut akan meningkatkan skill berbahasa Inggris kamu. 
  • Jika memiliki kesempatan cobalah untuk berlatih menulis status atau caption menggunakan bahasa Inggris. Dari hal-hal sederhana tersebut kamu akan mengasah kemampuan writing dalam belajar bahasa Inggris sehari-hari.

Coba lakukan beberapa hal tersebut dalam kegiatan sehari-hari kamu. Jika dilakukan secara rutin, maka kemampuan berbahasa Inggris akan semakin. Terus asah dan melatih berbagai macam materi dasar berbahasa Inggris agar semakin mahir ya.

Baca Juga:

Tips Mudah Belajar Writing IELTS

Tips Mudah Belajar Writing IELTS

Banyak orang berjuang untuk mempersiapkan diri menjelang ujian IELTS yang memang terkenal sulit. Bagi banyak orang, bagian menulis menjadi yang paling sulit. Untuk itu, belajar writing IELTS akan sangat penting sebelum kamu menjalani tes ini. Bagian writing IELTS...

Ketahui Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

Ketahui Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

TOEFL IBT dan ITP adalah dua jenis tes bahasa Inggris yang ditujukan untuk kandidat yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Keduanya serupa dalam beberapa hal, namun juga berbeda di hal lainnya. Perbedaan TOEFL ITP dan IBT bisa dilihat dari beberapa aspek....

Mengenal Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS

Mengenal Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS

Ada sejumlah tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. TOEFL, TOEIC dan IELTS adalah pilihan yang paling populer. Ketiga tes ini memang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS bisa dilihat secara jelas. Ketiganya adalah ujian...

ief-des21
Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Tips Mudah Belajar Writing IELTS

Banyak orang berjuang untuk mempersiapkan diri menjelang ujian IELTS yang memang terkenal sulit....

Ketahui Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

TOEFL IBT dan ITP adalah dua jenis tes bahasa Inggris yang ditujukan untuk kandidat yang belajar...

Mengenal Perbedaan TOEFL TOEIC dan IELTS

Ada sejumlah tes kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. TOEFL, TOEIC dan IELTS adalah...

Tips Mencapai Level Bahasa Inggris B1

Level bahasa Inggris B1 adalah tingkat ketiga dalam CEFR. Dalam percakapan setiap hari, level ini...

Mengenal Seputar Level Bahasa Inggris C1

Level bahasa Inggris C1 adalah tingkat bahasa Inggris kelima dalam Common European Framework of...