Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
tips belajar bahasa inggris sehari hari

Tips Belajar Bahasa Inggris Sehari Hari

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Tips Belajar Bahasa Inggris Sehari Hari

Belajar bahasa Inggris sehari hari memang menjadi salah satu cara untuk membuat kamu lebih mahir. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan diberbagai macam negara.

Dapat menguasai bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan bahasa Inggris untuk kerja di perusahaan multinasional atau mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Apalagi saat ini menguasai bahasa Inggris adalah suatu keharusan di era globalisasi. Jadi bagi kamu yang memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Inggris, maka niatkan dengan sungguh-sungguh agar lebih cepat menguasai.

Tips Menerapkan Belajar Bahasa Inggris Dalam Kehidupan Sehari Hari

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan pembelajaran bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Mungkin saat ini kamu merasa belum terbiasa dan kesulitan untuk menggunakan bahasa Inggris. Tapi berikut ini tips yang bisa kamu coba.

Bulatkan niat untuk belajar bahasa Inggris

Langkah pertama kamu harus membulatkan tekad terlebih dahulu untuk belajar berbahasa Inggris. Niat yang kamu miliki akan berhubungan dengan usaha dan konsistensi. Pertama cari terlebih dahulu Apa niat kamu untuk belajar bahasa Inggris.

Ada banyak niat seseorang ketika akan belajar bahasa Inggris. Beberapa di antaranya ingin masuk perguruan tinggi di luar negeri, bekerja di perusahaan internasional, atau untuk menemukan banyak teman dari berbagai negara? Semua harus kamu tentukan sejak awal, ya!

Baca juga : Tiga Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Tentukan target pencapaian dalam bahasa Inggris

Setelah menentukan niat, saatnya untuk menentukan target. Misalnya kamu memiliki target untuk belajar bahasa Inggris dalam waktu 1 tahun dan akan menguasai seluruh elemen grammar, memiliki banyak kosakata, dan bisa berbicara secara baik. Target kamu memang harus terpenuhi dengan baik.

Atur strategi belajar

Atur strategi pembelajaran sesuai dengan kemampuan kamu. Jika belum bisa menguasai grammar dasar sebaiknya pelajari hal tersebut terlebih dahulu. Tidak perlu meloncat ke beberapa bab yang jauh lebih berat, misalnya speaking.

Dengan memperkaya kosakata dan memahami tata bahasa standar akan membantu kamu untuk berlatih speaking jauh lebih mudah. Jadi untuk belajar bahasa Inggris lakukan perlahan-lahan dengan strategi yang tepat. 

Tentukan metode pembelajaran

Kamu bisa menentukan metode pembelajaran bahasa Inggris. Misalnya, akan belajar secara otodidak atau justru bergabung dengan kursus bahasa Inggris di ICAN ENglish. Jauh lebih baik jika kamu bisa menggabungkan kedua cara tersebut, sebab kamu bisa belajar sendiri di rumah atau di kelas dengan bimbingan tutor berpengalaman. Jadi, sembari mengikuti kursus kamu juga terus belajar sendiri agar kemampuan berbahasa Inggris semakin cepat dikuasai.

Terapkan dalam pembelajaran sehari-hari

Jika kamu sudah menentukan berbagai macam cara untuk mulai belajar bahasa Inggris maka selalu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang kamu dapatkan ketika belajar bahasa Inggris cobalah untuk terus mengasah dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Pertanyaan Bahasa Inggris Sehari Hari

Cara Menerapkan Belajar Bahasa Inggris Dalam Kegiatan Sehari-Hari

Untuk menerapkan pembelajaran dalam kegiatan sehari-hari, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa kegiatan dalam dalam aktivitas sehari-hari yang bisa mendukung belajar bahasa Inggris kamu.

  • Karena program radio dan TV tersedia secara online, kamu dapat mengasah keterampilan mendengarkan bahasa Inggris di mana saja. Kamu bisa mendengarkan podcast atau saluran radio yang menggunakan bahasa Inggris. Cara ini bisa jadi hiburan tersendiri sambil mempelajari bahasa Inggris.
  • Setelah mendengarkan lagu atau siaran bahasa Inggris kamu bisa mencoba untuk mencatat berbagai macam kosakata yang ditemukan dalam buku kecil. Buku kecil tersebut bisa kamu bawa ke mana saja dan bisa diterapkan dalam percakapan sehari-hari. 
  • Daripada kamu membaca novel bahasa Indonesia cobalah untuk membaca novel berbahasa Inggris. Jika kamu adalah penggemar nonfiksi, kamu bisa membaca biografi orang terkenal, seperti bintang film atau tokoh olahraga favorit. Salah satu contoh populer adalah biografi Steve Jobs oleh Walter Isaacson, yang berisi kosakata tingkat lanjut dan kutipan lucu dari Jobs sendiri.
  • Jika memiliki kesempatan cobalah untuk berlatih menulis status atau caption menggunakan bahasa Inggris. Dari hal-hal sederhana tersebut kamu akan mengasah kemampuan writing dalam belajar bahasa Inggris sehari-hari.
  • Banyak orang yang tidak berpikir bahwa video game bisa membantu mempelajari bahasa. Padahal, RPGs (role-playing games) dan MMORPGs (massively multiplayer online role-playing games) adalah cara yang bagus untuk melatih membaca, mendengarkan, dan bahkan berbicara bahasa Inggris.

Coba lakukan beberapa hal tersebut dalam kegiatan sehari-hari kamu. Jika dilakukan secara rutin, maka kemampuan berbahasa Inggris akan semakin. Terus asah dan melatih berbagai macam materi dasar berbahasa Inggris agar semakin mahir ya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan