ICAN English

Beranda » Blog » Tips Mencapai Level Bahasa Inggris B1

Tips Mencapai Level Bahasa Inggris B1

Level bahasa Inggris B1 adalah tingkat ketiga dalam CEFR. Dalam percakapan setiap hari, level ini disebut sebagai intermediate. Level bahasa Inggris B1 akan cukup untuk interaksi dengan penutur bahasa Inggris tentang topik yang sudah dikenal.

Di tempat kerja, orang-orang dengan tingkat ini dapat membaca laporan sederhana tentang topik yang sudah dikenal dan menulis email sederhana tentang subjek di bidangnya. Namun, tingkat B1 tidak cukup untuk berfungsi sepenuhnya di tempat kerja dalam bahasa Inggris.

Cara Mencapai Level B1

Sebaiknya atur waktu khusus untuk belajar setiap hari. Tak perlu belajar keras, kamu bisa belajar lewat kegiatan sehari-hari, misalnya mendengarkan music favorit kamu, berkomunikasi bahasa Inggris dengan orang-orang terdekat, atau juga menonton film kesukaan kamu.

Untuk menjadi penutur bahasa Inggris tingkat menengah, tips penting adalah belajar lebih serius dan merencanakan rutinitas belajar dengan komitmen tinggi. Kamu bisa mulai belajar selama 10 menit sehari.

Berbicara dengan penutur asli, seperti tutor bahasa Inggris online dapat membantu kamu menunjukkan kesalahan umum, dan menyusun rencana agar kamu dapat mengatasinya. Untuk meningkatkan kosakata, kamu juga harus mulai menambahkan lebih banyak frasa ke daftar kata milikmu.

Ketika kamu mencapai level ini, kamu harus memiliki kosakata kerja sekitar 2500 kata, dan kamu dapat mengingat sekitar setengahnya dengan kecepatan tertentu.

Pada tingkat kemahiran B1, pelajar bahasa Inggris dapat:

  • Menggambarkan pengalaman dan keinginan.
  • Dengarkan dan pahami acara TV berbahasa Inggris dengan membaca teksnya
  • Ikuti alurnya dalam cerita bahasa Inggris yang cukup sederhana dan pahami apa yang terjadi di berita.
  • Tulis teks sederhana tentang topik yang akrab atau minat pribadi.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu berada pada level B1 dalam bahasa Inggris adalah dengan mengikuti tes standar berkualitas tinggi.

Kemampuan bahasa Inggris tentu perlu ditingkatkan untuk mencapai beberapa tujuan pribadi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. ICAN English menyediakan kursus insentif dengan tutor berpengalaman yang dapat membantu kamu memahami semua materi bahasa Inggris, serta mahir dalam percakapannya.

Level Bahasa Inggris Lengkap

Tiga tingkat pembelajaran bahasa umumnya dianggap sebagai Pemula, Menengah, dan Mahir. Salah satu standar bahasa Inggris yang paling umum digunakan di dunia adalah standar CEFR, yang membagi kecakapan dalam 3 level yang lebih luas (A, B, dan C), dan 6 level yang lebih spesifik (A1, A2, B1, B2, C1, dan C2). Penjelasan dari ketiganya adalah:

  • A1: Kamu dapat menggunakan frasa sederhana untuk kebutuhan dasar, dan dapat melakukan interaksi dasar asalkan orang lain berbicara dengan jelas.
  • A2: Kamu dapat menggunakan bahasa Inggris untuk tugas dan aktivitas sehari-hari. Kamu juga dapat memahami frasa umum yang terkait dengan topik seperti informasi pribadi atau pekerjaan.
  • B1: Kamu dapat melakukan percakapan sederhana tentang topik yang sudah dikenal. Selain itu, kamu juga dapat menjelaskan beberapa pengalaman secara perlahan, dan menghadapi sebagian besar situasi saat bepergian.
  • B2: Kamu dapat berkomunikasi dengan percaya diri tentang banyak topik. Sebagian besar percakapan diadakan di tingkat B2, sehingga kamu dapat berbicara dengan penduduk asli tanpa kesulitan dan spontanitas.
  • C1: Kamu dapat mengekspresikan diri dengan lancar di hampir semua situasi, tanpa perlu mencari ekspresi. Kamu juga dapat melakukan tugas-tugas kompleks dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan pekerjaan dan studi.
  • C2: Kamu memiliki kemampuan untuk membaca, berbicara, dan menulis tentang semua jenis subjek, emosi, atau pendapat bahkan dalam situasi yang lebih kompleks.

Cara termudah untuk menilai tingkat bahasa Inggris adalah dengan mengikuti tes kecakapan bahasa yang mencakup bidang umum dasar seperti membaca, kosa kata, dan tata bahasa. Kamu dapat menemukan tes online gratis, atau yang lebih ekstensif untuk mengetahui tingkatan bahasa Inggris kamu.

Baca Juga:

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL conditional sentence. Penggunaan conditional sentence adalah keinginan atau ketika kamu ingin berandai-andai seakan-akan sesuatu mungkin dapat terjadi. Conditional sentence juga...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara umum, sesuatu yang terjadi secara berulang, atau sebuah fakta umum. Jika kamu ingin fasih berbahasa Inggris sehari-hari, materi simple present tense adalah salah satu hal...

Contoh Paragraf Past Tense

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami kegunaan tenses tersebut. Dalam kalimat past tense, kamu dapat menggunakan kata kerja kedua. Kata kerja ini dikenal dengan sebutan past simple atau verb 2. Penggunaannya...

ivee-januari-2022
Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara...

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film...

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game

Games adalah cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Permainan juga menjadi cara terbaik...