ICAN English

Beranda » Blog » Tips Persiapan IELTS Secara Otodidak

Tips Persiapan IELTS Secara Otodidak

Sebagai salah satu tes bahasa Inggris, melakukan persiapan IELTS secara otodidak dapat kamu lakukan dengan perencanaan yang matang dan terjadwal. IELTS adalah tes bahasa Inggris yang seringkali menjadi syarat agar kamu bisa mengikuti program beasiswa kuliah luar negeri atau syarat ketika ingin bekerja di luar negeri.

Perlu diketahui bahwa IELTS dibagi dalam dua jenis yaitu Academic IELTS dan General Training. Gunakan IELTS Akademik apabila kamu perlu mengurus tes bahasa Inggris ini dengan tujuan kuliah di luar negeri baik untuk program beasiswa maupun non beasiswa. Apabila kamu ingin menggunakan tes bahasa Inggris agar bisa bekerja di luar negeri, maka jenis tes IELTS yang harus kamu ambil adalah General Training.

Cara Belajar Tes IELTS Secara Otodidak

The International English Language Testing System atau IELTS sebagai tes bahasa Inggris melibatkan beberapa kemampuan termasuk menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Agar kamu bisa lebih mudah dalam menghadapi tes tersebut maka ada beberapa cara supaya kamu lebih siap dan memperoleh skor bagus:

1. Beli Buku IELTS

Buku IELTS merupakan buku belajar untuk persiapan tes bahasa Inggris. Kamu bisa beli buku IELTS untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan terkait IELTS secara total. Pada buku tersebut sudah ada berbagai macam soal latihan untuk melatih kemampuan membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara.

2. Baca Petunjuk Secara Seksama

Ketika sedang melakukan tes mendengarkan, maka kamu harus benar-benar fokus supaya bisa menjawab soal yang sebenarnya jawaban tersebut dapat kamu peroleh dari pertanyaan dan tidak lebih dari 2 kata. Sementara untuk tes menulis kamu harus memperhatikan jumlah kata dan apabila tidak memenuhi syarat minimumnya maka nilai akan berkurang.

3. Terus latihan

Pada tes ini kamu harus belajar selama 40 menit untuk melatih kemampuan mendengarkan. Lanjutkan dengan menggunakan sisa waktu 10 menit untuk menyalin jawaban. Cobalah untuk belajar mengatur waktu saat latihan supaya bisa menghadapi tes secara nyata nantinya. Bila kamu mempunyai kesulitan ketika tes membaca maka sebaiknya gunakan waktu lebih agar terus berlatih supaya bisa lancar membaca.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja persiapan IELTS secara otodidak. Perlu diketahui bahwa tes ini merupakan jenis tes comprative sehingga apabila kamu tidak terbiasa mengerjakannya maka kamu tidak akan mampu. Selain secara otodidak, kamu juga bisa mengikuti kursus persiapan IELTS dengan para tutor berpengalaman di ICAN English.

Teknik Menjawab Soal IELTS

Ada beberapa trik maupun teknik yang dapat kamu gunakan dalam menjawab setiap bagian. Pertama untuk bagian listening, kamu bisa mencari jawabannya langsung dari pertanyaan dan fokus terhadap instruksi misalnya “No more than two words” atau jawaban tidak boleh lebih dari 2 kata.

Kamu juga harus fokus pada pertanyaan yang kamu dengar karena biasanya pada audio soal IELTS menggunakan paraphrase.

Pada soal reading, kamu harus rajin latihan membaca supaya tidak kehabisan waktu dengan menggunakan skill scanning ataupun skimming. Tulis jawaban pada kertas jawaban secara langsung karena tidak ada waktu tambahan untuk memindahkan jawaban. Jawab dari soal paling mudah, yaitu pada passage 1 dan 2.

Dalam soal menulis, tingkatkan kemampuan dengan sering menggunakan paraphrase dan hindari menulis kata yang sama. Kamu juga harus tahu tentang struktur kalimat bahasa Inggris yang tidak lepas dari subject dan verb. Dari menggunakan kosakata tidak formal dan hindari menulis peningkatan termasuk doesn’t sehingga sebaiknya menggunakan does not.

Untuk soal berbicara adalah dengan menggunakan pembicaraan santai dan natural, fokus pada grammar. Kamu juga bisa menggunakan idiom maupun kata tidak formal tetapi fokus terhadap pronounciation dan usahakan selalu menjawab secara lengkap.

Baca Juga:

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL conditional sentence. Penggunaan conditional sentence adalah keinginan atau ketika kamu ingin berandai-andai seakan-akan sesuatu mungkin dapat terjadi. Conditional sentence juga...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara umum, sesuatu yang terjadi secara berulang, atau sebuah fakta umum. Jika kamu ingin fasih berbahasa Inggris sehari-hari, materi simple present tense adalah salah satu hal...

Contoh Paragraf Past Tense

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami kegunaan tenses tersebut. Dalam kalimat past tense, kamu dapat menggunakan kata kerja kedua. Kata kerja ini dikenal dengan sebutan past simple atau verb 2. Penggunaannya...

ivee-januari-2022
Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pembahasan Soal TOEFL Conditional Sentence

Ada banyak materi bahasa Inggris yang wajib kamu pelajari, salah satunya adalah soal TOEFL...

Materi Tentang Simple Present Tense

Materi tentang simple present tense berguna untuk membantu kamu berbicara tentang sesuatu secara...

Contoh Paragraf Past Tense

Mempelajari contoh paragraf past tense merupakan salah satu cara efektif supaya kamu bisa memahami...

Lagu Disney Untuk Belajar Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Disney, raksasa pembuat film ini selalu berhasil membuat film...

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Game

Games adalah cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Permainan juga menjadi cara terbaik...