Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
3 tips tinggal di inggris untuk mahasiswa

Tips Tinggal di Inggris untuk Mahasiswa

Beranda / Bacaan Umum / Tips & Trick / Tips Tinggal di Inggris untuk Mahasiswa

Ada ribuan siswa internasional di Inggris. Jumlahnya bahkan terus meningkat setiap tahun. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di Inggris, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar dapat tinggal di Inggris dengan nyaman.

Hal pertama yang perlu kamu tahu, ada sekitar ada sekitar 458.520 mahasiswa internasional yang mengejar gelar mereka di universitas Inggris. Pemerintah Inggris memperkirakan bahwa 276.889 Tier 4, Visa Studi Bersponsor diberikan pada tahun yang berakhir pada September 2019, yang berarti peningkatan 16% dibandingkan tahun sebelumnya.

3 Tips Tinggal di Inggris sebagai Siswa

Sebagai siswa internasional, kamu perlu tahu apa saja tips tinggal di Inggris agar kamu bisa hidup dengan nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk pergi ke negara ini.

1. Gunakan Transportasi Umum

Mayoritas penduduk menggunakan transportasi umum di Inggris. Sebab, transportasi umum dikota ini dianggap aman, efisien, dan komprehensif. Kamu dapat menggunakan berbagai moda transportasi umum seperti sistem kereta api, bus, atau taksi berlisensi.

Di London, salah satu cara paling efisien untuk bepergian adalah melalui stasiun bawah tanah atau di atas tanah. Sistem perkeretaapian di Inggris adalah yang tertua di dunia. Kamu juga dapat menggunakan bus sebagai cara bepergian yang hemat.

2. Pelajari Budaya dan Norma Sosial Inggris

Setiap orang yang memasuki negara baru pada awalnya harus berkenalan dengan budaya dan norma sosial mereka. Di Inggris, beberapa norma yang perlu kamu pahami adalah

  • Ketepatan waktu: Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah bahwa orang Inggris sangat tepat waktu. Terlambat dianggap aneh dan bahkan mungkin dianggap tidak sopan. Penting untuk memberi tahu orang tersebut sebelumnya jika kamu akan terlambat.
  • Perilaku: Orang Inggris sangat menghormati orang yang lebih tua dan orang dengan kebutuhan khusus. Contoh, jika kamu menggunakan transportasi umum, penting untuk memberikan kursi kepada orang yang lebih tua atau orang dengan kebutuhan khusus.
  • Privasi: Orang Inggris dikenal sangat menghargai privasi. Oleh karena itu, hindari pertanyaan yang terlalu pribadi karena akan nampak tidak sopan

3. Miliki Asuransi Kesehatan

Inggris adalah rumah bagi salah satu sistem kesehatan paling populer, yang dikenal sebagai National Health Service (NHS). Pelajar internasional di Inggris harus dilengkapi dengan asuransi kesehatan untuk mendapatkan manfaat dari lembaga perawatan kesehatan di Inggris tanpa harus khawatir tentang biaya medis.

Asuransi kesehatan yang dapat kamu peroleh tergantung pada lamanya program studi. Terutama jika kamu akan berada di Inggris Raya untuk jangka waktu lebih dari 6 bulan, maka kamu akan memenuhi syarat untuk mengakses Layanan Kesehatan Nasional, yang berarti kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan yang sama dengan penduduk Inggris lainnya.

Selain itu, jika program studi kamu kurang dari 6 bulan, maka harus mengambil asuransi kesehatan swasta sebelum meninggalkan negara asal.

Baca Juga: Jurusan Kuliah di Inggris

Perhatikan Akomodasi di Inggris

Selama berada di Inggris, kamu perlu memperhatikan akomodasi yang akan kamu pilih. Kamu bisa menggunakan layanan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant agar kamu bisa mendapatkan akomodasi yang tepat.

Jika kamu berencana untuk menemukan akomodasi sendiri, cukup mulai menjelajah internet, di mana kamu dapat menemukan banyak situs web yang menawarkan perumahan di Inggris.

Selain itu, kamu dapat memeriksa harga sewa dan, setelah itu, membandingkan dan memutuskan tempat mana yang lebih nyaman. Ada juga banyak forum siswa online di mana kamu dapat meminta saran dari orang-orang yang telah mengalami hal yang sama.

Kamu juga harus memeriksa apakah ada asrama yang tersedia. Biasanya, tidak ada cukup tempat untuk setiap mahasiswa di asrama universitas, namun ada juga asrama swasta yang menawarkan harga terjangkau dan kenyamanan yang cukup.

Sebelum menyewa apartemen, penting untuk memprioritaskan asrama, karena lebih murah dan menawarkan kondisi yang sama seperti asrama universitas.

Segera setelah kamu menerima tawaran dari universitas, mulailah mencari akomodasi siswa di Inggris. Jika kamu tidak mengajukan permohonan akomodasi milik universitas, maka mereka akan berasumsi bahwa kamu telah menemukan akomodasi tujuan.

Sebelum mulai mencari tempat tinggal, anggaran adalah salah satu hal pertama yang perlu kamu pikirkan. Berapa banyak yang mampu dibayarkan, atau bersedia kamu bayarkan per bulan untuk sewa? Anggaran akan menjadi faktor penting dalam menentukan jenis akomodasi. Berbagi dengan orang lain biasanya merupakan cara yang paling hemat biaya. Namun, jika kamu mampu membayar lebih dan privasi adalah prioritas utama, apartemen studio mungkin merupakan pilihan terbaik.

Banyak penyedia akomodasi kini menawarkan tur akomodasi virtual, yang dapat membantu kamu mendapatkan gambaran tentang ruangan tersebut, lebih dari sekadar foto. Jika kamu tidak dapat berkunjung secara langsung, dan tersedia tur virtual, pastikan untuk memeriksanya.

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan